Noice Logo
Masuk

PENANGKAPAN SAIPUL JAMIL

26 Menit

PENANGKAPAN SAIPUL JAMIL

15 Januari 2024

76

“Demi Allah Pak ini bukan Polisi” Semua hal viral yang terjadi di dunia maya akan dibahas di sini dari sudut pandang Pandji Pragiwaksono. Rilis 2 hari sekali. Follow Instagram @siniarhim dan @pandji.pragiwaksono untuk dapetin daily update seputar siniar Hiduplah Indonesia Maya.

Komentar
Lihat Semua (76)








Lihat episode lain
Transkrip
00:00:00 - 00:00:06
Di Siniar Hiduplah Indonesia Maya kali ini kita akan ngomongin dramanya penangkapan Saiful Jamil
00:00:06 - 00:00:11
Gara-garanya kita kaget ngeliat dia ditangkep sama polisi-polisi berpakaian preman
00:00:11 - 00:00:35
Itu letak masalahnya, harusnya polisi berpakaian boyband
00:00:35 - 00:00:38
Kita recap sedikit untuk yang tidak tahu kejadiannya
00:00:38 - 00:00:41
Karena ada aja yang tidak tahu
00:00:41 - 00:00:45
Tiba-tiba internet rame gara-gara ada video viral
00:00:45 - 00:00:49
Terkait penangkapan Saiful Jamil
00:00:49 - 00:00:53
Videonya itu ada dua kayaknya, dua video
00:00:53 - 00:00:57
Tapi yang paling sering viral, yang paling sering bersirkulasi adalah
00:00:57 - 00:01:03
Video di mana ada sebuah mobil di jalur busway ketahan sama bis Tanah Sejakarta
00:01:03 - 00:01:11
Mobil itu dikrumunin sekitar 8-10 orang berpakaian sipil
00:01:11 - 00:01:14
Pake helm, teriak-teriak, ngedor-gedor
00:01:14 - 00:01:21
Dan sampai ke titik di mana ada orang nangis-nangis, jongkok, gak mau disuruh bangun
00:01:21 - 00:01:23
Dan orang tersebut adalah Saiful Jamil
00:01:23 - 00:01:28
Teriak-teriak minta tolong, tolong, nangis-nangis, tolong pak, tolong tentara, tolong
00:01:28 - 00:01:32
Sumpah demi Allah ini bukan polisi, sumpah demi Allah ini bukan polisi
00:01:32 - 00:01:35
Orangnya teriak-teriak, eh yang paling lucu tau gak ada teriak
00:01:35 - 00:01:39
Lu tuh gak ada attitude ya, gak ada attitude, teriak aja
00:01:39 - 00:01:43
Gak ada attitude, eh gak punya attitude ya, buruk attitude nya gitu
00:01:43 - 00:01:46
Kata gue, ini kayak Raksitena Pindo ngomongin attitude-attitude
00:01:46 - 00:01:50
Tapi si Saiful Jamil diteriakin, diomongin yang kasar-kasar
00:01:50 - 00:01:55
Termasuk orang yang nyetir mobil tersebut, yang ketahan sama Tanah Sejakarta
00:01:55 - 00:01:58
Itu juga diteriakin, disuruh keluar, gak mau
00:01:58 - 00:02:04
Mereka dua-duanya tuh gak mau kooperatif sama pria-pria yang berusaha untuk menangkap mereka
00:02:04 - 00:02:08
Baik itu Saiful Jamil yang jongkok dan gak mau disuruh berdiri
00:02:08 - 00:02:11
Maupun yang dibalik setir, yang dibalik setir bahkan
00:02:11 - 00:02:14
Bukan cuman diteriakin dengan kasar, ditonjok mukanya
00:02:14 - 00:02:18
Kalau gue gak salah dua kali, tapi seminimalnya satu kali, getepok gitu
00:02:20 - 00:02:26
Rame dan diisukan, mereka ditangkap karena narkoba
00:02:26 - 00:02:30
Meskipun masih tidak jelas, tapi diisukan ditangkapnya karena narkoba
00:02:32 - 00:02:45
Awalnya, yang rame dibahas adalah cara Saiful Jamil dan belakangan dia adalah asistennya itu Steven
00:02:45 - 00:02:48
Cara mereka ditangkap, tidak manusiawi
00:02:48 - 00:02:53
Bahkan masyarakat udah gak mempertanyakan, sebenernya bener gak sih ini orang narkoba
00:02:53 - 00:02:56
Artis yang ditangkap narkoba itu kayaknya udah biasa gitu ya
00:02:56 - 00:03:01
Yang lebih di depan, lebih jadi pembicaraan itu adalah, emang mesti gitu ya cara nangkapnya
00:03:02 - 00:03:05
Karena Saiful Jamil itu benar-benar kelihatan ketakutan
00:03:05 - 00:03:12
Gua pun merasa, atau menyangka tepatnya, Saiful Jamil beneran make
00:03:12 - 00:03:15
Makanya berusaha untuk kabur, gak mau kooperatif dan segala macam
00:03:16 - 00:03:20
Belakangan, ternyata Saiful Jamilnya negatif
00:03:20 - 00:03:27
Tes urinnya negatif, sampel rambutnya negatif, tidak ada narkoba di dalam tubuhnya
00:03:27 - 00:03:31
Yang ada narkobanya adalah asistennya
00:03:31 - 00:03:38
Ternyata, usut punya usut, asistennya itu TO, target operasi
00:03:38 - 00:03:45
Asistennya baru saja bertransaksi beli narkoba, kemudian dikejar sama kepolisian
00:03:45 - 00:03:52
Ketika mobil yang digunakan sama si TO ini digerebek polisi, di dalamnya ada Saiful Jamil
00:03:52 - 00:03:56
Ternyata TO itu adalah asisten Saiful Jamil
00:04:01 - 00:04:04
Sehingga, sekarang kesimpulan yang kita bisa ambil adalah
00:04:04 - 00:04:09
Saiful Jamil was at the wrong time at the wrong place
00:04:09 - 00:04:12
Was at the wrong place at the wrong time
00:04:12 - 00:04:17
Emang sial aja, kalau kita berhenti disitu doang
00:04:18 - 00:04:21
Karena gue gak mau susun, gue gak mau berpesan keburuk
00:04:21 - 00:04:24
Tapi memang harus gue akuin ada skenario bisa aja sebenarnya
00:04:24 - 00:04:28
Asistennya berniat untuk pake narkobanya bersama dengan Saiful Jamil
00:04:28 - 00:04:30
Tapi Saiful Jamilnya belum sempet pake
00:04:30 - 00:04:36
Peluangnya ada, walaupun menurut gue tidak ada alasan untuk kita meyakini itu
00:04:37 - 00:04:39
Tapi kita juga naif kalau kita bilang peluangnya gak ada
00:04:39 - 00:04:42
Tapi untuk saat ini tidak ada bukti yang menyatakan disitu
00:04:42 - 00:04:44
Jadi kita anggap Saiful Jamil emang tidak pake
00:04:44 - 00:04:48
Dan dalam banyak kesempatan, gue kasih tau dan mungkin juga udah pada tau
00:04:48 - 00:04:54
Dan ini juga dibahas di obrolannya Saiful Jamil dengan Deddy Kobuzier
00:04:54 - 00:04:57
Bahwa ketika sampel urine diambil kan pintunya dibuka
00:04:57 - 00:04:59
Semua orang langsung ngeliat ketika Saiful Jamil pipis
00:04:59 - 00:05:03
Biar gak ada tuker-tukeran sampel urine gitu
00:05:03 - 00:05:14
Nah, intinya pelaku kejahatannya adalah asistennya Saiful Jamilnya tidak bersalah
00:05:15 - 00:05:19
Yang kemudian membawa kita kembali ke pertanyaan awal
00:05:19 - 00:05:22
Kenapa nangkepnya seperti itu?
00:05:23 - 00:05:24
Intinya salah nangkep
00:05:24 - 00:05:30
Dan yang lebih aneh lagi, ternyata diantara orang-orang yang nangkep Saiful Jamil
00:05:30 - 00:05:35
Ada yang bukan polisi, pertanyaannya kalau bukan polisi ngapain dia ada disitu?
00:05:36 - 00:05:37
Bener gak?
00:05:37 - 00:05:38
Gue baca dari kompas.com
00:05:38 - 00:05:44
Kapolres sebut pria berjaket polisi yang ikut nangkep Saiful Jamil bukan anggotanya
00:05:46 - 00:05:48
Oh, ternyata bukan anggota dari...
00:05:50 - 00:05:51
Eh, coba gitu baca ya
00:05:51 - 00:05:54
Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes M. Syahdudi
00:05:54 - 00:05:57
Mengatakan pihaknya bakal menyelidiki orang-orang selain polisi
00:05:57 - 00:06:00
Yang ikut terlibat dalam penangkapan Saiful Jamil di Jalan Dan Mogot
00:06:00 - 00:06:05
Video penangkapan Saiful di dekat jalur busway Transjakarta itu viral di media sosial
00:06:05 - 00:06:08
Banyak warganet yang menyebut penangkapan itu begitu dramatis
00:06:08 - 00:06:12
Ada orang diduga anggota menggunakan jaket bertuliskan polisi
00:06:12 - 00:06:15
Itu ternyata bukan anggota Polsek Tambora
00:06:15 - 00:06:20
Itu kan kami selidiki juga ujarnya saat jumpa pers di MaPolsek Tambora
00:06:20 - 00:06:24
Nah, kalau misalkan dibilang bukan anggota Polsek Tambora berarti masih mungkin polisi
00:06:24 - 00:06:26
Tapi dari Polsek yang berbeda
00:06:26 - 00:06:29
Oleh karena itu, Syahdudi menunjukkan ProPAM
00:06:29 - 00:06:33
Untuk menyelidiki dugaan adanya orang lain yang ikut dalam penangkapan itu
00:06:33 - 00:06:36
Makanya kami menurunkan ProPAM, profesi dan pengamanan
00:06:36 - 00:06:40
Untuk melanjutkan pemeriksaan dan pendalaman terkait peristiwa tersebut ujarnya
00:06:40 - 00:06:42
Terkait simpang siur yang menyebut adanya surat tembakan
00:06:42 - 00:06:45
Syahdudi menegaskan bahwa hal tersebut tidak benar
00:06:45 - 00:06:47
Tidak ada letupan tembakan tegasnya
00:06:47 - 00:06:50
Berkait banyak kekabar simpang siur karena video tersebut
00:06:50 - 00:06:53
Syahdudi memastikan bahwa pihaknya melakukan penangkapan yang sesuai dengan aturan
00:06:53 - 00:06:57
Masa sesuai dengan aturan?
00:06:57 - 00:06:59
Kami sudah melihat tayangan video yang mengetuk kaca
00:06:59 - 00:07:02
Yang memukul tersangka es dan yang memaki-emaki dengan bahasa kasar
00:07:02 - 00:07:04
Setelah kami kerosek bukan anggota kami
00:07:04 - 00:07:06
Ya gitu alasannya
00:07:06 - 00:07:08
Masa gitu?
00:07:08 - 00:07:10
Giliran yang melakukan kesalahan
00:07:10 - 00:07:13
Tidak dianggap anggota kepolisian
00:07:13 - 00:07:17
Sehingga secara umum sisanya benar dan sisanya sesuai dengan aturan
00:07:17 - 00:07:18
Gak gitu juga ya
00:07:18 - 00:07:21
Sebelumnya Syahdudi menunturkan pihaknya mengejar mobil saipul
00:07:21 - 00:07:23
Dari wilayah Kedaung, Kaliangke
00:07:23 - 00:07:25
Penangkapan itu akhirnya berhenti
00:07:25 - 00:07:27
Saat mobil saipul berada di tempat kejadian
00:07:27 - 00:07:29
Perkara TKP, tempatnya di Jalan Dan Mogo, Jakarta Barat
00:07:29 - 00:07:31
Ketika petugas datang mengejar
00:07:31 - 00:07:34
Mengenakan pakaian sipil dan menjelaskan bahwa kami polisi
00:07:34 - 00:07:36
SJ panik dan tidak mempercayainya
00:07:36 - 00:07:37
Tuturnya
00:07:37 - 00:07:41
Dalam pengejaran tersebut, polisi menargetkan asisten saipul, Steven
00:07:41 - 00:07:44
Yang pada saat kejadian itu baru selesai transaksi narkoba jenis sabu
00:07:44 - 00:07:46
Dengan tersangka R
00:07:46 - 00:07:48
Sementara itu kapal sektambora kompol Doni Harfidah
00:07:48 - 00:07:51
Telah menyampaikan berdasarkan hasil tes URIN
00:07:51 - 00:07:53
Saipul Jamil dinyatakan negatif narkoba
00:07:53 - 00:07:56
Sudah kami cek URIN, saipul Jamil negatif dan asistennya positif
00:07:56 - 00:07:58
Ujar Doni saat konfirmasi
00:07:58 - 00:08:01
Polisi kini telah menetapkan Steven dan temannya berinisial R
00:08:01 - 00:08:04
Atas kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu
00:08:04 - 00:08:07
Ada pun dalam video yang beredar di media sosial
00:08:07 - 00:08:09
Terlihat saipul Jamil duduk di dekat jalur Transjakarta
00:08:09 - 00:08:11
Di dalam tepatnya
00:08:11 - 00:08:13
Tampak beberapa orang memakai jaket hitam dan helm
00:08:13 - 00:08:15
Memegangi tangannya
00:08:15 - 00:08:18
Tidak melihat dan tidak bangkit dari posisi duduknya
00:08:20 - 00:08:22
Itu beritanya
00:08:22 - 00:08:24
Kejadian sebenarnya kita tidak tahu
00:08:25 - 00:08:29
Cuma yang sangat gue khawatirkan adalah
00:08:29 - 00:08:33
Tidak ada kelanjutan terkait
00:08:35 - 00:08:37
Penegakan hukum kepada polisinya
00:08:39 - 00:08:41
Gue sampai sekarang masih gak ngerti
00:08:41 - 00:08:43
Kalau misalnya mereka punya bukti
00:08:43 - 00:08:46
Kenapa nangkepnya harus polisi tidak berpakaian polisi
00:08:48 - 00:08:50
Tadi kan sebutnya berpakaian sipil
00:08:50 - 00:08:51
Biasanya tahu gak disebut apa?
00:08:51 - 00:08:53
Polisi berpakaian preman
00:08:53 - 00:08:54
Itu aja udah salah
00:08:54 - 00:08:57
Lagian ngapain polisi berpakaian sipil
00:08:57 - 00:08:59
Disebutnya polisi berpakaian preman
00:08:59 - 00:09:00
Kan dulu sebutnya gitu ya
00:09:00 - 00:09:02
Polisi berpakaian preman
00:09:02 - 00:09:05
Sekali-sekali polisi berpakaian wibu gitu bisa gak?
00:09:05 - 00:09:07
Polisi berpakaian wibu
00:09:07 - 00:09:08
Kan enak
00:09:08 - 00:09:09
Orang juga gak takut
00:09:09 - 00:09:14
Saipul Jamil disamperin pria berpakaian wibu gak kabur gue rasa
00:09:14 - 00:09:15
Mungkin happy
00:09:20 - 00:09:24
Atau setidaknya polisi berpakaian rock and roll gitu
00:09:25 - 00:09:26
Iya gak sih?
00:09:26 - 00:09:28
Jadi bajunya polisi berpakaian punk rock gitu
00:09:28 - 00:09:31
Jadi dandanannya kayak Blink-182 gitu
00:09:31 - 00:09:33
Polisi berpakaian boyband
00:09:33 - 00:09:38
Lucu banget ada polisi berpakaian boyband
00:09:41 - 00:09:43
Emang salahnya gitu sih polisi berpakaian preman
00:09:43 - 00:09:44
Gue juga gak ngerti
00:09:44 - 00:09:48
Mungkin pendengar siniar hidup pria Indonesia mainnya ada yang bisa kasih jawabannya
00:09:48 - 00:09:50
Kalau memang mereka punya bukti
00:09:50 - 00:09:52
Kalau memang penangkapannya legit
00:09:52 - 00:09:54
Atau sesuai dengan aturan
00:09:54 - 00:09:58
Lalu kenapa gak pakai seragam aja?
00:09:58 - 00:10:01
Karena kalau gue juga jadi Saipul Jamil
00:10:01 - 00:10:07
Gue juga pikir gue bakal digebukin orang musuh atau apa
00:10:07 - 00:10:10
Kita tau Saipul Jamil yang gak suka juga banyak kan
00:10:10 - 00:10:12
Gue juga jadi Saipul Jamil
00:10:12 - 00:10:14
Kalau disamperin orang, orang yang pengen nangkep gue
00:10:14 - 00:10:16
Ngakunya polisi, gak percaya gue
00:10:16 - 00:10:18
Mana polisinya? Mana surat-suratnya?
00:10:18 - 00:10:20
Kalau di Amerika kan gitu kan
00:10:20 - 00:10:22
Mau ditangkap, I have my rights
00:10:22 - 00:10:23
Lu harus nunjukin dulu
00:10:23 - 00:10:25
Mana surat-suratnya?
00:10:25 - 00:10:28
Lu mau buka bagasi mobil gue aja gak bisa sembarangan
00:10:28 - 00:10:29
Harus ada suratnya
00:10:29 - 00:10:30
Mana suratnya?
00:10:30 - 00:10:33
Karena ketika gue kunci, berarti buat gue itu private
00:10:33 - 00:10:36
Untuk masuk ke ruang private gue, lu butuh surat
00:10:36 - 00:10:39
Nah kalau disini, boro-boro kayak gitu
00:10:39 - 00:10:41
Langsung buka-buka aja
00:10:41 - 00:10:44
Langsung kayak tadi, itu aja sih Saipul Jamil
00:10:44 - 00:10:46
Dikerubungin
00:10:46 - 00:10:48
Kalau kayak gitu dibilang sesuai aturan
00:10:48 - 00:10:50
Suram bener aturan
00:10:50 - 00:10:53
Nah, udah lama nih kita gak ngomongin polisi ya
00:10:53 - 00:10:56
Mari kita, lets bash on the police officers
00:10:56 - 00:10:58
Kenapa tidak?
00:10:58 - 00:11:00
Mari, sekarang kita bertanya aja
00:11:00 - 00:11:02
Dimana letak kebenarannya?
00:11:02 - 00:11:04
Kenapa yang kayak gitu dibenarkan?
00:11:04 - 00:11:06
Berapa banyak diantara semua orang itu
00:11:06 - 00:11:08
Yang adalah bukan polisi
00:11:08 - 00:11:10
Dan apakah sisanya kebenar-benar?
00:11:10 - 00:11:12
Apakah boleh untuk memaki-maki?
00:11:13 - 00:11:15
Emang itu sesuai dengan aturan?
00:11:15 - 00:11:17
Apakah boleh untuk bilang
00:11:17 - 00:11:18
Saipul Jamil gak punya attitude?
00:11:18 - 00:11:20
Emang bener?
00:11:20 - 00:11:21
Mana coba?
00:11:21 - 00:11:22
Mana aturan yang mengatakan demikian?
00:11:22 - 00:11:24
Karena kalau tidak, tangkap aja semuanya
00:11:25 - 00:11:26
Tangkap aja
00:11:26 - 00:11:29
Cuman, sekarang pertanyaannya adalah
00:11:30 - 00:11:33
Emang akan ada tindak lanjut kepada kepolisian?
00:11:33 - 00:11:35
Terhadap orang-orang yang ngelakuin?
00:11:35 - 00:11:36
Ragu gue
00:11:36 - 00:11:38
Kita tungguin aja
00:11:38 - 00:11:39
Iya gak?
00:11:39 - 00:11:42
Kan, wah ini gue serem banget ngomongin polisi udah lama
00:11:42 - 00:11:45
Kita tahu waktu itu kalau misalnya
00:11:47 - 00:11:50
Rakyat sipil atau bahkan artis yang ketangkap karena narkoba
00:11:50 - 00:11:53
Buset deh, dikawalnya kayak teroris
00:11:53 - 00:11:55
Polisi-polisi pada bawa senjata
00:11:55 - 00:11:56
Gue inget bener tuh
00:11:56 - 00:11:59
Kalau lo inget Ardy sama Nia Ramadhani waktu ditangkap
00:11:59 - 00:12:01
Yang awalnya kan pakai senjata
00:12:01 - 00:12:03
Pakai senapan
00:12:03 - 00:12:05
Temen gue tuh
00:12:05 - 00:12:07
Beberapa artis
00:12:07 - 00:12:09
Yang gue sayang banget, yang gue tahu orang baik
00:12:09 - 00:12:11
Ketangkap karena ganja
00:12:11 - 00:12:13
Itu diperlakukannya kayak dia tuh
00:12:14 - 00:12:16
Kayak dia teroris
00:12:16 - 00:12:18
Dipermalukannya
00:12:18 - 00:12:21
Tapi giliran polisi ketangkap karena jualan narkoba
00:12:21 - 00:12:24
Polisi ketangkap karena pakai narkoba
00:12:24 - 00:12:26
Gak ada praskonnya
00:12:26 - 00:12:29
Mana? Kita pernah bahas gak ada
00:12:32 - 00:12:34
Sekarang
00:12:34 - 00:12:36
Kita lihat
00:12:36 - 00:12:38
Mana tindak lanjut dari
00:12:39 - 00:12:41
Polisi-polisi yang
00:12:41 - 00:12:43
Salah nangkep intinya kan
00:12:44 - 00:12:45
Salah nangkep
00:12:45 - 00:12:47
Oke lah, misalkan gue jadi polisi
00:12:47 - 00:12:49
Gue lagi ada Teo nih, Teo nya Steven
00:12:49 - 00:12:51
Gue girebok mobilnya ada Sepul Jamil
00:12:51 - 00:12:52
Gue bisa
00:12:52 - 00:12:54
Ber
00:12:54 - 00:12:56
Mencerigai Sepul Jamil juga pakai
00:12:56 - 00:12:58
Tapi kan gue gak punya bukti
00:12:58 - 00:13:00
Dan Sepul Jamil tidak adalah rencana gue
00:13:00 - 00:13:02
Tidak ada alasan yang membenarkan dia harus
00:13:02 - 00:13:05
Ditangkap kayak gitu, rame-rame diteriakin
00:13:05 - 00:13:07
Makin keras cara nangkepnya
00:13:07 - 00:13:09
Ya makin takut lah orang
00:13:09 - 00:13:11
Gue juga kalo lagi bareng sama orang
00:13:11 - 00:13:13
Tiba-tiba ada 10 orang nangkep gue
00:13:13 - 00:13:15
Ngaku polisi, gue tampol
00:13:15 - 00:13:17
Gak percaya gue itu polisi
00:13:18 - 00:13:20
Lu gak ngasih gue bukti
00:13:20 - 00:13:22
Walaupun respon gue kemungkinan besar
00:13:22 - 00:13:24
Gak seperti Sepul Jamil, tapi tetep aja
00:13:24 - 00:13:26
Sentimennya sama
00:13:26 - 00:13:28
Gue dan Sepul Jamil sama-sama gak percaya
00:13:28 - 00:13:30
Gue dan Sepul Jamil sama-sama takut ini
00:13:30 - 00:13:32
Musuh atau orang jahat
00:13:32 - 00:13:34
Kayak ya yang sebelah gue banyak
00:13:34 - 00:13:36
Kalo misalnya gue lagi jalan tiba-tiba digirebok sama 10 orang
00:13:36 - 00:13:38
Ngakunya polisi tapi gue mau ditangkap, gue mau cerika
00:13:38 - 00:13:40
Ah ini kayaknya pecinta kucing nih kayaknya nih
00:13:40 - 00:13:42
Masih dendam sama gue nih kayaknya nih
00:13:42 - 00:13:44
Atau pejuang work-life balance nih kayaknya nih
00:13:44 - 00:13:46
Masih kesel nih sama gue gara-gara work-life trampolin
00:13:46 - 00:13:48
Kan gue bisa aja berkesimpulan ke arah situ
00:13:48 - 00:13:50
Orang gue makin narkoba aja kagak
00:13:50 - 00:13:52
Mana mungkin gue kepikiran yang
00:13:52 - 00:13:54
Yang ngegrebok gue ini adalah
00:13:54 - 00:13:56
Polisi karena gue melanggar hukum
00:13:56 - 00:13:58
Justru karena gue tau gue gak ngelanggar hukum
00:13:58 - 00:14:00
Ketika ada 10 orang ngegrebok kayak gitu penjahat semua
00:14:00 - 00:14:02
Di benak gue, iya dong
00:14:02 - 00:14:04
Apalagi
00:14:04 - 00:14:06
Salah nangkep itu kerap
00:14:06 - 00:14:08
Terjadi di
00:14:08 - 00:14:10
Kepolisian
00:14:10 - 00:14:12
Salah nangkep
00:14:12 - 00:14:14
Sering
00:14:14 - 00:14:16
Salah satunya yang gue pernah
00:14:16 - 00:14:18
Cerita gak perlu bercerita kepanjangan
00:14:18 - 00:14:20
Tapi gue cerita lagi aja karena gue tau
00:14:20 - 00:14:22
Tidak semua orang pendengar Sinarid Indonesia Maya
00:14:22 - 00:14:24
Mendengar semua episode
00:14:24 - 00:14:26
Gue punya temen namanya Richard Insane
00:14:26 - 00:14:28
Latunusa
00:14:28 - 00:14:30
Dia adalah legenda streetball Indonesia
00:14:30 - 00:14:32
Pada hari
00:14:32 - 00:14:34
Dia berulang tahun
00:14:34 - 00:14:36
Dia jadi korban
00:14:36 - 00:14:38
Salah tangkap polisi
00:14:38 - 00:14:40
Dia lagi ini jaman Facebook
00:14:40 - 00:14:42
Dia mau nyamperin cewek dia turun di Tanah Abang
00:14:42 - 00:14:44
Baru turun dari Metro Mini
00:14:44 - 00:14:46
Tiba-tiba ada orang
00:14:46 - 00:14:48
Lagi-lagi berpakaian preman
00:14:50 - 00:14:52
Gue masih lucu
00:14:52 - 00:14:54
Sama istilah
00:14:54 - 00:14:56
Polisi berpakaian preman
00:14:56 - 00:14:58
Kenapa gak polisi berpakaian
00:14:58 - 00:15:00
Teletubbies
00:15:00 - 00:15:02
Lebih enak
00:15:02 - 00:15:04
Maksud gue sama-sama bukan seragam polisi
00:15:04 - 00:15:06
Lucu kalo misalnya
00:15:10 - 00:15:12
Polisi berpakaian
00:15:12 - 00:15:14
Dokter
00:15:14 - 00:15:16
Saya polisi, kok polisi kayak gitu
00:15:16 - 00:15:18
Saya polisi berpakaian dokter
00:15:18 - 00:15:20
Anyway
00:15:20 - 00:15:22
Si Insane tiba-tiba ditangkap sama orang
00:15:22 - 00:15:24
Tidak berseragam polisi, ikut saya
00:15:24 - 00:15:26
Gak mau dia narik lagi
00:15:26 - 00:15:28
Ya apaan nih dipikir mau dipalak sama Insane
00:15:28 - 00:15:30
Tiba-tiba ada orang lain
00:15:32 - 00:15:34
Mencengkram dia
00:15:34 - 00:15:36
Di kepala Insane ada dua orang
00:15:36 - 00:15:38
Gak pake seragam polisi, gak memperkenalkan
00:15:38 - 00:15:40
Diri sebagai polisi
00:15:40 - 00:15:42
Ini mau malak
00:15:42 - 00:15:44
Kawan gue yang bernama Insane
00:15:44 - 00:15:46
Ambon streetball
00:15:46 - 00:15:48
Ditampol, ketepok
00:15:48 - 00:15:50
Orangnya, karena dia pikir mau dipalak
00:15:52 - 00:15:54
Cowok juga kalo dikuburitin kayak gitu
00:15:54 - 00:15:56
Kita berantem lah
00:15:56 - 00:15:58
Insane nonjok
00:15:58 - 00:16:00
Dateng lagi polisi, dia ditangkap segala macem
00:16:00 - 00:16:02
Mau dipaksa masuk mobil, kakinya nahan
00:16:02 - 00:16:04
Kakinya nahan
00:16:04 - 00:16:06
Jadi dia mau dimasukin ke pintu mobil
00:16:06 - 00:16:08
Kaki kanannya tuh
00:16:08 - 00:16:10
Nahan dengan
00:16:10 - 00:16:12
Menginjak badan mobil, kakinya nahan
00:16:12 - 00:16:14
Tiba-tiba kakinya
00:16:14 - 00:16:16
Ditodong pake pistol, ditempel
00:16:16 - 00:16:18
Pistolnya ditempel ke kakinya dia
00:16:18 - 00:16:20
Kata Insane, dan ini lucu banget
00:16:20 - 00:16:22
Kalo gue kena tembak, gak bisa streetball lagi
00:16:22 - 00:16:24
Benaknya masih streetball
00:16:24 - 00:16:26
Ada dia
00:16:26 - 00:16:28
Tadinya mau keluar dari pintu sebelah sana
00:16:28 - 00:16:30
Jadi dia bilang, ah gue masuk terus keluar dari sebelah sana
00:16:30 - 00:16:32
Tapi pas dia masuk, ternyata gak ada pegangan pintu
00:16:32 - 00:16:34
Untuk keluar
00:16:34 - 00:16:36
Ditangkap lah dia
00:16:36 - 00:16:38
Ditangkap, dituduh dia
00:16:38 - 00:16:40
Jual narkoba
00:16:40 - 00:16:42
Sampai ke kantor polisi, dipukul
00:16:42 - 00:16:44
Berbuk-berbuk apa nih, dipukul-dipukul gitu
00:16:44 - 00:16:46
Terus
00:16:50 - 00:16:52
Setelah dia
00:16:54 - 00:16:56
Istilahnya
00:16:56 - 00:16:58
Menunggu beberapa lama
00:16:58 - 00:17:00
Akhirnya
00:17:00 - 00:17:02
Ketahuan
00:17:02 - 00:17:04
Bahwa polisi itu salah nangkep
00:17:04 - 00:17:06
Ternyata tuh
00:17:06 - 00:17:08
Jadi dia nunggu lama banget
00:17:08 - 00:17:10
Kalo dia bilang, kok gue gak diapapain
00:17:10 - 00:17:12
Kok gak ada proses
00:17:12 - 00:17:14
Si Insane bilang, kayaknya salah tangkep
00:17:14 - 00:17:16
Nih kata si Insane, dan bener
00:17:16 - 00:17:18
Akhirnya dia dipanggil tuh, dia dipanggil
00:17:18 - 00:17:20
Disuruh duduk di sebuah ruangan
00:17:20 - 00:17:22
Sama ada polisi
00:17:22 - 00:17:24
Terus Insane udah curiga
00:17:24 - 00:17:26
Dia bilang, gue curiga tuh
00:17:26 - 00:17:28
Mereka salah nangkep, karena waktu
00:17:28 - 00:17:30
Gue duduk, tiba-tiba Nji
00:17:30 - 00:17:32
Baik banget, siapa nama kamu?
00:17:32 - 00:17:34
Richard ya?
00:17:34 - 00:17:36
Udah makan belum? Mau padang?
00:17:36 - 00:17:38
Kata Insane, wah salah nangkep nih
00:17:38 - 00:17:40
Padang mau? Padang?
00:17:40 - 00:17:42
Padang mau, apa?
00:17:42 - 00:17:44
Mau rendang? Mau ayam?
00:17:44 - 00:17:46
Dua-duanya apa? Rendang juga? Ayam juga?
00:17:46 - 00:17:48
Jus? Jus? Mau apa? Jus sedikit?
00:17:48 - 00:17:50
Kata Insane, loh kenapa jadi baik banget nih polisinya
00:17:50 - 00:17:52
Gak lama kemudian
00:17:52 - 00:17:54
Makanan dateng
00:17:54 - 00:17:56
Insane makan, ada polisi lain dateng
00:17:56 - 00:17:58
Dan polisinya bilang, oh kalimat pertama
00:17:58 - 00:18:00
Polisinya gini
00:18:00 - 00:18:02
Ditepak punggungnya Insane
00:18:02 - 00:18:04
Kamu ngapain
00:18:04 - 00:18:06
Sih di tanah abang
00:18:06 - 00:18:08
Terjata singkat cerita
00:18:08 - 00:18:10
Itu polisi
00:18:10 - 00:18:12
Dapet informasi bahwa ada
00:18:12 - 00:18:14
Bandar narkoba di titik tempat
00:18:14 - 00:18:16
Insane turun dari Metro Mini
00:18:16 - 00:18:18
Ditanya sama Insane, kan dia bingung kan
00:18:18 - 00:18:20
Kenapa bisa salah nangkep, ditanya sama Insane
00:18:20 - 00:18:22
Memang ciri-cirinya apa pak?
00:18:22 - 00:18:24
Target operasi bapak
00:18:24 - 00:18:26
Terus polisinya bilang
00:18:26 - 00:18:28
Ciri-cirinya pake baju kotak-kotak
00:18:28 - 00:18:30
Celinggak kecelinggung
00:18:32 - 00:18:34
Lucu banget
00:18:34 - 00:18:36
Kriteriannya, kata dia
00:18:36 - 00:18:38
Lah, gue kan celinggak kecelinggung karena gue baru
00:18:38 - 00:18:40
Turun Metro Mini ya
00:18:40 - 00:18:42
Dan kebetulan aja gue pake baju kotak-kotak
00:18:42 - 00:18:44
Akhirnya Insane di
00:18:44 - 00:18:46
Kasih duit
00:18:46 - 00:18:48
Kasih amplop, tolong jangan
00:18:48 - 00:18:50
Cerita siapa-siapa ya, kata si Insane
00:18:50 - 00:18:52
Sama Insane diambil amplopnya
00:18:52 - 00:18:54
Dan dia tetep cerita sama semua orang
00:18:54 - 00:18:56
Termasuk gue, kalo lu mau
00:18:56 - 00:18:58
Nonton lengkapnya, videonya ada
00:18:58 - 00:19:00
Di Youtube gue, gue lupa judulnya apa
00:19:00 - 00:19:02
Tapi pokoknya lu cari aja
00:19:02 - 00:19:04
Di Youtube gue, Richard Insane
00:19:04 - 00:19:06
N-S-A-N-E
00:19:06 - 00:19:08
N-S-A-N-E
00:19:08 - 00:19:10
Disitu dia cerita lebih panjang dan ceritanya lucu banget
00:19:10 - 00:19:12
Jadi
00:19:12 - 00:19:14
Yang gue mau sampaikan adalah
00:19:14 - 00:19:16
Kita sekarang tidak merasa aneh
00:19:16 - 00:19:18
Saipul Jamil ditangkep kayak begitu
00:19:18 - 00:19:20
Karena memang polisi itu
00:19:20 - 00:19:22
Emang biasa salah tangkep
00:19:22 - 00:19:24
Emang biasa tuh main
00:19:24 - 00:19:26
Dan
00:19:26 - 00:19:28
Gagabah atau apa gue juga gak ngerti
00:19:28 - 00:19:30
Tapi itu biasa
00:19:30 - 00:19:32
Dan
00:19:32 - 00:19:34
Inilah yang
00:19:34 - 00:19:36
Ini gue sekarang mau agak
00:19:36 - 00:19:38
Agak sedikit keluar topik
00:19:38 - 00:19:40
Dan inilah kenapa
00:19:42 - 00:19:44
Sebenernya siapapun ya
00:19:44 - 00:19:46
Tapi dalam hal ini
00:19:48 - 00:19:50
Entertainer
00:19:50 - 00:19:52
Harus
00:19:52 - 00:19:54
Hati-hati
00:19:54 - 00:19:56
Ketika ada orang baru masuk ke circle nya dia
00:19:58 - 00:20:00
Gue tau persis ada
00:20:00 - 00:20:02
Seseorang yang sangat terkenal
00:20:02 - 00:20:04
Dia adalah content creator
00:20:04 - 00:20:06
Yang sangat terkenal
00:20:06 - 00:20:08
Orang terdekatnya pake narkoba
00:20:10 - 00:20:12
Dan orang terdekatnya ini
00:20:12 - 00:20:14
Ketangkep polisi
00:20:14 - 00:20:16
Untungnya ketika orang terdekatnya
00:20:16 - 00:20:18
Si content creator ketangkep polisi
00:20:18 - 00:20:20
Tidak sedang bersama
00:20:20 - 00:20:22
Si content creator
00:20:22 - 00:20:24
Dipecat gitu
00:20:24 - 00:20:26
Gue juga pernah ngalamin hal yang sama
00:20:26 - 00:20:28
Gue punya karyawan
00:20:28 - 00:20:30
Yang ketangkep karena
00:20:30 - 00:20:32
Pake narkoba
00:20:32 - 00:20:34
Gue harus cut off dia
00:20:34 - 00:20:36
Karena
00:20:38 - 00:20:40
Gue cerita aja deh
00:20:40 - 00:20:42
Gue pernah cerita kok dan sekali lagi gue akan ceritakan
00:20:42 - 00:20:44
Ulang ini karena gue tau gak semua orang
00:20:44 - 00:20:46
Dengar ceritanya
00:20:46 - 00:20:48
Tapi dengan detik ini curiga tuh
00:20:48 - 00:20:50
Gue pernah ditempelin sama polisi
00:20:50 - 00:20:52
Polisi undercover
00:20:52 - 00:20:54
Gue masih nyimpen fotonya sampe sekarang
00:20:54 - 00:20:56
Karena orang ini
00:20:56 - 00:20:58
Jadi waktu itu gue lagi nyari manager
00:20:58 - 00:21:00
Datenglah orang ini
00:21:00 - 00:21:02
Orang ini tingginya segue
00:21:02 - 00:21:04
Badannya lebih tegap
00:21:04 - 00:21:06
Kayak oki rengga, palanya botak
00:21:06 - 00:21:08
Asli gue aja mikirnya
00:21:08 - 00:21:10
Becandaan internal kami aja adalah kayak polisi ya dia
00:21:10 - 00:21:12
Belakangan ternyata
00:21:12 - 00:21:14
Di curiga emang polisi beneran
00:21:14 - 00:21:16
Dia
00:21:16 - 00:21:18
Mencoba untuk masuk ke circle gue
00:21:18 - 00:21:20
Karena gue sering ngomongin ganja
00:21:20 - 00:21:22
Polisi pikir
00:21:22 - 00:21:24
Gue pake ganja
00:21:24 - 00:21:26
Gue sih engga
00:21:26 - 00:21:28
Orang-orang lain sih yang terdekat sama gue sih
00:21:28 - 00:21:30
Make
00:21:32 - 00:21:34
Orang-orang yang saya sayang
00:21:34 - 00:21:36
Dan saya kasihi bisa saja
00:21:36 - 00:21:38
Make
00:21:38 - 00:21:40
Wow
00:21:40 - 00:21:42
Tapi saya tidak
00:21:42 - 00:21:44
Nggak suka ngisep apapun
00:21:44 - 00:21:46
Eh kurang tepat
00:21:50 - 00:21:52
Kurang tepat kalau saya dibilang nggak suka ngisep apapun
00:21:58 - 00:22:00
Gue nggak suka ngisep asap
00:22:02 - 00:22:04
Gue nggak suka ngisep rokok
00:22:04 - 00:22:06
Nggak suka ngisep vape, nggak suka ngisep
00:22:06 - 00:22:08
Shisha
00:22:08 - 00:22:10
Tsk
00:22:10 - 00:22:12
Makanya gue nggak nyimeng
00:22:12 - 00:22:14
Gue tuh nggak nyimeng
00:22:14 - 00:22:16
Dan gue nggak, Im not stupid
00:22:16 - 00:22:18
I dont
00:22:18 - 00:22:20
Smoke weed even
00:22:20 - 00:22:22
If I want to di Indonesia
00:22:22 - 00:22:24
Enggalah, luar negeri
00:22:24 - 00:22:26
Belanda kayaknya
00:22:26 - 00:22:28
Di Jerman gitu
00:22:28 - 00:22:30
Di Jerman malah ekstrim banget, gue inget banget
00:22:30 - 00:22:32
Ini side note ya, gue inget banget
00:22:32 - 00:22:34
Gue waktu itu pernah tour
00:22:34 - 00:22:36
Waktu itu jurubicara tour gue ke
00:22:36 - 00:22:38
Hanover, Leipzig
00:22:38 - 00:22:40
Frankfurt
00:22:40 - 00:22:42
Berlin, Mu00fcnchen
00:22:42 - 00:22:44
Di Leipzig
00:22:44 - 00:22:46
Panggungnya di kampus, pas masuk
00:22:46 - 00:22:48
Di depan jalan tuh ada mahasiswa lagi pada ngerokok
00:22:48 - 00:22:50
Gue pikir ngerokok biasa, pada nyimeng semuanya
00:22:52 - 00:22:54
Pantesan di dalam gue stand up-nya pada pecah
00:22:54 - 00:22:56
Bahagia pecah, gue pecah
00:22:56 - 00:22:58
Orang giting semua, pulang-pulang dari situ
00:22:58 - 00:23:00
Dikasih kantong, isi ganja
00:23:00 - 00:23:02
Banyak banget
00:23:02 - 00:23:04
Akhirnya itu jadi ganja
00:23:04 - 00:23:06
Yang dihabiskan selama trip, oleh temen-temen ya
00:23:06 - 00:23:08
Tidak oleh saya
00:23:08 - 00:23:10
Abis itu kami ke Frankfurt
00:23:10 - 00:23:12
I love Frankfurt
00:23:12 - 00:23:14
I love that city
00:23:14 - 00:23:16
Nice people, nice city
00:23:16 - 00:23:18
Interesting
00:23:18 - 00:23:20
I still think Frankfurt is kinda like Chicago
00:23:20 - 00:23:22
In a way
00:23:22 - 00:23:24
Kayak kota
00:23:24 - 00:23:26
Kayak kota perbankan gak sih?
00:23:26 - 00:23:28
Gue jadi geser, mari kita kembali ke
00:23:28 - 00:23:30
Pembicaraan, intinya
00:23:30 - 00:23:32
Gue
00:23:32 - 00:23:34
Tau tuh rasanya
00:23:34 - 00:23:36
Kayak Saiful Jamil
00:23:36 - 00:23:38
Ada orang terdekatnya yang ternyata pake narkoba
00:23:38 - 00:23:40
Dan
00:23:40 - 00:23:42
Karena gue gak mau ngalemin apa yang Saiful Jamil
00:23:42 - 00:23:44
Alamin, gue gak bisa tuh
00:23:44 - 00:23:46
Punya orang terdekat yang
00:23:46 - 00:23:48
Kayak gitu-gitu, kalo lu mau mabok
00:23:48 - 00:23:50
Gue bahkan ya
00:23:50 - 00:23:52
Nih terdengar, moga-moga gak ada intel yang memperhatikan
00:23:52 - 00:23:54
Buat gue, kalo ada orang-orang sekitar gue
00:23:54 - 00:23:56
Yang pake ganja, gue masih
00:23:56 - 00:23:58
Walaupun gue sebenernya gak menyarankan ya, karena lu pasti
00:23:58 - 00:24:00
Ditangkep, dan ntar jadinya ribet
00:24:00 - 00:24:02
Tapi gue, kalo ganja gue masih bela
00:24:02 - 00:24:04
Sabu yang susah, sabu, putau
00:24:04 - 00:24:06
Nah itu susah banget
00:24:06 - 00:24:08
Di belanya, sabu terutama
00:24:08 - 00:24:10
Gue agak, gimana caranya ngebelainya
00:24:10 - 00:24:12
Kalo ganja kan, saya bela kan, saya kan tim
00:24:12 - 00:24:14
Legalisasi ganja
00:24:14 - 00:24:16
Nah makanya gue ngerti tuh, Saiful Jamil
00:24:16 - 00:24:18
Soalnya ada pernyataan, dia tuh kaget asistennya tuh
00:24:18 - 00:24:20
Pake
00:24:20 - 00:24:22
Ya
00:24:22 - 00:24:24
Gue
00:24:24 - 00:24:26
Gue berbagi keresahan itu
00:24:26 - 00:24:28
Karena
00:24:28 - 00:24:30
Gue ngelamin orang yang kerja sama gue
00:24:30 - 00:24:32
Akhirnya ditangkep polisi, untung guenya gak kebawa-bawa
00:24:32 - 00:24:34
Guenya hampir kebawa-bawa, untung gue emang gak pake
00:24:34 - 00:24:36
Sehingga si polisi
00:24:36 - 00:24:38
Nyamar itu gak
00:24:38 - 00:24:40
Ngegulum gue
00:24:40 - 00:24:42
Temen gue si content creator yang semua orang
00:24:42 - 00:24:44
Pasti kenal, lu juga pasti kenal
00:24:44 - 00:24:46
Orang terdekatnya ketangkep juga karena narkoba
00:24:46 - 00:24:48
Gitu
00:24:48 - 00:24:50
Intinya
00:24:50 - 00:24:52
Buat gue, polisi
00:24:52 - 00:24:54
Berhentilah menangkep dengan
00:24:54 - 00:24:56
Pakaian preman, berhenti
00:24:56 - 00:24:58
Polisi berpakaian preman berhenti
00:24:58 - 00:25:00
Ganti dengan polisi berpakaian wibu
00:25:00 - 00:25:02
Gak nakutin
00:25:02 - 00:25:04
Malah kocak polisi berpakaian wibu
00:25:04 - 00:25:06
Dan kalo bisa, kalo emang lu yakin dengan apa yang lu lakukan
00:25:06 - 00:25:08
Dan yang lu lakukan lejit, yaudah
00:25:08 - 00:25:10
Berpakaian sipil aja
00:25:10 - 00:25:12
Kecuali ada alasan-alasan lain ya, which I dont know what
00:25:12 - 00:25:14
Kalo dibantuin di kolom komentar kalo ada yang ngerti
00:25:14 - 00:25:16
Tapi ya
00:25:16 - 00:25:18
Yuk kita tuntut pertanggung jawaban polisi
00:25:18 - 00:25:20
Mana tuh, jangan cuman
00:25:20 - 00:25:22
Lu, oh ya minta maaf ya Saiful Jamil
00:25:22 - 00:25:24
Jangan, mana kemarin, kalo cuman satu
00:25:24 - 00:25:26
Yang ternyata bukan anggota lu
00:25:26 - 00:25:28
Anggota mana tuh
00:25:28 - 00:25:30
Kalo bukan ditamburang, anggota posek lain kah?
00:25:30 - 00:25:32
Kalo bukan polisi
00:25:32 - 00:25:34
Yang lainnya gimana kah? Kalo bukan polisi
00:25:34 - 00:25:36
Kenapa dia bisa ikutan tuh salah satunya
00:25:36 - 00:25:38
Kenapa tuh bisa ikutan rompongan
00:25:38 - 00:25:40
Dan yang lainnya kan juga tetep salah, tetep kasal
00:25:40 - 00:25:42
Apa tuh tindak tanduknya, eh tindak lanjutnya
00:25:42 - 00:25:44
Mari kita tunggu
00:25:46 - 00:25:48
Penjelasan dari kepolisian, itu aja dari gue terima kasih banyak
00:25:48 - 00:25:50
Jangan lupa Sepatu Hiduplah Indonesia Maya
00:25:50 - 00:25:52
Edisi 500 atau HIM 500
00:25:52 - 00:25:54
Rilis 15 Januari
00:25:54 - 00:25:56
Hanya 500 pasang, seharga 500 ribu rupiah
00:25:56 - 00:25:58
Diluar pajak
00:25:58 - 00:26:00
Diluar biaya ongkir
00:26:00 - 00:26:02
Diluar biaya aplikasi
00:26:02 - 00:26:04
Bisa lu PO mulai 15 Januari
00:26:04 - 00:26:06
Jam 1 siang
00:26:06 - 00:26:08
Untuk kemudian pengirimannya di sekitar bulan Maret
00:26:08 - 00:26:10
Kalo gue gak salah ya
00:26:10 - 00:26:12
Dan lu bisa belinya di aplikasi tip tip
00:26:12 - 00:26:14
Itu aja dari gue dan kita akan ketemu di episode berikutnya
00:26:14 - 00:26:24
Thank you, bye
Buka semua fitur dengan download aplikasi Noice
Kunjungi App