Noice Logo
Masuk

Penghuni Gaib di Kosan

31 Menit

Penghuni Gaib di Kosan

23 Januari 2024

32

Part 1: Sosok Nenek Posesif Part 2: Dijadikan Kamar Pesugihan Part 3: Kuntilanak Penghuni Kosan

Komentar
Lihat Semua (32)








Lihat episode lain
Transkrip
00:00:00 - 00:00:12
Muih B, gue tuh tiba-tiba kepikiran, rumah kita sendiri yang emang udah kita tempatin lama aja, pasti ada pendungunya, dan kita pasti takut kan?
00:00:12 - 00:00:16
Iya, ada takut-takutnya sih pasti sih.
00:00:16 - 00:00:24
Gue tuh kepikiran karena banyak orang-orang yang tinggal sendiri gitu loh, entah itu di apartemen, asrama, bahkan kosan.
00:00:24 - 00:00:30
Kalau misalnya malam ini kita cerita tentang kejadian di kosan gimana? Lo ada gak Muih B?
00:00:30 - 00:00:34
Gue ada, gue juga dapat lagi cerita dari temen gue.
00:00:34 - 00:00:55
Muih B, waktu jaman kuliah kalian sempat ngekos gak sih?
00:00:55 - 00:00:56
Gue emang ngekos sih.
00:00:56 - 00:00:57
Gue enggak sih.
00:00:57 - 00:01:03
Nah lo nih Muih, lo pernah gak pas di kosan lo itu diikutin sosok secara intens?
00:01:03 - 00:01:10
Gue gak pernah diikutin walaupun kosan gue angker ya, tapi alhamdulillahnya gak pernah sampe kemana-mana gitu loh kejadian horornya.
00:01:10 - 00:01:18
Oh oke oke, nah gue pengen cerita nih Muih tentang salah satu penghuni kosan yang bener-bener diikutin sosok secara intens.
00:01:18 - 00:01:23
Jadi cerita ini tuh dari salah satu anak kuliahan yang rantau, namanya kita sebut aja Abi ya.
00:01:23 - 00:01:29
Dia itu lulusan SMA di Jakarta, cuma kebetulan dapat kuliah di luar kota, dan mengharuskan dia tuh buat ngekos.
00:01:29 - 00:01:30
Di mana nak?
00:01:30 - 00:01:31
Di Jogja Muih.
00:01:31 - 00:01:32
Oke.
00:01:32 - 00:01:39
Abi itu emang dari kecil gak kayak anak-anak kecil pada umumnya gitu, dia bisa ngeliat hal-hal yang gak bisa diliat sama orang normal.
00:01:39 - 00:01:45
Dan karena udah dari kecil, jadi di umur dia yang udah 18 tahun, dia tuh jadi udah terbiasa banget.
00:01:45 - 00:01:55
Sampai-sampai pas dia lagi survei-survei kosan yang ada di dekat kampusnya, dia bener-bener ngajak ngobrol dalam tanda kutip penghuni-penghuni yang ada di sana satu-satu.
00:01:55 - 00:01:56
Oh, seru banget.
00:01:56 - 00:02:04
Ya ibarat tuh jadi kayak seleksi gitu kali ya, dan Abi mutusin untuk tinggal di salah satu kosan yang gak terlalu jauh sama kampusnya.
00:02:04 - 00:02:11
Kenapa si Abi pilih itu juga sebenernya gak ada yang tau, mungkin dari sekian banyak kosan, dia paling nyamannya di situ.
00:02:11 - 00:02:15
Singkat cerita, 6 bulan si Abi tinggal di kosan itu, adem-adem aja nih.
00:02:15 - 00:02:19
Sampai akhirnya pas Abi punya pacar di sana, semuanya tuh jadi berubah banget.
00:02:19 - 00:02:25
Jadi si Abi tuh sering ngendap-ngendap bahwa pacarnya ke kosan, tanpa sepengetahuan penjaga kosannya.
00:02:25 - 00:02:30
Dan dilakuin sama si Abi ini berbulan-bulan tanpa ketahuan sama penjaganya.
00:02:30 - 00:02:37
Sampai akhirnya ada beberapa kejadian yang bikin pacarnya Abi ini tuh udah gak mau lagi main, atau bahkan nginep di kosannya si Abi.
00:02:37 - 00:02:39
Karena kejadian horror?
00:02:39 - 00:02:40
Iya, bener Mwe.
00:02:40 - 00:02:41
Oh.
00:02:41 - 00:02:48
Jadi kejadian pertamanya ini tuh waktu siang-siang, pas pacarnya namanya Andin dateng ke kosannya si Abi.
00:02:48 - 00:02:54
Dia dateng tuh menjelang waktu maghrib lah, jadi dia tuh masuk ke kosannya, terus dia ngendap-ngendap.
00:02:54 - 00:02:57
Nah, si kamarnya Abi ini tuh di lantai dua.
00:02:57 - 00:03:05
Terus pas si Andin lagi naik tangga, dan posisi dia di tengah tangga, Andin tuh ngeliat ada perempuan masuk ke pintu kamarnya Abi.
00:03:05 - 00:03:08
Terus disitu Andin langsung cepet-cepet jalan lah ke arah kamar si Abi.
00:03:08 - 00:03:12
Pas Andin udah sampai depan kamar si Abi, disitu dia deg-degan banget.
00:03:12 - 00:03:16
Karena ya kayak ngeliat Abi dan perempuan lain ada di kamar kosannya kan.
00:03:16 - 00:03:20
Akhirnya dia ngeberaniin diri buat ngebuka pintu kamarnya si Abi nih.
00:03:20 - 00:03:25
Dan pas Andin buka pintu kamarnya Abi, ternyata kosong, gak ada siapa-siapa muih, Bi.
00:03:25 - 00:03:32
Disitu Andin bingung kan, akhirnya dia masuk lah, ngecek ke kamar mandi yang di dalam kamar si Abi, juga gak ada siapa-siapa.
00:03:32 - 00:03:34
Terus akhirnya dia duduk lah di atas tempat tidur si Abi.
00:03:34 - 00:03:42
Dan pas baru aja menelepon Abi, si Abi langsung masuk kamar kosan, dan bilang kalo dia tuh abis dari depan, beli makanan buat mereka berdua.
00:03:42 - 00:03:49
Nah, tapi disitu si Andin tuh gak cerita apa-apa ke Abi, karena Andin ngerasa mungkin dia salah liat aja kali ya, karena kan kamarnya kosong.
00:03:49 - 00:03:55
Terus udah kan tuh, si Andin pulang ke kosannya lah, setelah dia ngobrol-ngobrol sama makan barang sama si Abi.
00:03:55 - 00:04:03
Nah, karena jarak kosannya Andin sama Abi tuh gak terlalu jauh, Andin akhirnya pulang jalan kaki, karena emang udah kebiasa jalan kaki juga disitu.
00:04:03 - 00:04:12
Terus Andin keluar lah dari kosannya Abi, dan sekitar jam 10 malem, Andin jalan, dari ujung jalan tuh kayak ada nene-nene jalan sendirian.
00:04:12 - 00:04:16
Nene-nenenya ini tuh dari jauh keliatan kayak agak bungkuk dan udah lumayan tua.
00:04:16 - 00:04:25
Jalannya pun juga pelan banget, terus sampe akhirnya si Andin udah papasan sama nene ini, si nene ini tuh nyapa Andin dan bilang,
00:04:25 - 00:04:32
Nisindo, terus Andin tuh senyum sambil jalan ke depan gitu, tapi satu badan Andin tuh kerasa kayak merinding banget.
00:04:32 - 00:04:41
Disitu Andin langsung nengok tuh ke belakang, dan pas dia liat ke belakang, ternyata nene-nene yang tadi nyapa Andin tuh udah gak ada, jalanannya kosong.
00:04:41 - 00:04:51
Disitu Andin kaget banget, terus dia langsung lari tuh ke kosannya, pas sampe kamar kosannya, ditutup pintunya, langsung dikunci, terus langsung nelfonin si Abi.
00:04:51 - 00:04:58
Nah untungnya si Abi tuh masih bangun, terus Andin ceritain lah kalo dia tuh ngeliat sosok nene-nene yang ternyata tuh bukan manusia.
00:04:58 - 00:05:04
Disitu Abi nyoba nendangin Andin, dan bilang kalo si nene itu tuh baik, cuma mau kenalan aja sama si Andin.
00:05:04 - 00:05:06
Oh si Abi ini tau?
00:05:06 - 00:05:07
Tau.
00:05:07 - 00:05:08
Oh shit.
00:05:08 - 00:05:16
Nah disitu si Andin juga tau nih, kalo si Abi tuh emang anak indigo dari kecil, dan karena Andin udah tau itu, jadi dia lumayan tenang lah.
00:05:16 - 00:05:21
Dia nutup teleponnya Abi, dia bersih-bersih, dan langsung mau tidur tuh, karena besok ada kelas pagi.
00:05:21 - 00:05:29
Pas Andin baru banget mau tidur, udah matiin lampu dan lain-lain, tiba-tiba si Andin tuh denger ada suara ketokan pintu dari kamar kosannya.
00:05:29 - 00:05:35
Langsung bangun tuh si Andin, pas Andin bukain pintunya, ternyata itu nene-nene yang tadi muhibi.
00:05:35 - 00:05:36
Lah?
00:05:36 - 00:05:38
Yang nyapa si Andin di jalan.
00:05:38 - 00:05:45
Tapi kali ini posisi nene-nene ini tuh nunduk, sama oh iya pakaiannya tuh kayak kebaya jaman dulu gitu.
00:05:45 - 00:05:52
Disitu Andin tuh sambil gemeteran nutup pintu kamar kosannya, dan langsung lah dia masuk ke dalam selimut sambil nelfonin si Abi.
00:05:52 - 00:05:56
Tapi karena itu di jam 12an, Abi udah ga nge-nge-ngetelpon si Andin tuh.
00:05:56 - 00:06:01
Akhirnya Andin maksain untuk tidur di dalam selimut, sampe akhirnya dia tuh ketiduran.
00:06:01 - 00:06:08
Terus pas Andin lagi tidur muhibi, dia tuh mimpi kayak lagi dielus-elus kepalanya sama nene tadi.
00:06:08 - 00:06:15
Sampe dia tuh kebangun, dan pas dia kebangun, bener aja kepalanya si Andin tuh lagi dielus-elus sama nene itu.
00:06:15 - 00:06:17
Wah anjir, berarti dielus beneran itu?
00:06:17 - 00:06:18
Dielus beneran muhi.
00:06:18 - 00:06:19
Anjing.
00:06:19 - 00:06:22
Terus karena Andin takut banget, akhirnya dia meremin aja tuh.
00:06:22 - 00:06:27
Dia meremin, dia pura-pura tidur, tapi lama-lama elusan tangannya yang awalnya pake jari,
00:06:27 - 00:06:32
lama-lama tuh kerasa kayak pake kuku yang panjang banget, sampe kepala yang dia tuh sakit.
00:06:32 - 00:06:34
Tapi ditahan tuh sama si Andin.
00:06:34 - 00:06:40
Ditahan-ditahan, lama-lama tuh kayak ada air yang jatuh ke jidatnya dia.
00:06:40 - 00:06:43
Airnya tuh kayak kental dan agak bau gitu.
00:06:43 - 00:06:46
Nah karena dia udah ga tahan banget, akhirnya dia bangun lah.
00:06:46 - 00:06:48
Tapi bangunnya tuh yang langsung berdiri gitu loh.
00:06:48 - 00:06:54
Dan dalam kegelapan, si Andin nih ngeliat nene itu tuh duduk di atas kasurnya si Andin,
00:06:54 - 00:06:57
dia mulutnya kebuka, dan air liurnya tuh netes-netes gitu.
00:06:57 - 00:06:59
Wah gila, serem banget.
00:06:59 - 00:07:04
Andin langsung keluar dari kamar kosannya dia, dia lari, terus duduk di ruang tamu kosannya.
00:07:04 - 00:07:09
Terus diem-diem saking takutnya, si Andin jalan lah ke kosannya si Abi.
00:07:09 - 00:07:13
Dia sambil lari-lari, terus dia ngendep-ngendep nih kayak biasa masuk ke kosannya si Abi.
00:07:13 - 00:07:15
Dan langsung masuk ke kamarnya si Abi.
00:07:15 - 00:07:19
Nah untung banget di momen itu si Abi tuh lagi ga ngunci pintu kamarnya.
00:07:19 - 00:07:24
Akhirnya Andin langsung tiduran di sebelah Abi, terus Abi tuh kayak kebangun gitu tapi tidur lagi.
00:07:24 - 00:07:27
Jadi si Abi nih sadar lah ada si Andin di sebelahnya.
00:07:27 - 00:07:32
Andin langsung meluk Abi dari belakang, dan langsung berusaha buat tidur lah.
00:07:32 - 00:07:36
Nah si Andin tuh akhirnya bisa tidur sekitar jam 3 pagi.
00:07:36 - 00:07:43
Dan pas dia udah setengah tidur, Andin tuh ngedenger ada suara air yang jatuh ke lantai dari dalam kamar mandinya si Abi.
00:07:43 - 00:07:46
Kayak suara orang mandi pake gayung gitu loh.
00:07:46 - 00:07:51
Nah ngedenger itu si Andin tuh kebangun, dan dengan sadar dia jalan lah ke arah kamar mandinya si Abi.
00:07:51 - 00:07:53
Tapi si Abi ini ga kebangun?
00:07:53 - 00:07:55
Ga kebangun sama sekali Moi.
00:07:55 - 00:07:59
Terus Andin langsung ngebuka tuh pintu kamar mandinya si Abi.
00:07:59 - 00:08:05
Dan pas dibuka, si Andin tuh ngeliat Moi bi, ada sosok nenek yang tadi ngikutin si Andin.
00:08:05 - 00:08:09
Lagi ngambil air pake gayung dari dalam bak mandinya si Abi.
00:08:09 - 00:08:12
Terus airnya tuh kayak dibuang-buang ke lantai gitu.
00:08:12 - 00:08:17
Nah ngeliat itu si Andin langsung teriak kenceng banget kan, sampe si Abi tuh jadi kebangun.
00:08:17 - 00:08:19
Dan Andin langsung jatuh lah di lantai.
00:08:19 - 00:08:24
Disitu Abi tuh langsung ngangkat si Andin ke tempat tidur, terus nenangin si Andin lah.
00:08:24 - 00:08:28
Nah ga lama si Abi langsung kayak masuk ke kamar mandinya dia.
00:08:28 - 00:08:33
Dan pas masuk kamar mandinya dia, kayak ada kali 15 menitan dia di dalam situ.
00:08:33 - 00:08:38
Terus dia tuh keluar, dan akhirnya dia ngasih tau lah ke si Andin.
00:08:38 - 00:08:45
Kalo ternyata si sosok nenek itu tuh adalah kayak dalam tanda kutip penghuni lamanya kosannya si Abi ini.
00:08:45 - 00:08:48
Yang udah lama kayak ngejaga kosannya dia gitu loh.
00:08:48 - 00:08:51
Terus nenek itu tuh ternyata cukup posesif sama Abi.
00:08:51 - 00:08:54
Karena dia udah nganggep si Abi tuh kayak cucunya.
00:08:54 - 00:08:58
Jadi itulah alesan kenapa si Abi tuh pengennya ngekosnya disitu.
00:08:58 - 00:09:01
Karena udah ketemu sama si sosok nenek ini.
00:09:01 - 00:09:04
Tapi si Abi tuh gatau kalo misalkan sosok ini tuh ternyata jadi posesif.
00:09:04 - 00:09:07
Karena si Abi kan suka ngebawa cewek nginep gitu kan.
00:09:07 - 00:09:10
Mungkin si neneknya tuh ga suka gara-gara itu.
00:09:10 - 00:09:12
Mungkin sebenernya niatnya baik ya Bi ya?
00:09:12 - 00:09:16
Kayak ngasih tau biar lu jangan berbuat semena-mena di kosan ini gitu loh.
00:09:16 - 00:09:20
Tapi kalo misalnya ternyata ceweknya Abi yang jadi kayak kena dambaknya serem juga sih anjir.
00:09:20 - 00:09:26
Dan seremnya juga ya tadi Mwi, lu posesif sama dalam tanda kutip cucu lu ya.
00:09:26 - 00:09:28
Sampai disamperin ke kosannya gitu loh.
00:09:28 - 00:09:30
Tapi ini malu kehalus masalahnya ya.
00:09:30 - 00:09:52
Itu dia.
00:09:52 - 00:09:54
Nat, Mwi ya.
00:09:54 - 00:09:58
Bayangin misalkan lu ngekoseh di suatu kosan.
00:09:58 - 00:10:05
Terus diseberang kamar lu, diseberang kamar kosan lu itu adalah kamar yang angker.
00:10:05 - 00:10:07
Lu masih mau ga ngekoseh disitu?
00:10:07 - 00:10:08
Enggalah bu.
00:10:08 - 00:10:09
Gua juga ga akan mau lagi.
00:10:09 - 00:10:11
Nah, gua punya cerita kayak gitu Nat, Mwi.
00:10:11 - 00:10:16
Jadi ini ceritanya kejadian sama seorang cowok yang namanya Fajar.
00:10:16 - 00:10:21
Di tahun 2015-an dia tuh ngekoseh di satu rumah, rumah mewah gitu.
00:10:21 - 00:10:23
Jadi bukan kayak kosan pada umumnya ya.
00:10:23 - 00:10:29
Jadi rumah mewah dan dua lantai, di bawah tuh ada tiga kamar, di atas ada empat kamar.
00:10:29 - 00:10:32
Jadi tujuh kamar gitu.
00:10:32 - 00:10:38
Sebenernya secara umum mungkin agak mahal ya si rumah mewah ini, si kosan ini.
00:10:38 - 00:10:43
Cuman ya ibaratnya di rumah itu lu bisa pakai semua fasilitas yang ada.
00:10:43 - 00:10:51
Jadi kayak rumah mewah yang ada ruang tamunya, ada TV gede, terus meja makan juga ada, halaman juga luas.
00:10:51 - 00:10:53
Sebenernya enak banget.
00:10:53 - 00:10:57
Untuk secara umum mahal, tapi kalau untuk standar yang segitu, itu tuh enak banget.
00:10:57 - 00:10:59
Justru itungannya murah.
00:10:59 - 00:11:06
Nah, rumah mewah ini tuh ada di daerah perbatasan antara Jakarta Selatan sama Depok.
00:11:06 - 00:11:10
Si Fajar ini tuh kerja di daerah Fatmawati sebenernya.
00:11:10 - 00:11:17
Nah, dia nyoba untuk ngekoseh di daerah rumah mewah ini, biar ga terlalu jauh dari tempat dia kerja.
00:11:17 - 00:11:21
Di lingkungannya itu juga nyaman, ga padet.
00:11:21 - 00:11:26
Karena dia ngeliat rumahnya ini tuh di dalam klaster gitu loh.
00:11:26 - 00:11:30
Ini kondisinya dia baru mau ngekoseh di sana ya.
00:11:30 - 00:11:33
Pas pertama kali dia dateng ke sana, emang rada sepi.
00:11:33 - 00:11:36
Yang jaga kosan juga sebenernya jarang banget ada.
00:11:36 - 00:11:42
Jadi kalau misalkan lu mau dateng ke sana, lu harus bikin janji dulu sama si penjaga kosan ini.
00:11:42 - 00:11:48
Jadi ya, cuma ada tukang laundry, tukang bersih-bersih, tapi dateng doang, ga nginep.
00:11:48 - 00:11:55
Nah, di kosan itu, di rumah mewah ini, ada satu kamar yang ga diperuntukin ke siapa-siapa.
00:11:55 - 00:12:00
Karena memang yang punya kosan itu namanya, kita sebut aja Bu Suryani ya.
00:12:00 - 00:12:04
Emang kadang-kadang dia dateng ke situ, kamarnya tuh dipake.
00:12:04 - 00:12:05
Ini di lantai berapa, Bi?
00:12:05 - 00:12:06
Di lantai dua.
00:12:06 - 00:12:07
Oke.
00:12:07 - 00:12:12
Nah, si Fajar nanya, emang si ibu itu tinggal dimana, Mas?
00:12:12 - 00:12:17
Kata tukang kosannya, oh ga jauh kok, di Jakarta Selatan, masih deket sini.
00:12:17 - 00:12:22
Jadi ini tuh salah satu rumahnya dia gitu loh, salah satu rumahnya si Bu Suryani.
00:12:22 - 00:12:25
Dan dia tuh punya beberapa properti itu.
00:12:25 - 00:12:29
Nah, kamar yang kosong itu tinggal satu ternyata di rumah mewah ini.
00:12:29 - 00:12:32
Dan buat si Fajar, si kamarnya ini.
00:12:32 - 00:12:40
Dan kamar yang buat Fajar itu ternyata seberang-seberangan sama kamar yang diperuntukkan buat si ibu Suryani ini.
00:12:40 - 00:12:44
Udah tuh udah cocok semuanya, Fajar juga suka sama kosannya.
00:12:44 - 00:12:46
Buat dia juga udah aman banget.
00:12:46 - 00:12:49
Dia putusinlah buat pindah ke situ.
00:12:49 - 00:12:52
Hari pertama, hari kedua lancar banget, ga ada masalah.
00:12:52 - 00:12:56
Dan seminggu pertama di situ aman-aman banget.
00:12:56 - 00:13:00
Jadi isi kosan ini tuh kayak saling kenal gitu antar penghuninya.
00:13:00 - 00:13:03
Tapi yang ga saling ngobrol banget juga.
00:13:03 - 00:13:07
Jadi emang di kosan ini tuh isinya orang-orang yang level kerjanya lumayan menengah.
00:13:07 - 00:13:09
Yang manajer gitu loh.
00:13:09 - 00:13:11
Nah cuman isinya perantauan.
00:13:11 - 00:13:17
Jadi kayak ya dibanding apartemen mahal, mending gue cari kosan yang nyaman dan cukup eksklusif lah gitu.
00:13:18 - 00:13:22
Nah satu hari, kebetulan si Fajar ini tuh pulang agak malem.
00:13:22 - 00:13:24
Karena dia emang kerja kayak I.O gitu loh.
00:13:24 - 00:13:27
Jadi kerjanya, ya hari ini gue lembur banget.
00:13:27 - 00:13:31
Terus besok gue bisa libur, gue bisa masuk siang dan segala macem.
00:13:31 - 00:13:35
Nah si Fajar ini sampai kosan sekitar jam 1 malem.
00:13:35 - 00:13:41
Pas dia nyampe di kosannya, kamar di depan kamarnya dia, itu tuh agak kebuka pintunya.
00:13:41 - 00:13:45
Terus dia ngeliat ada ibu-ibu rada tua di situ.
00:13:45 - 00:13:50
Nah dalam hati dia mikir, oh mungkin itu tuh Bu Suryani.
00:13:50 - 00:13:54
Posisinya si ibu-ibu ini di dalam kamar itu munggungin Fajar.
00:13:54 - 00:13:56
Fajar dari luar kan.
00:13:56 - 00:14:00
Dan Fajar juga gak pernah tahu, gak pernah ketemu sama ibu Suryani ini.
00:14:00 - 00:14:02
Gak pernah ngeliat wujudnya kayak gimana.
00:14:02 - 00:14:05
Bahasi-bahasi dong, ada yang punya gitu kan.
00:14:05 - 00:14:06
Bu, malem.
00:14:06 - 00:14:12
Terus dari dalam kamar itu, si ibu-ibu ini balik badan, tapi langsung ditutup pintunya.
00:14:12 - 00:14:14
Kayak gak nyampe balik si Fajar.
00:14:14 - 00:14:15
Aneh banget.
00:14:15 - 00:14:16
Aneh banget kan.
00:14:16 - 00:14:20
Udah tuh, besokannya Fajar bangun rada siang.
00:14:20 - 00:14:22
Kosan juga agak kosong tuh suasananya.
00:14:22 - 00:14:27
Dia kebawah ke ruang makan, ketemu sama mbak-mbak tukang cuci.
00:14:27 - 00:14:30
Mbak-mbaknya basi-basi nanya, gak kerja mas?
00:14:30 - 00:14:32
Enggak mbak, saya libur hari ini.
00:14:32 - 00:14:37
Nah Fajar tuh emang anaknya hobi masak, dan dia seneng banget ke dapur.
00:14:37 - 00:14:40
Fajar masak, dia lagi goreng ayam.
00:14:40 - 00:14:42
Si mbak-mbaknya kan bener-bener mandir ya?
00:14:42 - 00:14:45
Fajar ikutan basi-basi tuh ke mbak-mbaknya.
00:14:45 - 00:14:47
Si ibu, kesini mbak.
00:14:47 - 00:14:50
Oh iya mas, saya gak tahu.
00:14:50 - 00:14:52
Oh saya lihat tadi malam kat Fajar gitu.
00:14:52 - 00:14:54
Di kamar atas mbak.
00:14:54 - 00:15:00
Nah, ngedengar Fajar ngomong kayak gitu, mbaknya tuh kayak gak nyaman gitu sama conversation ini.
00:15:00 - 00:15:06
Entah kenapa, jadi kayak Fajar tuh ngerasa mbak-mbak ini tuh agak menghindar gitu dari conversation-nya.
00:15:06 - 00:15:10
Dalam hati Fajar tuh mikir, oh mungkin gue terlalu kepo kali ya.
00:15:10 - 00:15:16
Kayak nyari tahu ini yang punya siapa, apakah yang gue temuin tadi malam tuh si Bu Suryani.
00:15:16 - 00:15:21
Deket-deket maghrib, pas Fajar lagi makan, lagi-lagi di deket dapur,
00:15:21 - 00:15:23
dia ketemu sama Mas Adi.
00:15:23 - 00:15:25
Mas Adi tuh si penjaga kosannya.
00:15:25 - 00:15:27
Ditanya lagi sama Fajar,
00:15:27 - 00:15:30
semalam Bu Suryani tidur di sini mas.
00:15:30 - 00:15:33
Wah, aku gak ngerti mas maksudnya, gimana?
00:15:33 - 00:15:34
Kata si Mas Adi gitu.
00:15:34 - 00:15:39
Diceritain, Fajar tadi malam tuh ngeliat ibu-ibu di kamar seberangnya dia.
00:15:39 - 00:15:42
Terus Mas Adi bilang, oh gitu ya mas.
00:15:42 - 00:15:46
Nanti abis makan ngobrol di depan mas, mau gak?
00:15:46 - 00:15:48
Di depan pagar kata dia gitu.
00:15:48 - 00:15:49
Mas ngerokok gak? Iya ngerokok.
00:15:49 - 00:15:50
Yaudah yuk ngerokok ke depan gitu.
00:15:50 - 00:15:53
Udah tuh sambil di depan pagar mereka ngerokok-ngerokok,
00:15:53 - 00:15:56
Mas Adi bilang, mas coba ceritain lagi.
00:15:56 - 00:15:58
Diceritain lagi tuh sama si Fajar.
00:15:58 - 00:16:00
Udah ngedengar ceritanya Fajar,
00:16:00 - 00:16:04
Mas Adi tuh bilang, mas lagi capek banget ya.
00:16:04 - 00:16:07
Ibu Suryani tuh lagi gak di Jakarta mas.
00:16:07 - 00:16:10
Dia jarang banget dateng dan datengnya hari tertentu aja.
00:16:10 - 00:16:12
Wah berarti bukan bu Suryani dong itu?
00:16:12 - 00:16:14
Nah itu dia kan.
00:16:14 - 00:16:16
Terus si Fajar tuh ngedengar kayak gitu,
00:16:16 - 00:16:21
oh yaudah apa gue lagi kecapekan kali ya bener ya kata Mas Adi gitu.
00:16:21 - 00:16:24
Oh ya mungkin iya mas, mas lagi kecapekan aja.
00:16:24 - 00:16:26
Yaudah dilupain aja mas kata gitu.
00:16:26 - 00:16:30
Udah tuh Fajar juga gak mau ambil pusing yaudah aja.
00:16:30 - 00:16:33
Besokannya nih pas Fajar kerja,
00:16:33 - 00:16:36
dia pulang lebih malam lagi, sekitar jam 2an malam bahkan.
00:16:36 - 00:16:38
Sampai di depan kamarnya dia,
00:16:38 - 00:16:42
dia ngedengar ada suara orang nyapu jam 2 pagi.
00:16:43 - 00:16:46
Tapi suaranya dari dalam kamar seberang dia itu.
00:16:46 - 00:16:48
Nah Fajar gak enak kan, yaudah lah.
00:16:48 - 00:16:52
Dibanding gue juga kayak ngedengar suara aneh malam-malam,
00:16:52 - 00:16:53
gue langsung masuk kamar aja deh.
00:16:53 - 00:16:57
Dan besokannya lagi malam-malam dari dalam kamar seberang itu,
00:16:57 - 00:16:59
dia ngedengar suara yang aneh lagi.
00:17:00 - 00:17:01
Kali ini bukan nyapu,
00:17:01 - 00:17:06
tapi dia ngedengar kalau dari kamar seberang tuh kayak ada bunyi tembok dicakar gitu loh.
00:17:06 - 00:17:10
Terus dia mikir kayak, ah udahlah halusinasi aja kali ya gue.
00:17:10 - 00:17:13
Nah cuman ternyata sampai di kejadian,
00:17:13 - 00:17:16
Fajar ini tiba-tiba di satu malam dia tuh mimpi.
00:17:16 - 00:17:19
Jadi dia tuh kayak kebangun gitu Nat, Mui.
00:17:19 - 00:17:22
Terus pintu kamarnya dia tuh kebuka.
00:17:22 - 00:17:25
Dan pintu kamar yang di seberang dia itu juga kebuka.
00:17:25 - 00:17:27
Nah dia gak ngeh kalau itu tuh lagi mimpi.
00:17:27 - 00:17:28
Karena kan kita gak tau ya,
00:17:28 - 00:17:30
kalau misalkan kita lagi mimpi apa enggak kan.
00:17:31 - 00:17:32
Di mimpi itu,
00:17:32 - 00:17:35
dia tuh berdiri di depan pintu kamarnya dia.
00:17:35 - 00:17:36
Jadi dia ngeliat kamar seberang.
00:17:36 - 00:17:39
Terus dia juga dalam pikiran dia mikir gitu kayak,
00:17:39 - 00:17:41
ini kenapa ya gue kayak gini.
00:17:41 - 00:17:43
Kok gue kayak gak bisa gerak gitu loh.
00:17:43 - 00:17:45
Terus lagi berdiri di situ,
00:17:45 - 00:17:48
Fajar tuh ngeliat ada ibu-ibu yang udah rada tua gitu.
00:17:48 - 00:17:50
Kayak yang dia lihat pertama kali.
00:17:50 - 00:17:51
Yang di dalam kamar itu.
00:17:51 - 00:17:55
Lama-lama si ibu ini tuh kayak ngedekat ke arahnya Fajar.
00:17:55 - 00:17:57
Terus pas udah sampai depan Fajar persis,
00:17:57 - 00:18:02
si ibu-ibu tua ini tuh lidahnya ngejulur sampai ke dada.
00:18:02 - 00:18:03
Panjang banget.
00:18:03 - 00:18:05
Dan rambutnya yang tadinya warnanya hitam,
00:18:05 - 00:18:07
tiba-tiba jadi putih.
00:18:07 - 00:18:09
Matanya juga merah.
00:18:09 - 00:18:11
Pokoknya kayak wujudnya berubah gitu loh.
00:18:12 - 00:18:13
Jadi kayak nenek-nenek tua,
00:18:13 - 00:18:14
serem banget.
00:18:14 - 00:18:16
Dan Fajar tuh kayak dipaksa buat ngeliat.
00:18:16 - 00:18:17
Dia kayak gak bisa merem,
00:18:17 - 00:18:18
dia gak bisa menghindar,
00:18:18 - 00:18:20
gak bisa kabur juga sama sekali.
00:18:21 - 00:18:22
Terus tiba-tiba,
00:18:22 - 00:18:23
gak tau kenapa,
00:18:23 - 00:18:25
pintu kamarnya Fajar tuh ketutup aja gitu brok.
00:18:25 - 00:18:27
Dan langsung kebangun tuh Fajar di situ.
00:18:27 - 00:18:30
Dan tiba-tiba dia udah di atas tempat tidur aja.
00:18:30 - 00:18:31
Fajar bangun,
00:18:31 - 00:18:32
dia turun ke bawah.
00:18:32 - 00:18:33
Nah,
00:18:33 - 00:18:34
udah siang tuh,
00:18:34 - 00:18:35
udah rada siang.
00:18:35 - 00:18:36
Di situ dia ngeliat,
00:18:36 - 00:18:38
ada satu penghuni kamar lain,
00:18:38 - 00:18:40
yang tidurnya tuh di kamar bawah.
00:18:40 - 00:18:42
Kita sebut aja namanya Ronnie ya.
00:18:42 - 00:18:43
Kebetulan siang-siang itu,
00:18:43 - 00:18:45
si Ronnie emang lagi ada di kosan lah,
00:18:45 - 00:18:46
lagi gak kerja.
00:18:46 - 00:18:47
Si Ronnie nanya,
00:18:47 - 00:18:48
lu sakit bro?
00:18:48 - 00:18:49
Iya nih, gak enak badan,
00:18:49 - 00:18:50
kata Fajar gitu.
00:18:50 - 00:18:51
Lu baik-baik aja kan?
00:18:51 - 00:18:52
Baik-baik aja sih.
00:18:52 - 00:18:53
Kenapa?
00:18:53 - 00:18:54
Si Ronnie bilang.
00:18:54 - 00:18:56
Oh, gak apa-apa.
00:18:56 - 00:18:57
Kalau ada apa-apa,
00:18:57 - 00:18:58
cerita aja ya.
00:18:58 - 00:18:59
Ronnie bilang gitu.
00:18:59 - 00:19:01
Terus kayak Fajar ngerasa,
00:19:01 - 00:19:04
kok kayaknya orang-orang di sini tuh gak mau bahasa bahasi,
00:19:04 - 00:19:06
kok yang ini kok mau bahasa bahasi sama gue ya.
00:19:06 - 00:19:07
Fajar langsung bilang,
00:19:07 - 00:19:09
lu ada waktu gak?
00:19:09 - 00:19:10
Ada.
00:19:10 - 00:19:11
Yaudah yuk ngopi ke warkop depan,
00:19:11 - 00:19:12
kata Fajar gitu.
00:19:12 - 00:19:13
Cerita tuh Fajar,
00:19:13 - 00:19:14
dia mimpi apa,
00:19:14 - 00:19:16
sama kejadian-kejadian yang dia liat sebelumnya,
00:19:16 - 00:19:18
dia ngeliat si nenek-nenek itu.
00:19:18 - 00:19:19
Dan ternyata,
00:19:19 - 00:19:21
setelah Fajar ini udah cerita,
00:19:21 - 00:19:23
menurut ketangannya si Ronnie,
00:19:23 - 00:19:25
Ronnie tuh bilang,
00:19:25 - 00:19:26
gue tuh juga sering denger,
00:19:26 - 00:19:28
suara-suara dari kamar itu.
00:19:28 - 00:19:30
Nah, cuman gue gak mau ambil pusing.
00:19:30 - 00:19:32
Sempet ada satu orang,
00:19:32 - 00:19:34
yang nempatin kamar lu,
00:19:34 - 00:19:35
namanya Rusdy.
00:19:35 - 00:19:37
Tapi dia cuman bertahan tuh,
00:19:37 - 00:19:38
beberapa minggu doang,
00:19:38 - 00:19:39
tiba-tiba cabut.
00:19:39 - 00:19:40
Gak ngomong apa-apa juga,
00:19:40 - 00:19:42
kenapa dia cabut.
00:19:42 - 00:19:43
Nah,
00:19:43 - 00:19:45
ya kalau gue sih gak mau ambil pusing ya.
00:19:45 - 00:19:46
Cuman tadi malam nih,
00:19:46 - 00:19:48
pas gue keluar dari kamar,
00:19:48 - 00:19:50
gue ngeliat,
00:19:50 - 00:19:51
lu,
00:19:51 - 00:19:52
itu berdiri di depan pintu.
00:19:52 - 00:19:53
Lah?
00:19:53 - 00:19:54
Depan pintu kamar lu.
00:19:54 - 00:19:55
Si Ronnie ngeliat ternyata,
00:19:55 - 00:19:56
Fajar tuh berdiri depan pintu.
00:19:56 - 00:19:57
Terus?
00:19:57 - 00:19:59
Nah cuman karena gue gak mau ikut campur,
00:19:59 - 00:20:00
yaudah gue masuk kamar lagi.
00:20:00 - 00:20:01
Bukannya itu mimpi?
00:20:01 - 00:20:02
Nah itu dia,
00:20:02 - 00:20:03
berarti ternyata gak mimpi kan?
00:20:03 - 00:20:04
Anjing.
00:20:04 - 00:20:05
Nah menurut Ronnie,
00:20:05 - 00:20:07
kamar depan Fajar tuh,
00:20:07 - 00:20:09
emang gak pernah ada orang.
00:20:09 - 00:20:10
Dan Ibu Suryani tuh,
00:20:10 - 00:20:11
kalau misalkan dateng,
00:20:11 - 00:20:13
di tanggal-tanggal tertentu,
00:20:13 - 00:20:14
di hari-hari tertentu,
00:20:14 - 00:20:16
itu tuh kayak masuk ke kamar situ.
00:20:16 - 00:20:19
Cuman kayak di hari-hari kayak,
00:20:19 - 00:20:20
Jumat Kliwon,
00:20:20 - 00:20:22
Selasa Kliwon gitu loh.
00:20:22 - 00:20:23
Nah,
00:20:23 - 00:20:25
si Ronnie ini udah curiga.
00:20:25 - 00:20:27
Kayaknya si kamar itu tuh emang ada sesuatu.
00:20:27 - 00:20:28
Fajar nanya dong,
00:20:28 - 00:20:29
lu gak serem?
00:20:29 - 00:20:30
Ya gue sih gak ngambil pusing ya,
00:20:30 - 00:20:32
yaudah aja selama gue nyaman disini,
00:20:32 - 00:20:34
dia gak ganggu gue,
00:20:34 - 00:20:35
ya gue bodo amat.
00:20:35 - 00:20:36
Cuman gue gak tau kenapa lu diganggu,
00:20:36 - 00:20:38
kata Ronnie gitu.
00:20:38 - 00:20:40
Akhirnya entah bagaimana,
00:20:40 - 00:20:42
Fajar ini ngehubungin temen gue,
00:20:42 - 00:20:44
yang ngasih cerita ini ke gue.
00:20:44 - 00:20:45
Jadi ya,
00:20:45 - 00:20:46
lu kan tau ya Natmoy,
00:20:46 - 00:20:48
temen gue kan emang rada-rada klenik gitu kan.
00:20:48 - 00:20:51
Nah jadi si Fajar ini,
00:20:51 - 00:20:53
mungkin nanya temen gue buat minta solusi,
00:20:53 - 00:20:55
atau minta saran apa gitu lah,
00:20:55 - 00:20:57
mungkin si temen gue ngerti kan.
00:20:57 - 00:20:59
Nah ternyata temen gue ini bilang,
00:20:59 - 00:21:02
kalau rumahnya Ibu Suryani itu,
00:21:02 - 00:21:06
emang dibangun hasil dari menggandakan uang sama jin.
00:21:06 - 00:21:08
Gampangnya gitu lah.
00:21:08 - 00:21:10
Jadi dengan cara,
00:21:10 - 00:21:13
si Ibu Suryani ini harus nyiapin satu ruangan,
00:21:13 - 00:21:15
tempat dia ngejalanin ritual itu.
00:21:15 - 00:21:18
Jadi ya mungkin beberapa properti,
00:21:18 - 00:21:20
yang dimiliki sama Ibu Suryani ini,
00:21:20 - 00:21:22
pasti punya satu ruangan,
00:21:22 - 00:21:24
untuk tempat dia ritual itu.
00:21:24 - 00:21:26
Ya akhirnya setelah itu,
00:21:26 - 00:21:28
Fajar ini sebenernya cukup bertahan lama ya,
00:21:28 - 00:21:30
kayak sekitar 6 bulanan di kosan itu,
00:21:30 - 00:21:32
karena setelah kejadian itu,
00:21:32 - 00:21:35
Fajar juga bodo amat sama si kamar seberang dia itu.
00:21:35 - 00:21:37
Kalaupun Ibu Suryani kesana juga,
00:21:37 - 00:21:38
Fajar tuh nggak cari tau apa-apa,
00:21:38 - 00:21:41
bahkan dia nggak tau wujudnya Ibu Suryani tuh kayak gimana.
00:21:41 - 00:21:43
Bener-bener ya bodo amat aja.
00:21:43 - 00:21:46
Fajar sama Ronnie pun selalu komunikasi berdua gitu loh,
00:21:46 - 00:21:47
cuman nggak cerita ke siapa-siapa,
00:21:47 - 00:21:50
ke penghuni lain kosan itu juga nggak cerita apa-apa,
00:21:50 - 00:21:52
biar nggak bikin penghuni yang lain tuh takut.
00:21:52 - 00:21:55
Dan mereka juga lebih ke bodo amat sama apa yang ada di kamar itu.
00:21:55 - 00:22:00
Si Mas Hadi dan mbak-mbak tukang cuci pun juga nggak ngomong apa-apa,
00:22:00 - 00:22:03
jadi mereka tuh saling diam-diaman aja gitu loh.
00:22:03 - 00:22:07
Kayak seakan-akan nggak ada yang terjadi apa-apa di seberang kamarnya Fajar.
00:22:07 - 00:22:09
Nah cuman di bulan ke-6 itu,
00:22:09 - 00:22:12
di bulan ke-6 Fajar menghuni di kosan itu,
00:22:12 - 00:22:17
tiba-tiba dia kayak malah tiap malam digangguin sama sosok menunggu ini,
00:22:17 - 00:22:19
si nenek-nenek itu.
00:22:19 - 00:22:22
Dan ada kemungkinan si Ibu Suryani ini nggak ngasih makan,
00:22:22 - 00:22:24
karena dari sebulan terakhir,
00:22:24 - 00:22:28
itu tuh Ibu Suryani jarang banget ke kosan itu buat dateng.
00:22:28 - 00:22:31
Nggak ngasih makan terus ngeganggu Fajar?
00:22:31 - 00:22:34
Iya, jadi karena yang tadi gue bilang,
00:22:34 - 00:22:36
karena hasil penggandaan sama jin itu,
00:22:36 - 00:22:38
otomatis harus dikasih makan dong.
00:22:38 - 00:22:40
Nah mungkin sebulan terakhir,
00:22:40 - 00:22:44
karena Ibu Suryani juga nggak dateng buat ngelakuin ritual dan ngasih makan,
00:22:44 - 00:22:48
akhirnya ya si penghuni ini gangguin si Fajar lagi gitu loh.
00:22:48 - 00:22:50
Kayak gentayangan aja ke orang random gitu maksudnya?
00:22:50 - 00:22:52
Lebih ke Fajar sih Muih,
00:22:52 - 00:22:55
emang Fajar kamarnya kan diseberang si kamar angker itu kan?
00:22:55 - 00:22:57
Berarti si Fajar apes banget dong?
00:22:57 - 00:22:58
Apes banget.
00:22:58 - 00:22:59
Karena cuma dia doang kan yang digangguin?
00:22:59 - 00:23:00
Iya.
00:23:00 - 00:23:02
PEMBICARA 1
00:23:02 - 00:23:04
PEMBICARA 2
00:23:04 - 00:23:06
PEMBICARA 3
00:23:06 - 00:23:08
PEMBICARA 4
00:23:08 - 00:23:10
PEMBICARA 5
00:23:10 - 00:23:12
PEMBICARA 6
00:23:12 - 00:23:14
PEMBICARA 7
00:23:14 - 00:23:16
PEMBICARA 8
00:23:16 - 00:23:18
PEMBICARA 9
00:23:18 - 00:23:20
PEMBICARA 10
00:23:20 - 00:23:25
Gue juga mau ceritain kejadian yang terjadi di salah satu kosan angker di daerah Semarang, Bi.
00:23:27 - 00:23:29
Gue dapat cerita ini dari Twitter ya by the way.
00:23:29 - 00:23:30
Oke.
00:23:30 - 00:23:34
Jadi ada anak Jakarta yang baru pindah ke Semarang buat kuliah.
00:23:34 - 00:23:38
Anak ini cewek, namanya Cinta, umurnya 17 tahun.
00:23:38 - 00:23:42
Dia gak ada keluarga sama sekali di Semarang, makanya dia gak kos lah di sana.
00:23:42 - 00:23:45
Nah dia dapat kosannya tuh di salah satu daerah di sana yang
00:23:45 - 00:23:48
di sini pun juga gak disebutin loh namanya apa, tempatnya dimana gitu.
00:23:48 - 00:23:53
Pokoknya kosan dia itu masuk gang, dan bangunan kosannya ini ada di paling pojok.
00:23:53 - 00:23:58
Jadi kayak ketemu gang Buntu, nah itu tuh di bangunan terakhir di gang Buntu itu, itu kosannya dia.
00:23:58 - 00:24:02
Bangunan kosan Cinta ini ada tiga lantai, dan Cinta ada di lantai dua.
00:24:02 - 00:24:05
Bulan pertama Cinta ngekos di sana tuh aman-aman aja.
00:24:05 - 00:24:11
Walaupun katanya, kata teman-teman kampusnya Cinta tuh kosan ini emang angker sebenernya.
00:24:11 - 00:24:15
Nah Cinta ini anaknya emang gak penakut, dan dia emang ngepercaya sama hal misis gitulah.
00:24:15 - 00:24:18
Jadi pas teman-temannya bilang kayak kosan dia angker,
00:24:18 - 00:24:22
pas lama sebulan dia di sana juga gak kejadian apa-apa, makanya dia gak mikir apa-apa lah.
00:24:22 - 00:24:24
Dia aman-aman aja gitu ngerasanya.
00:24:24 - 00:24:29
Sampai tiba di satu malam pas dia habis kegiatan kuliah dan baru beres jam 8,
00:24:29 - 00:24:32
dia pulang tuh sampe kosan sekitar jam sembilanan.
00:24:32 - 00:24:34
Kan gue bilang dia di lantai dua kan?
00:24:34 - 00:24:38
Nah berarti di atasnya dia ada kamar lagi dong di lantai tiga tuh.
00:24:38 - 00:24:41
Nah sekitar jam setengah sepuluhan malam, dia tuh denger bih,
00:24:41 - 00:24:44
nah di atas kamarnya dia berarti di lantai tiga ya,
00:24:44 - 00:24:49
itu tuh kayak ada suara orang bersih-bersih, ada suara orang kayak lagi ngegeser barang.
00:24:49 - 00:24:54
Pokoknya intinya, dia denger di jam setengah sepuluh malam itu ada suara-suara yang bikin ganggu lah.
00:24:54 - 00:24:57
Nah karena dia keganggu akhirnya dia ngecet lah tuh penjaga kosannya.
00:24:57 - 00:25:02
Dia tanyalah di lantai tiga, persis di atas kamarnya dia itu ada yang ngisi atau enggak kamarnya.
00:25:02 - 00:25:04
Kata penjaga kosannya ada.
00:25:04 - 00:25:06
Ditanyalah sama penjaga kosannya,
00:25:06 - 00:25:07
kenapa mba emang?
00:25:07 - 00:25:10
Cinta bilang kalo kamar atasnya dia tuh berisik banget padahal udah malem.
00:25:10 - 00:25:12
Penjaga kosannya bilang lah kayak,
00:25:12 - 00:25:13
mba mau nomernya?
00:25:13 - 00:25:17
Saya kasih ya, nanti mba langsung tolong sampein aja langsung ke orangnya biar gak berisik.
00:25:17 - 00:25:19
Nah pas dikasih kontaknya,
00:25:19 - 00:25:22
Cinta langsung tuh ngecet si yang isi kamar itu yang lantai tiga.
00:25:22 - 00:25:23
Cinta ngecet baik-baik,
00:25:23 - 00:25:24
dia bilang kayak,
00:25:24 - 00:25:27
maaf mba lagi ada kegiatan apa soalnya berisik,
00:25:27 - 00:25:29
udah malem saya keganggu.
00:25:29 - 00:25:32
Nah mba-mba ini bales yang ngisi lantai tiga itu.
00:25:32 - 00:25:33
Dia bilang kayak,
00:25:33 - 00:25:35
dia gak ngapa-ngapain,
00:25:35 - 00:25:36
dia cuma tiduran doang main hp,
00:25:36 - 00:25:41
dan dia tuh gak denger sama sekali kalo ada suara berisik di lantai dia, di lantai tiga.
00:25:43 - 00:25:44
Cinta bingung lah disitu.
00:25:44 - 00:25:47
Akhirnya dia cuman bilang makasih lah gitu ke orang ini.
00:25:48 - 00:25:50
Yaudah walaupun si Cinta ini ngerasa keganggu,
00:25:50 - 00:25:52
ada suara-suara berisik itu,
00:25:52 - 00:25:53
tapi dia maksa buat tidur,
00:25:53 - 00:25:55
karena besok tuh dia harus kuliah jam 8 pagi.
00:25:56 - 00:25:57
Dia kegiatan,
00:25:57 - 00:26:01
kebesokannya akhirnya singkat cerita dia pulang lah ke kosan itu sekitar jam 9 malem.
00:26:02 - 00:26:04
Dan ternyata suaranya tuh keluar lagi bih.
00:26:05 - 00:26:09
Dia tuh denger ada suara berisik lagi persis banget di atas kamarnya dia,
00:26:09 - 00:26:10
kayak kemarin nih persis banget.
00:26:11 - 00:26:12
Nah karena Cinta udah sebel banget,
00:26:12 - 00:26:14
akhirnya dia gak ngechat orang itu.
00:26:14 - 00:26:18
Dia langsung naik ke atas buat ngecek sebenernya tuh suara itu asal dari mana,
00:26:18 - 00:26:19
sumbernya dari mana.
00:26:19 - 00:26:23
Pas dia naik ternyata di lantai tiga itu persis ada 10 kamar,
00:26:23 - 00:26:24
kayak di lantainya dia,
00:26:24 - 00:26:27
tapi kamar yang lampunya hidup itu cuman ada 2 kamar.
00:26:27 - 00:26:28
Nah pas dia udah di atas,
00:26:28 - 00:26:29
dia tuh denger bih,
00:26:29 - 00:26:32
kalo suaranya itu tuh keluar dari kamar yang gelap,
00:26:32 - 00:26:33
yang lampunya mati,
00:26:33 - 00:26:34
berarti yang gak ada penunggunya dong,
00:26:34 - 00:26:35
gak ada yang ngisi nih.
00:26:36 - 00:26:39
Sebenernya dia udah ngerasa kayak ada yang gak beres nih dari kosan ini,
00:26:39 - 00:26:42
tapi karena dia penasaran akhirnya dia ngintip tuh,
00:26:42 - 00:26:43
ke kamar yang gelap itu.
00:26:43 - 00:26:44
Dia ngintip lewat jendela,
00:26:44 - 00:26:47
dan ternyata di dalam kamar yang kosong itu Cinta ngeliat,
00:26:47 - 00:26:49
ada sosok putih tinggi gede,
00:26:49 - 00:26:50
kayak lagi gerak-gerak gitu nih,
00:26:50 - 00:26:51
lihat.
00:26:51 - 00:26:54
Kayak bener-bener jalan kanan, kiri, kanan, kiri,
00:26:54 - 00:26:56
dan Cinta sadar itu tuh bukan orang,
00:26:56 - 00:26:58
itu tuh sosok makhluk halus gitu loh.
00:26:58 - 00:27:00
Tapi dia gak bisa ngeliat jelas itu apa,
00:27:00 - 00:27:01
karena bentuknya kayak putih doang gitu,
00:27:01 - 00:27:02
karena kan gelap kan.
00:27:02 - 00:27:03
Cinta bener-bener takut banget,
00:27:03 - 00:27:05
akhirnya dia teriak tuh reflek,
00:27:05 - 00:27:07
dan 2 orang yang ngisi kamar lantai itu keluar lah,
00:27:07 - 00:27:09
langsung nyamperin Cinta,
00:27:09 - 00:27:10
ditanyalah kayak,
00:27:10 - 00:27:11
kenapa mbak?
00:27:11 - 00:27:13
Cinta ngejelasin semua apa yang dilihat di kamar itu.
00:27:13 - 00:27:16
Dia ngeliatlah ada sosok tinggi putih gerak-gerak di kamar itulah.
00:27:16 - 00:27:19
Nah dia nunjuk tuh ke kamar yang kosong itu,
00:27:19 - 00:27:21
2 orang ini langsung ngecek lah ke kamar itu,
00:27:21 - 00:27:24
dan ternyata pas mereka ngecek tuh gak ada apa-apa,
00:27:24 - 00:27:25
kosong aja gitu loh,
00:27:25 - 00:27:27
gak ada yang Cinta bilang.
00:27:27 - 00:27:28
Akhirnya salah satu dari 2 orang itu,
00:27:28 - 00:27:30
nawarin Cinta buat nginep di kamarnya,
00:27:30 - 00:27:31
biar Cinta tuh bisa tidur lah,
00:27:31 - 00:27:33
biar gak sendirian di kamarnya dia.
00:27:33 - 00:27:34
Akhirnya Cinta mau tuh,
00:27:34 - 00:27:36
nah pas dia nginep di kamar orang itu,
00:27:36 - 00:27:38
bukannya Cinta tidurnya nyenyak,
00:27:38 - 00:27:40
tapi malah ketindihan bih.
00:27:40 - 00:27:42
Cinta tuh matanya melek,
00:27:42 - 00:27:43
dan dia tuh bisa ngeliat,
00:27:43 - 00:27:45
kalau temen kosannya lagi tidur,
00:27:45 - 00:27:47
tapi Cintanya tuh gak bisa ngapa-ngapain.
00:27:47 - 00:27:49
Dia tuh gak bisa gerak sama sekali,
00:27:49 - 00:27:51
dia cuma bisa nangis sambil baca doa dalam hati.
00:27:51 - 00:27:53
Gak lama untungnya temennya tuh bangun,
00:27:53 - 00:27:55
langsung nanya tuh ke Cinta dia kenapa.
00:27:55 - 00:27:57
Nah pas dia ngeliat juga ternyata,
00:27:57 - 00:27:58
temennya sadar,
00:27:58 - 00:28:00
Cinta tuh kayak ketindihan.
00:28:00 - 00:28:01
Temennya tuh langsung ngedoain Cinta,
00:28:01 - 00:28:03
dan langsung ngasih arminum.
00:28:03 - 00:28:04
Akhirnya beberapa menit kemudian,
00:28:04 - 00:28:06
Cinta bisa gerakin badannya,
00:28:06 - 00:28:07
dan dia langsung meluk tuh temennya,
00:28:07 - 00:28:08
karena dia ketakutan banget.
00:28:08 - 00:28:10
Udahlah kebesokannya,
00:28:10 - 00:28:11
Cinta tuh berusaha buat berani,
00:28:11 - 00:28:13
dan dia tidur di kamar dia sendiri.
00:28:13 - 00:28:14
Tapi ternyata,
00:28:14 - 00:28:16
di malam ketiga ini,
00:28:16 - 00:28:17
Cinta tuh bisa tidur,
00:28:17 - 00:28:19
tapi dia selalu kebangun-bangun.
00:28:19 - 00:28:21
Jam sebelas malam dia kebangun,
00:28:21 - 00:28:23
setengah satu dia kebangun,
00:28:23 - 00:28:24
jam tiga dia kebangun,
00:28:24 - 00:28:27
nah pas sampe jam tiga pagi dia kebangun,
00:28:27 - 00:28:28
dia tuh ngeliat,
00:28:28 - 00:28:30
dan dia tuh denger ada suara kayak orang jalan gitu,
00:28:30 - 00:28:32
nah di depan kamar dia.
00:28:32 - 00:28:34
Dia tuh ngeliat tuh,
00:28:34 - 00:28:35
jadi kan kalau di bawah pintu,
00:28:35 - 00:28:37
ada kayak celah-celah kecil gitu kan.
00:28:37 - 00:28:38
Nah dia ngeliat,
00:28:38 - 00:28:39
kalau di depan pintu dia,
00:28:39 - 00:28:41
kayak ada bayangan orang lalu lalang gitu,
00:28:41 - 00:28:44
bayangan hitam lalu lalang gitu.
00:28:44 - 00:28:46
Berkali-kali tuh dia ngeliat bayangan ini,
00:28:46 - 00:28:47
dia mau maksa buat tidur,
00:28:47 - 00:28:49
tapi dia takut merem.
00:28:49 - 00:28:50
Tapi kalau dia nggak tidur,
00:28:50 - 00:28:52
dia juga takut ngeliat itu.
00:28:52 - 00:28:54
Akhirnya dia mutusin,
00:28:54 - 00:28:55
buat dia tuh ngeberaniin diri dia,
00:28:55 - 00:28:57
buat buka pintu kamarnya dia.
00:28:57 - 00:28:58
Buat ngecek tuh,
00:28:58 - 00:29:00
di depan itu ada apa.
00:29:00 - 00:29:02
Pas dia buka pintu kamarnya,
00:29:02 - 00:29:04
di lorong kosana dia itu,
00:29:04 - 00:29:05
dia ngeliat jelas banget,
00:29:05 - 00:29:07
nah ada sosok kuntilanak,
00:29:07 - 00:29:08
tinggi, gede banget,
00:29:08 - 00:29:11
dan tinggi itu setinggi pelafon kosana Cinta.
00:29:11 - 00:29:13
Dia tuh ngeliat akhirnya jelas banget,
00:29:13 - 00:29:14
sosok ini nih,
00:29:14 - 00:29:16
sosok penunggu kosan dia tuh kayak gitu,
00:29:16 - 00:29:18
depan mata kepala dia sendiri dia ngeliat.
00:29:18 - 00:29:20
Dan Cinta percayalah akhirnya,
00:29:20 - 00:29:22
kalau kosan dia ini ternyata bener-bener hantu,
00:29:22 - 00:29:23
dan angker banget,
00:29:23 - 00:29:24
sama kayak apa yang temennya bilang.
00:29:24 - 00:29:26
Berarti si kuntilanak ini,
00:29:26 - 00:29:30
emang penghuni kamar diatasnya kamarnya si Cinta?
00:29:30 - 00:29:32
Atau emang penghuni kosan secara umum itu, Muih?
00:29:32 - 00:29:33
Nah, gue nggak tau ya, Bi.
00:29:33 - 00:29:35
Karena pas gue baca di Twitter ini,
00:29:35 - 00:29:36
nggak ada jelasnya kayak gimana.
00:29:36 - 00:29:37
Cuma menurut gue,
00:29:37 - 00:29:39
kayaknya itu memang penunggu kosannya.
00:29:39 - 00:29:42
Karena dia tuh nggak berhenti di kamar yang gelap itu doang.
00:29:42 - 00:29:43
Dia di lantai 2.
00:29:43 - 00:29:46
Karena kan Cinta ngeliat sosok ini di lantai 2, kan?
00:29:46 - 00:29:49
Walaupun dia denger awalnya ada di lantai 3.
00:29:49 - 00:29:50
Wah, gila sih.
00:29:50 - 00:29:52
Tapi memang ternyata,
00:29:52 - 00:29:54
kosan tuh banyak banget yang...
00:29:54 - 00:29:55
angker ya?
00:29:55 - 00:29:56
Maksudnya,
00:29:56 - 00:29:58
gue percaya kalau kosan tuh,
00:29:58 - 00:30:00
maksudnya tiap bangunan juga pasti ada penghuninya.
00:30:00 - 00:30:03
Kayak dulu kan kita juga pernah cerita ya,
00:30:03 - 00:30:04
kosan lu, Muih,
00:30:04 - 00:30:06
ada penunggunya juga.
00:30:06 - 00:30:08
Dan emang yang ngegangguin penghuninya,
00:30:08 - 00:30:09
lu kan digangguin, kan?
00:30:09 - 00:30:10
Iya, gua digangguin langsung.
00:30:10 - 00:30:13
Dan kayak cerita yang kita ceritain malam ini nih,
00:30:13 - 00:30:15
di gua nih misalkan,
00:30:15 - 00:30:16
yang cerita yang gua dapet,
00:30:16 - 00:30:18
di rumah mewah itu,
00:30:18 - 00:30:20
penghuninya tuh nenek-nenek ya?
00:30:20 - 00:30:21
Sama kan kayak lu, Nat?
00:30:21 - 00:30:23
Nenek-nenek juga, kan?
00:30:23 - 00:30:25
Lu, Muih, penghuni kosannya,
00:30:25 - 00:30:27
yang lu dapet dari Twitter itu,
00:30:27 - 00:30:28
Kuntilanak.
00:30:28 - 00:30:31
Nah, kalau lu yang dengerin,
00:30:31 - 00:30:33
penunggu kosan lu,
00:30:33 - 00:30:53
siapa kira-kira?
00:31:33 - 00:31:55
Jangan lupa like, share, dan subscribe ya!
Buka semua fitur dengan download aplikasi Noice
Kunjungi App