
Pelarangan Iklan, Promosi, dan Sponsor (IPS) di PP Turunan
51 Menit
Tandai selesai
Tambah ke Antrean
Bagikan
Download
26 Oktober 2023
Jumlah perokok anak di Indonesia dari tahun ke tahun terus alami kenaikan. Data Kementerian Kesehatan menunjukkan, prevalensi perokok anak mengalami peningkatan tajam dari 7,2% pada tahun 2013 menjadi 9,1% pada tahun 2018. Bahkan usia pertama kali merokok paling banyak adalah usia 15-19 tahun, diikuti dengan mereka yang berusia 10-14 tahun. Ini sedikit banyak merupakan kontribusi gempuran iklan, promosi dan sponsor (IPS) rokok. Aturan soal IPS ini sebenarnya sudah ada di Peraturan Pemerintah (PP) nomor 109 tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan Yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan. Tapi sayangnya ini masih belum bisa menurunkan prevalensi perokok anak. Dan saat ini, proses revisi PP 109 ini sedang berlangsung. Seperti apa updatenya? Lalu bagaimana mendorong aturan yang lebih ketat terkait iklan, promosi, dan sponsor (IPS) ini? Apa tantangannya? Kita akan bahas bersama narasumber: 1. Dr. Jasra Putra, S.Fil.I., M.Pd - Wakil Ketua KPAI 2. Tubagus Haryo Karbiyanto - Pengurus Bidang Hukum Komnas Pengendalian Tembakau *Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke [email protected]

rss
Ruang Publik
191
Subscribers
Subscribe
Komentar
Lihat episode lain