Noice Logo
Masuk

MENCARI SEKRETARIS TOBRON

26 Menit

MENCARI SEKRETARIS TOBRON

10 Mei 2024

87

Kadang laki-laki suka ga ada otak Semua hal viral yang terjadi di dunia maya akan dibahas di sini dari sudut pandang Pandji Pragiwaksono. Rilis 2 hari sekali. Follow Instagram @siniarhim dan @pandji.pragiwaksono untuk dapetin daily update seputar siniar Hiduplah Indonesia Maya.

Komentar
Lihat Semua (87)








Lihat episode lain
Transkrip
00:00:00 - 00:00:08
Di Siniar Hiduplah Indonesia Maya kali ini kita akan ngomongin soal seorang HR atau rekruter lah ya yang biasa nge-review CV
00:00:08 - 00:00:19
itu mengirimkan pesan, meminta sesuatu yang sangat-sangat menjijikan menurut gua
00:00:19 - 00:00:29
dia minta kepada salah seorang calon untuk ngirim foto cuma pake bra
00:00:29 - 00:00:58
Sebelum gua mulai, gua mau ngumumin bahwa gua agak bingung nih apa yang akan terjadi dengan nasib gue dan platform yang gua gunakan untuk bikin Siniar
00:00:58 - 00:01:02
jadi selama ini kan gua bikin pake podcasters.spotify.com
00:01:02 - 00:01:06
tadinya anchor.fm terus dibeli sama Spotify
00:01:06 - 00:01:12
terus ada pengumuman bahwa mulai Juni 2024 layanan ini akan ditutup
00:01:12 - 00:01:18
beginning June 2024, our recording and editing tools will no longer be available
00:01:18 - 00:01:25
download any audio from your library that youd like to keep, you can record new episodes with Riverside
00:01:25 - 00:01:29
jadi dia ganti ke platform Riverside yang keliatannya dia juga beli
00:01:29 - 00:01:34
kalo Riverside itu kayak anchor tapi bisa video sih
00:01:34 - 00:01:37
gua belum nyoba lagi sih Riverside
00:01:37 - 00:01:42
tapi kayaknya Spotify nyerah nih sama anchor karena emang harus gua akuin anchor butut sih
00:01:42 - 00:01:44
ga ketolong ini
00:01:44 - 00:01:48
dari kemarin kalo lu dengerin ada audio-audio yang kayak naik turun gitu
00:01:48 - 00:01:50
mendem, engga
00:01:50 - 00:01:52
itu tuh karena gua pake anchor
00:01:52 - 00:01:57
kenapa gua pake anchor? karena gua sampe sekarang gapunya konsol gitu loh tau ga sih?
00:01:57 - 00:02:00
kayak MPC, disebutnya MPC ya
00:02:00 - 00:02:08
lu tau ga yang kayak alat gitu yang ada banyak tombol-tombolnya lu bisa sambungin mikrofon ke situ
00:02:08 - 00:02:13
terus lu bisa sambungin source lain gitu
00:02:13 - 00:02:17
caster kayaknya, disebutnya caster podcast gitu
00:02:17 - 00:02:21
yang lagi gua incer nih karena murah
00:02:21 - 00:02:24
sebenernya kalo mau yang bagus sih banyak
00:02:24 - 00:02:28
gua lagi ngincer ini nih, Alex FX caster
00:02:28 - 00:02:32
kayaknya sih cukup oke, harganya masih kepegang lah sama gua
00:02:32 - 00:02:36
bukannya gua ga mau invest lebih banyak ke podcast gua
00:02:36 - 00:02:39
masalahnya duit dari podcast gua, gua taruh ke yang lain
00:02:39 - 00:02:41
yaitu kehidupan di New York City
00:02:41 - 00:02:45
jadi gua ga tau nih, mungkin gua akan beli
00:02:45 - 00:02:51
jadi harap bersabar, moga-moga itu bikin secara audio suaranya jauh lebih baik ya
00:02:51 - 00:02:55
tapi gua ngumumin aja karena ini mulai Juni, sementara sekarang kan udah bulan Mei
00:02:55 - 00:02:57
oke, kita geser
00:02:57 - 00:03:01
dari opening lu udah tau, kita akan ngomongin soal
00:03:01 - 00:03:05
sesuatu yang sebenernya viral di dunia kerja
00:03:05 - 00:03:09
cuman ga cocok untuk masuk WLT sih harus diakuin
00:03:09 - 00:03:11
ga cocok masuk Work Life Trampoline
00:03:11 - 00:03:14
walaupun kalo misalnya gua bahas di Work Life Trampoline bisa jadi viral tuh
00:03:14 - 00:03:17
nah dari 30 besar naik lagi mungkin ke belasan
00:03:17 - 00:03:19
atau 20 besar lah setidaknya
00:03:19 - 00:03:23
jadi ada
00:03:23 - 00:03:28
di LinkedIn ada akun Desi Fitria namanya, dia adalah HR
00:03:28 - 00:03:34
kemudian dia bilang, semoga semua temen-temen LinkedIn dapat berhati-hati dengan jebakan HR seperti ini
00:03:34 - 00:03:40
padahal profil LinkedInnya sudah coach dan review CV-CV kandidat
00:03:40 - 00:03:41
sangat disayangkan
00:03:41 - 00:03:45
lalu dia ngasih liat sejumlah screen capture dari WhatsApp
00:03:45 - 00:03:51
screen capture-nya adalah, ini saya tes meminta foto sekretaris yang lama
00:03:51 - 00:03:53
dan dikirim foto ini
00:03:53 - 00:04:00
maksudnya apa ya?
00:04:00 - 00:04:03
bentar ya gua coba urutannya yang mana ya
00:04:03 - 00:04:07
pokoknya intinya gini sih, intinya ada orang HR
00:04:07 - 00:04:10
lagi mau wawancara pelamar kerja
00:04:10 - 00:04:15
pelamar kerjanya kebetulan cantik dan minta foto-foto tidak senonoh, itu poinnya
00:04:15 - 00:04:18
nah gua baca teksnya aja ya
00:04:18 - 00:04:22
dan ini tidak ditutup lagi nomor WhatsAppnya
00:04:22 - 00:04:26
si cowoknya bilang gini, bu jadi mau coba ikut seleksinya kah?
00:04:26 - 00:04:28
ibu kan juga cantik tadi saya lihat
00:04:28 - 00:04:30
kalau ukuran dada ibu berapa ya?
00:04:30 - 00:04:32
karena yang sebelumnya kecil-kecil sih bu
00:04:32 - 00:04:35
respon perempuannya, waduh gitu kan
00:04:35 - 00:04:37
terus dibalas lagi nih
00:04:37 - 00:04:39
karena sulit juga cari yang sama bu
00:04:39 - 00:04:42
cuma kriteria seksi ini agak sulit carinya bu
00:04:42 - 00:04:45
sebelumnya ada beberapa saya ajukan, bapak itu tidak cocok
00:04:45 - 00:04:47
saya yang kena marah bu
00:04:47 - 00:04:48
gitu
00:04:48 - 00:04:51
jadi si orang HR ini
00:04:51 - 00:04:53
buang badannya, ngakunya
00:04:53 - 00:04:55
ini request dari user, dari bosnya
00:04:55 - 00:04:58
bosnya pengen sekretaris yang toketnya gede
00:04:58 - 00:05:01
itu dia sampaikan ke si cewek ini
00:05:01 - 00:05:05
makanya cewek ini nanya ukuran dadanya berapa
00:05:05 - 00:05:07
terus cowoknya bilang lagi
00:05:07 - 00:05:09
sekretaris yang lama kan sangat seksi bu
00:05:09 - 00:05:11
kalau bisa sama atau lebih
00:05:11 - 00:05:14
ceweknya bilang, baik berarti belum sesuai ya pak
00:05:14 - 00:05:16
dia udah mau mundur baik-baik nih
00:05:16 - 00:05:20
si orang HRnya bilang
00:05:20 - 00:05:22
hampir sesuai bu, bangsat
00:05:22 - 00:05:24
maaf tanya agak sensitif ya
00:05:24 - 00:05:26
itu dada ibu gede asli
00:05:26 - 00:05:29
info aja bu, sekretaris yang lama gede bu
00:05:29 - 00:05:30
anjing apaan sih
00:05:30 - 00:05:33
ceweknya, ibunya bilang, si perempuannya bilang
00:05:33 - 00:05:35
pak maaf saya tidak bersedia lanjut ya pak
00:05:35 - 00:05:37
karena sudah hal sensitif, he he
00:05:37 - 00:05:39
masih ada he he nya loh, si perempuan baik banget
00:05:39 - 00:05:41
terima kasih pak atas lowongannya
00:05:41 - 00:05:43
dibalas lagi
00:05:43 - 00:05:47
kenapa bu gaji yang disensor ya
00:05:47 - 00:05:49
cukup menarik
00:05:49 - 00:05:52
antara sekian sampai sekian disensor
00:05:52 - 00:05:55
saya pun cukup pusing carikan penggantinya
00:05:55 - 00:05:58
nothing less nih
00:05:58 - 00:06:00
jujur aja bu
00:06:00 - 00:06:02
sekalian jadi sekretaris itu
00:06:02 - 00:06:05
sekalian jadi sekretaris itu harus jujur
00:06:05 - 00:06:07
jujur aja bu
00:06:07 - 00:06:09
sekalian jadi sekretaris itu harus jujur
00:06:09 - 00:06:11
mungkin sekalian ya
00:06:11 - 00:06:15
mungkin ya
00:06:15 - 00:06:18
yang ngeskin capture
00:06:18 - 00:06:19
si mbaknya
00:06:19 - 00:06:21
bilang disuruh jujur pakai bra ukuran berapa
00:06:21 - 00:06:23
karena dia melihat profil LinkedIn aku
00:06:23 - 00:06:25
terus dibalas sama si perempuannya
00:06:25 - 00:06:26
gak harus hal pribadi ya pak
00:06:26 - 00:06:29
sekretaris profesional bisa jujur untuk urusan pekerjaan
00:06:29 - 00:06:31
namun untuk hal pribadi
00:06:31 - 00:06:33
kayaknya sensitif deh pak, maaf
00:06:33 - 00:06:36
terus dibalas lagi sama si orang HR nih
00:06:36 - 00:06:37
baik gak apa bu
00:06:37 - 00:06:39
kalau saya lihat foto ibu pakai bra aja
00:06:39 - 00:06:40
boleh gak
00:06:40 - 00:06:42
masih nyoba nih
00:06:42 - 00:06:44
kandidat yang satu lagi juga saya minta
00:06:44 - 00:06:46
biar bisa saya nilai dan bandingkan
00:06:46 - 00:06:48
dia ngomong kayak gini untuk ngasih tekanan
00:06:48 - 00:06:50
mbak yang itu aja mau
00:06:50 - 00:06:51
masa lu gak gitu
00:06:51 - 00:06:54
mbak itu aja ngerasa itu wajar dan normal
00:06:54 - 00:06:55
masa lu ngerasa itu aneh gitu
00:06:55 - 00:06:57
dia pengen ngasih peer pressure
00:06:57 - 00:06:59
dibalas lagi sama si mbaknya
00:06:59 - 00:07:00
gak bisa pak
00:07:00 - 00:07:02
ditanya lagi sama si anjing nih
00:07:02 - 00:07:03
malu ya bu
00:07:03 - 00:07:05
kalau kandidat satu bisa
00:07:05 - 00:07:06
ibu gimana
00:07:06 - 00:07:07
atau ibu gak nyaman ya
00:07:07 - 00:07:08
sekali lagi tuh dia ngekentuh
00:07:08 - 00:07:10
yang itu aja bisa
00:07:10 - 00:07:12
kalau itu bisa, lu bisa gak gitu
00:07:12 - 00:07:13
dibalas lagi sama si mbaknya
00:07:13 - 00:07:15
saya gak bisa pak
00:07:15 - 00:07:16
ditanya lagi sama si anjing
00:07:16 - 00:07:17
alesannya
00:07:17 - 00:07:19
lu gila kali
00:07:20 - 00:07:22
udah gila kali
00:07:22 - 00:07:24
lu nyuruh ngirim foto perempuan
00:07:24 - 00:07:26
cuma pakai bra
00:07:26 - 00:07:28
udah gila kali
00:07:29 - 00:07:31
masih ditanya alesannya
00:07:32 - 00:07:35
goblok
00:07:35 - 00:07:36
emang orang kalau lagi ngaceng
00:07:36 - 00:07:38
darahnya turun ke
00:07:38 - 00:07:40
*** kayaknya ya
00:07:41 - 00:07:44
jadi kagak ada yang muter kepala gitu
00:07:45 - 00:07:47
otaki biru kayaknya
00:07:47 - 00:07:49
anjing
00:07:49 - 00:07:50
dibalas sama si mbaknya
00:07:50 - 00:07:51
yang satu aja diproses ya
00:07:51 - 00:07:53
terima kasih pak Roby atas waktunya
00:07:53 - 00:07:54
wow namanya keluar
00:07:54 - 00:07:56
pak Roby atas waktunya
00:07:56 - 00:07:57
artinya si mbaknya bilang
00:07:57 - 00:07:59
yaudah kalau emang dia mau dan dia bisa
00:07:59 - 00:08:01
yaudah dia aja gue gak usah gitu
00:08:01 - 00:08:03
dibalas
00:08:05 - 00:08:07
dibalasnya sama si pak Roby
00:08:07 - 00:08:09
kok gitu bu?
00:08:11 - 00:08:13
oh my god
00:08:13 - 00:08:14
pengen
00:08:14 - 00:08:16
jadi pengen liat mukanya
00:08:16 - 00:08:18
pengen liat si anjing mukanya kayak gimana
00:08:18 - 00:08:20
si anjing bangset banget
00:08:20 - 00:08:21
dibalas lagi
00:08:21 - 00:08:22
gitu gimana pak
00:08:22 - 00:08:24
sama si mbak
00:08:24 - 00:08:25
masih sopan lu udah gila kali ini
00:08:25 - 00:08:27
mbaknya nih
00:08:27 - 00:08:29
dibalas sama si masnya
00:08:29 - 00:08:30
pak Roby
00:08:30 - 00:08:32
ya saya udah panjang proses bu
00:08:32 - 00:08:34
dan saya udah bilang ada dua kandidat
00:08:34 - 00:08:36
kenapa ibu tiba-tiba mundur aja gitu
00:08:36 - 00:08:38
coba kita sama-sama diskusi lagi dulu bu
00:08:38 - 00:08:40
kalau gak minat dari awal kan bisa bilang bu
00:08:42 - 00:08:44
terus itu 13.07
00:08:44 - 00:08:46
setelah berapa menit ngeri bales
00:08:46 - 00:08:47
dia ngetext lagi
00:08:47 - 00:08:48
ngetext lagi
00:08:48 - 00:08:49
bales WA
00:08:49 - 00:08:50
anjing
00:08:50 - 00:08:51
anjing
00:08:51 - 00:08:53
bahasanya nih
00:08:53 - 00:08:55
ini orang nyamar apa gimana sih nih
00:08:55 - 00:08:57
terus
00:08:57 - 00:08:59
si mbaknya
00:08:59 - 00:09:01
yang nge-screen capture
00:09:01 - 00:09:03
bilang dia dipaksa sampe diancam
00:09:03 - 00:09:05
di DM Linkedin
00:09:05 - 00:09:07
jadi pindah nih
00:09:07 - 00:09:09
setelah Whatsapp
00:09:09 - 00:09:11
orangnya nge-DM via Linkedin
00:09:11 - 00:09:13
ditanya lagi
00:09:13 - 00:09:15
bu jadi kita seleksi
00:09:15 - 00:09:17
bu kok gitu sih gak suka saya caranya
00:09:17 - 00:09:19
anjing
00:09:19 - 00:09:21
mbaknya yang ternyata namanya Desi Fitri
00:09:21 - 00:09:23
terus disini
00:09:23 - 00:09:25
saya tidak lanjut seleksi pak maaf
00:09:25 - 00:09:27
ditanya lagi akunnya aja
00:09:27 - 00:09:29
judulnya Linkedin member
00:09:29 - 00:09:31
iya tiba-tiba gak jadi, kalau gak jadi kan bisa bilang dari awal
00:09:31 - 00:09:33
ya kan gak dari awal lu bilang
00:09:33 - 00:09:35
pengen liat foto tete bangsat
00:09:35 - 00:09:37
terus Desi Fitri nya bilang
00:09:37 - 00:09:39
karena ada hal yang membuat saya tidak jadi pak
00:09:39 - 00:09:41
bukankah itu wajar pak
00:09:41 - 00:09:43
terlebih disuruh kirim foto menggunakan bra
00:09:43 - 00:09:45
jujur saya gak bisa pak
00:09:45 - 00:09:47
ini mau seleksi kerja atau mau bagaimana pak
00:09:47 - 00:09:49
masih sopan anjing
00:09:49 - 00:09:51
saya hanya memastikan aja bu
00:09:51 - 00:09:53
dibalas lagi sama si mbak Desi
00:09:53 - 00:09:55
baik pak gak apa-apa, saya mohon maaf ya pak
00:09:55 - 00:09:57
gila baik banget nih perempuan
00:09:57 - 00:09:59
yang lain juga seperti itu bu, bukan bu saja
00:09:59 - 00:10:01
janji fotonya gak saya save kok bu
00:10:01 - 00:10:03
lah anjing, tau dari mana lu bener
00:10:05 - 00:10:07
terus dibilang sama si mbak Desi
00:10:07 - 00:10:09
saya tidak melanjutkan proses lagi ya pak
00:10:09 - 00:10:11
terus dia bilang, jadi ini si mbaknya
00:10:11 - 00:10:13
ngasih teks di atas screen captionnya
00:10:13 - 00:10:15
bilang ingin blacklist ke sumo HR
00:10:15 - 00:10:17
karena gak mau kirim foto pakai bra
00:10:17 - 00:10:19
si pak Robinnya bilang
00:10:19 - 00:10:21
saya bisa lapor bu ke sumo HR
00:10:21 - 00:10:23
kalau nama ibu kena blacklist
00:10:23 - 00:10:25
ya ampun pak, kenapa jadi pengancaman pak
00:10:25 - 00:10:27
kata si mbak Desi
00:10:27 - 00:10:29
terus cowoknya bilang, nanti bakal susah dapat kerja lagi
00:10:29 - 00:10:31
mbak Desi bilang, nanti bisa lanjut sama
00:10:31 - 00:10:33
kakak saya ya pak
00:10:33 - 00:10:35
yang dipolri, hanya karena
00:10:35 - 00:10:37
saya tidak mau mengirimkan fotonya
00:10:37 - 00:10:39
karena saya juga belum sampai tahap interview
00:10:39 - 00:10:41
dengan direktur bapak
00:10:41 - 00:10:43
terus dia bilang, iya saya udah setengah jalan
00:10:43 - 00:10:45
seleksinya bu, kalau dari awal gak minat
00:10:45 - 00:10:47
tadi kan ibu saya gak lanjutin
00:10:47 - 00:10:49
terus mbak Desi bilang
00:10:49 - 00:10:51
nanti saya bantu ke tim legal ya mas
00:10:51 - 00:10:53
apabila, tapi kepotong
00:10:53 - 00:10:55
anjing
00:10:55 - 00:10:57
anjing ngeri banget bang Seth
00:10:57 - 00:10:59
anjing
00:10:59 - 00:11:01
ngeri ngeri ngeri ngeri
00:11:03 - 00:11:05
wow
00:11:09 - 00:11:11
untung yang gue minum kopi
00:11:11 - 00:11:13
ini bukan alkohol
00:11:13 - 00:11:15
kalau enggak udah merepet
00:11:15 - 00:11:17
gak jelas gue
00:11:19 - 00:11:21
gue mau
00:11:21 - 00:11:23
bersimpati kepada semua perempuan
00:11:25 - 00:11:27
yang harus
00:11:27 - 00:11:29
melewati hal-hal seperti ini
00:11:29 - 00:11:31
pasti sering terjadi
00:11:31 - 00:11:33
dan pasti ada aja orang-orang
00:11:33 - 00:11:35
tolol di kolom komentar yang bilang, salah sendiri
00:11:35 - 00:11:37
bajunya seksi
00:11:37 - 00:11:39
anjing
00:11:39 - 00:11:41
gue tuh pernah bikin
00:11:41 - 00:11:43
matris stand up loh
00:11:43 - 00:11:45
tentang pemerkosaan
00:11:45 - 00:11:47
tapi target dari joke-nya
00:11:47 - 00:11:49
alias objek tertawaannya
00:11:49 - 00:11:51
komedo menunya, itu bukan
00:11:51 - 00:11:53
korban
00:11:53 - 00:11:55
pemerkosaan
00:11:55 - 00:11:57
objek tertawaannya adalah cowok-cowok yang berpikir
00:11:57 - 00:11:59
pemerkosaan itu terjadi karena baju
00:11:59 - 00:12:01
pemerkosaan terjadi
00:12:01 - 00:12:03
bukan karena baju
00:12:03 - 00:12:05
kenapa?
00:12:05 - 00:12:07
karena
00:12:07 - 00:12:09
di data statistik yang tentu
00:12:09 - 00:12:11
tidak dipercaya sama semua pria-pria incel
00:12:11 - 00:12:13
dan pria-pria pecundang dan pria-pria tolol
00:12:13 - 00:12:15
data statistiknya bilang
00:12:17 - 00:12:19
hampir semua pemerkosaan terjadi kepada
00:12:19 - 00:12:21
perempuan berpakaian tertutup, makanya di beat itu
00:12:21 - 00:12:23
gue bilang ada yang pakai hijab
00:12:23 - 00:12:25
pakai hijab masih diperkosa
00:12:25 - 00:12:27
itu kan artinya bukan karena
00:12:27 - 00:12:29
baju
00:12:29 - 00:12:31
terus di
00:12:31 - 00:12:33
gak tau ada orang tolol lain
00:12:33 - 00:12:35
yang berpikir gue, oh jadi maksudnya panji
00:12:35 - 00:12:37
perempuan gak usah pakai hijab
00:12:37 - 00:12:39
tolol, siapa yang ngomong gitu
00:12:39 - 00:12:41
bangset
00:12:41 - 00:12:43
siapa yang ngomong gitu
00:12:43 - 00:12:45
gue bilang perempuan
00:12:45 - 00:12:47
pakai hijab aja diperkosa
00:12:47 - 00:12:49
berarti pemerkosaannya bukan karena
00:12:49 - 00:12:51
pakaian yang terbuka, gak ada yang bilang
00:12:51 - 00:12:53
perempuan jangan pakai hijab, goblok
00:12:53 - 00:12:55
goblok banget nih
00:12:55 - 00:12:57
anjing
00:12:57 - 00:12:59
kalau perempuan
00:12:59 - 00:13:01
pakai hijab aja, perempuan pakai yang tertutup
00:13:01 - 00:13:03
anak sekolah yang pakai seragam
00:13:03 - 00:13:05
lengkap
00:13:05 - 00:13:07
aja diperkosa, berarti kan bukan karena
00:13:07 - 00:13:09
baju
00:13:09 - 00:13:11
tapi karena emang cowoknya
00:13:11 - 00:13:13
bangset
00:13:13 - 00:13:15
jadi daripada kita
00:13:15 - 00:13:17
ngatur pakaian perempuan, mending kita
00:13:17 - 00:13:19
bilang sama laki-laki
00:13:19 - 00:13:21
atur *** lu, atur titit lu
00:13:21 - 00:13:23
tititnya mesti diatur
00:13:23 - 00:13:25
lah gue
00:13:25 - 00:13:27
di jog gue itu
00:13:27 - 00:13:29
gue bilang bahwa
00:13:29 - 00:13:31
ini tuh masalah wawasan juga ya
00:13:31 - 00:13:33
mungkin
00:13:33 - 00:13:35
karena gue sih terbiasa ngeliat perempuan seksi
00:13:35 - 00:13:37
gue gak ngeliat perempuan pakai bikini
00:13:37 - 00:13:39
terus tiba-tiba pengen coli, enggak
00:13:39 - 00:13:41
udah biasa, titit gue mah terlatih
00:13:43 - 00:13:45
bahkan kalau ada perempuan
00:13:45 - 00:13:47
tiba-tiba telanjang di depan gue juga
00:13:47 - 00:13:49
gak gue berkosa
00:13:49 - 00:13:51
karena ngapain ada perempuan tiba-tiba
00:13:51 - 00:13:53
telanjang, mungkin gangguan mental
00:13:53 - 00:13:55
kita mesti beri dia pakaian, tutup pakaiannya
00:13:55 - 00:13:57
eh tutup badannya
00:13:57 - 00:13:59
tapi yang kayak gini-gini nih
00:13:59 - 00:14:01
cara-cara pikir gue ini
00:14:01 - 00:14:03
pasti karena baju perempuan, lah
00:14:03 - 00:14:05
gimana sih, gue seumur hidup ngeliat perempuan
00:14:05 - 00:14:07
berbaju seksi, gue gak
00:14:07 - 00:14:09
berkosa, gue gak melakukan penolkon pelecehan seksual
00:14:09 - 00:14:11
berarti kan salahnya
00:14:11 - 00:14:13
bukan di baju
00:14:13 - 00:14:15
gue punya kemampuan untuk menahan
00:14:15 - 00:14:17
dan bahkan gak kepikiran
00:14:19 - 00:14:21
gue mengutip guru gue, yang bilang
00:14:21 - 00:14:23
dosen gue tepatnya, Pak Bram
00:14:23 - 00:14:25
yang bilang, mendingan
00:14:25 - 00:14:27
dilihat tapi gak dipikirin
00:14:27 - 00:14:29
daripada gak dilihat, tapi dipikirin terus
00:14:31 - 00:14:33
ya mending gue ngeliat
00:14:33 - 00:14:35
ada perempuan seksi
00:14:35 - 00:14:37
tapi gue gak pikirin
00:14:37 - 00:14:39
daripada orang sosong amulet-sosong amulet
00:14:39 - 00:14:41
tapi kepalanya mikirin itu mulu
00:14:43 - 00:14:45
kebayang maksud gue
00:14:45 - 00:14:47
nah
00:14:47 - 00:14:49
gue bersimpati sama perempuan-perempuan
00:14:49 - 00:14:51
yang
00:14:51 - 00:14:53
harus mengalami ini
00:14:53 - 00:14:55
karena
00:14:55 - 00:14:57
laki-laki yang gak bisa nahan diri
00:14:59 - 00:15:01
perempuan mah boleh
00:15:01 - 00:15:03
pake apapun yang membuat mereka
00:15:03 - 00:15:05
merasa percaya diri, cantik
00:15:05 - 00:15:07
dan seksi, karena itu krusial, bukan cuma untuk
00:15:07 - 00:15:09
perempuan, untuk kita juga
00:15:09 - 00:15:11
untuk kita juga
00:15:11 - 00:15:13
maksudnya kami, kami para cowok
00:15:13 - 00:15:15
juga, cowok-cowok juga
00:15:15 - 00:15:17
keluar rumah juga pake
00:15:17 - 00:15:19
apapun yang membuat kita merasa ganteng atau merasa keren
00:15:19 - 00:15:21
sama, perempuan juga kayak gitu, atau
00:15:21 - 00:15:23
sama seperti
00:15:23 - 00:15:25
perempuan, laki-laki juga ada yang udah gue pake aja
00:15:25 - 00:15:27
apa yang gue punya, terus gue keluar
00:15:27 - 00:15:29
itu pun bukan berarti gak jadi korban
00:15:29 - 00:15:31
pelecehan kan, laki ataupun perempuan
00:15:33 - 00:15:35
yang kedua
00:15:37 - 00:15:39
gue mau
00:15:41 - 00:15:43
mengapresiasi si mbak Desi tadi ya
00:15:43 - 00:15:45
gue gak tau kenapa mbak Desi
00:15:45 - 00:15:47
sesopan itu, bisa jadi karena
00:15:47 - 00:15:49
mbak Desi kenal orang ini, orang ini punya reputasi
00:15:49 - 00:15:51
makanya berhati-hati
00:15:51 - 00:15:53
tenang banget
00:15:53 - 00:15:55
tenang banget
00:15:55 - 00:15:57
gak menggunakan kata kasar
00:15:57 - 00:15:59
masih he-he, masih minta maaf
00:15:59 - 00:16:01
yang kadang
00:16:01 - 00:16:03
suka disalah artikan sama orang
00:16:03 - 00:16:05
gue tuh ngerti
00:16:09 - 00:16:11
disalah artikan sikapnya tuh
00:16:11 - 00:16:13
seperti apa, karena gue ngalamin juga
00:16:13 - 00:16:15
gue bahkan pernah tulis di
00:16:15 - 00:16:17
lirik lagu-lagu gue
00:16:17 - 00:16:19
jangan salah artikan senyum kami dengan
00:16:19 - 00:16:21
tertundukan, karena gue sendiri ngalamin
00:16:21 - 00:16:23
orang pikir gue ramah
00:16:23 - 00:16:25
orang ngeliat gue ramah, banyak senyum
00:16:25 - 00:16:27
dia pikir gue bisa dibohongin atau
00:16:27 - 00:16:29
gue bisa di
00:16:29 - 00:16:31
diteken gitu
00:16:31 - 00:16:33
lu jangan salah artikan
00:16:33 - 00:16:35
gue sering bercanda dengan gue bisa di
00:16:35 - 00:16:37
perlakukan semena-mena gitu
00:16:37 - 00:16:39
sama, kadang-kadang laki-laki
00:16:39 - 00:16:41
bangsat kayak yang tadi tuh ngeliat
00:16:41 - 00:16:43
perempuan tidak marah
00:16:43 - 00:16:45
dianggap berarti
00:16:45 - 00:16:47
oh dia takut nih
00:16:47 - 00:16:49
dia kan berusaha untuk diintimidasi
00:16:49 - 00:16:51
kenal nih
00:16:51 - 00:16:53
aduh ini cowok-cowok itu tadi
00:16:53 - 00:16:55
dari logika-logika
00:16:55 - 00:16:57
argumennya tuh kayak tolol banget gitu
00:16:57 - 00:16:59
kok bisa ya dia ada di posisi penting
00:16:59 - 00:17:01
tolol banget tau
00:17:05 - 00:17:07
tolol
00:17:07 - 00:17:09
dan gue
00:17:09 - 00:17:11
merasa
00:17:13 - 00:17:15
mbaknya, si mbak Desi itu
00:17:15 - 00:17:17
bijak dengan screen capture, gapapa
00:17:17 - 00:17:19
screen capture
00:17:19 - 00:17:21
gue juga ga ngerti kenapa cowok-cowok masih
00:17:21 - 00:17:23
berani kayak gitu-gitu disaat
00:17:23 - 00:17:25
gampang banget
00:17:25 - 00:17:27
untuk nangkep bukti dari omongan lu
00:17:29 - 00:17:31
hanya karena lu lagi ngomong one-on-one
00:17:31 - 00:17:33
bukan berarti
00:17:33 - 00:17:35
kemudian lu bisa ngomong semaunya dan sebisanya
00:17:35 - 00:17:37
gampang banget nyebarin
00:17:37 - 00:17:39
makanya gue selalu bilang
00:17:39 - 00:17:41
kita tuh
00:17:41 - 00:17:43
harus terbiasa, suka ataupun
00:17:43 - 00:17:45
juga
00:17:45 - 00:17:47
harus terbiasa
00:17:47 - 00:17:49
untuk punya integritas, yang berarti
00:17:49 - 00:17:51
apa yang lu omongin
00:17:51 - 00:17:53
dalam ruang privat
00:17:53 - 00:17:55
atau apa yang lu omongin di belakang seseorang
00:17:55 - 00:17:57
berani lu omongin di depan dia juga
00:17:59 - 00:18:01
masalahnya sosmed kan membuat kita jadi
00:18:01 - 00:18:03
mudah untuk
00:18:03 - 00:18:05
tidak punya integritas ya, kayak
00:18:07 - 00:18:09
Jesse Lingard mainnya jelek gitu dulu
00:18:09 - 00:18:11
anjing lu Lingard
00:18:11 - 00:18:13
karena kita pikir jauh kan
00:18:13 - 00:18:15
tapi kalau tiba-tiba Lingard bisa Bahasa Indonesia
00:18:15 - 00:18:17
muncul di depan lu, lu juga diem kan
00:18:19 - 00:18:21
gue selalu bilang, jangan belagak so jagoan
00:18:21 - 00:18:23
di dunia maya
00:18:23 - 00:18:25
ntar lu sial, ketemu jagoan
00:18:25 - 00:18:27
beneran, malu dah lu
00:18:29 - 00:18:31
banyak contohnya, banyak kasusnya
00:18:31 - 00:18:33
yang paling lucu, yang kejadian
00:18:33 - 00:18:35
sama Fuad
00:18:35 - 00:18:37
ini masih jadi cerita favorit gue
00:18:37 - 00:18:39
dan Fuad masih gak suka
00:18:39 - 00:18:41
gue bercerita ini, tapi ini masih jadi cerita favorit gue
00:18:43 - 00:18:45
Fuad, temen gue, kaptennya BDB FC
00:18:49 - 00:18:51
di, lagi
00:18:51 - 00:18:53
tweet-tweetan sama seseorang di sosmed lah
00:18:53 - 00:18:55
di twitter
00:18:55 - 00:18:57
orang ini ngomong sembarangan, mulutnya ngaco
00:18:57 - 00:18:59
banget lah karena Fuad
00:18:59 - 00:19:01
tulisannya ngaco banget karena Fuad
00:19:01 - 00:19:03
Fuad kesel kan
00:19:03 - 00:19:05
Fuad inget nih, Fuad kayaknya
00:19:05 - 00:19:07
ngeliat foto profilnya
00:19:07 - 00:19:09
dan inget mukanya
00:19:09 - 00:19:11
malemnya abis, orang ini abis
00:19:11 - 00:19:13
nyilak-nyilak Fuad dengan semaunya
00:19:13 - 00:19:15
belagak so jagoan, karena dia pikir
00:19:15 - 00:19:17
jauh jaraknya
00:19:17 - 00:19:19
gue gak hadap-hadapan
00:19:19 - 00:19:21
minim konsekuensi
00:19:21 - 00:19:23
besoknya, Fuad keluar dari
00:19:23 - 00:19:25
stasiun MRT
00:19:25 - 00:19:27
ngelintasin
00:19:27 - 00:19:29
seorang pemuda, pas lewat
00:19:29 - 00:19:31
Fuad mikir, kayak tau tuh muka
00:19:31 - 00:19:33
pas dia dengok, anjing ini orang tadi
00:19:33 - 00:19:35
malem, disamperin
00:19:35 - 00:19:37
ditempeleng, orang blepak
00:19:37 - 00:19:39
cewek-cewek temennya si Fuad itu
00:19:39 - 00:19:41
bingung gitu, ditempeleng
00:19:41 - 00:19:43
sekarang lu pikir
00:19:43 - 00:19:45
kalau bukan karena
00:19:47 - 00:19:49
kalau bukan karena ini terjadi
00:19:49 - 00:19:51
atas kehendak Tuhan
00:19:51 - 00:19:53
kok bisa, se
00:19:53 - 00:19:55
kebetulan itu coba, malemnya
00:19:55 - 00:19:57
baru aja telan-telan di twitter
00:19:57 - 00:19:59
tiba-tiba paginya
00:19:59 - 00:20:01
Tuhan menyodorkan manusia itu di hadapan
00:20:01 - 00:20:03
Fuad, ditempeling
00:20:03 - 00:20:05
makanya jangan
00:20:05 - 00:20:07
berlagak soal jago, ketemu jagoan beneran
00:20:07 - 00:20:09
kelar dah lu
00:20:09 - 00:20:11
anjing
00:20:17 - 00:20:19
dan gampang, gampang, terlalu gampang
00:20:19 - 00:20:21
untuk
00:20:21 - 00:20:23
lu kena konsekuensi dari
00:20:23 - 00:20:25
apa yang lu utarakan
00:20:27 - 00:20:29
gue gak usah ngomongin
00:20:29 - 00:20:31
UITE deh
00:20:31 - 00:20:33
ya kejarin Fuad, ditampar langsung
00:20:35 - 00:20:37
Fuad balap pernah ngomong sama gue
00:20:37 - 00:20:39
kadang orang-orang ini emang harus di
00:20:39 - 00:20:41
harus kena batunya anji
00:20:41 - 00:20:43
jadi dia merasa gue ini tugasnya untuk
00:20:43 - 00:20:45
membuat orang-orang ini
00:20:45 - 00:20:47
kena batunya
00:20:47 - 00:20:49
tapi
00:20:49 - 00:20:51
kok berani ya, maksud gue banyak banget
00:20:51 - 00:20:53
kurang banyak apa coba
00:20:53 - 00:20:55
whatsapp-whatsapp
00:20:55 - 00:20:57
di screen capture dan di spill, kurang
00:20:57 - 00:21:01
banyak apa
00:21:01 - 00:21:03
apalagi dengan UITE
00:21:03 - 00:21:05
whatsapp
00:21:05 - 00:21:07
termasuk screen capture itu kan bisa jadi
00:21:07 - 00:21:09
bukti sah di persidangan
00:21:09 - 00:21:11
sebuah
00:21:11 - 00:21:13
poin plus dari UITE, walaupun ada
00:21:13 - 00:21:15
pasal yang ngaco
00:21:15 - 00:21:17
tapi sisanya
00:21:17 - 00:21:19
masih ada bagusnya itu
00:21:23 - 00:21:25
gak tau ya
00:21:25 - 00:21:27
penjelasannya cuman satu
00:21:27 - 00:21:29
dua
00:21:29 - 00:21:31
penjelasan pertama adalah, emang orang itu
00:21:33 - 00:21:35
kalo lagi sangen gak bisa mikir panjang
00:21:35 - 00:21:37
sangking-sangennya
00:21:37 - 00:21:39
kedua, dia pernah berhasil
00:21:39 - 00:21:41
melakukan itu
00:21:41 - 00:21:43
dan bukan cuman sekali
00:21:43 - 00:21:45
mungkin dia pernah berhasil melakukan itu
00:21:45 - 00:21:47
beberapa kali
00:21:51 - 00:21:53
yang berarti, di luar sana
00:21:53 - 00:21:55
ada juga perempuan
00:21:55 - 00:21:57
yang digituin
00:21:57 - 00:21:59
mau, walaupun terpaksa
00:21:59 - 00:22:01
ya, kayak
00:22:01 - 00:22:03
ngerasa ke vetak kompli
00:22:03 - 00:22:05
gitu, terpaksa gitu
00:22:05 - 00:22:07
karena relasi kuasa
00:22:07 - 00:22:09
atau
00:22:09 - 00:22:11
emang begitu cara dia main
00:22:11 - 00:22:13
dengan segala hormat sama perempuan-perempuan
00:22:13 - 00:22:15
tentu gak semua kayak gitu
00:22:15 - 00:22:17
tapi salah juga, kalo lu berpikir
00:22:17 - 00:22:19
gak ada perempuan yang kayak gitu
00:22:19 - 00:22:21
ada, segelintir
00:22:21 - 00:22:23
tapi ada, dan kebetulan
00:22:23 - 00:22:25
si bapak-bapak tadi tuh
00:22:25 - 00:22:27
ketemu
00:22:27 - 00:22:29
ketemu sama perempuan
00:22:29 - 00:22:31
yang memang mau memanfaatkan
00:22:33 - 00:22:35
tubuhnya untuk mendapatkan
00:22:35 - 00:22:37
pekerjaan, bisa jadi
00:22:37 - 00:22:39
bisa jadi ada, makanya dia berani
00:22:39 - 00:22:41
karena pernah ada kejadian
00:22:41 - 00:22:43
dia berhasil
00:22:45 - 00:22:47
mungkin trik yang
00:22:47 - 00:22:49
kandidat pertama mau kok gak sih?
00:22:49 - 00:22:51
mungkin trik itu berhasil
00:22:51 - 00:22:53
makanya dipakai ke si Mbak Desi
00:22:55 - 00:22:57
namun yang juga
00:22:57 - 00:22:59
lebih meresahkan lagi adalah bahwa
00:22:59 - 00:23:01
di luar sana
00:23:01 - 00:23:03
selain si
00:23:03 - 00:23:05
bapak-bapak itu, HR itu
00:23:05 - 00:23:07
ada, manusia seperti itu ada
00:23:07 - 00:23:09
yang juga meresahkan adalah
00:23:09 - 00:23:11
atasan-atasan seperti itu
00:23:11 - 00:23:13
kemungkinan juga ada
00:23:13 - 00:23:15
karena belum tentu beneran ada ya, bisa aja sih
00:23:15 - 00:23:17
Pak Roby ini cuma pura-pura doang
00:23:17 - 00:23:19
pura-pura doang
00:23:19 - 00:23:21
ini usernya pengennya kayak gitu
00:23:21 - 00:23:23
tapi gimana kalau beneran
00:23:23 - 00:23:25
emang ada user yang pengen gitu
00:23:25 - 00:23:27
dan dia ya sekalian manfaatin
00:23:29 - 00:23:31
karena kalau dia gak suka
00:23:31 - 00:23:33
dengan prinsip-prinsip dan nilai-nilai bosnya
00:23:33 - 00:23:35
ya dia akan mundur ya
00:23:35 - 00:23:37
sorry pak, saya gak mau kayak gitu, akan mundur ya
00:23:37 - 00:23:39
mungkin dia merasa diuntungkan juga
00:23:43 - 00:23:45
menurut gue ya
00:23:45 - 00:23:47
tapi gue sih gak ada, dia ngarang doang
00:23:47 - 00:23:49
tapi gue naif juga
00:23:49 - 00:23:51
kalau gue gak berpikir di luar sana ada
00:23:51 - 00:23:53
bos-bos yang nyari sekretaris seksi
00:23:53 - 00:23:55
ada, pasti ada
00:23:55 - 00:23:57
dan mungkin nyarinya yang kayak gitu
00:23:57 - 00:23:59
banyak yang nonton
00:23:59 - 00:24:01
Pornhub kayaknya
00:24:01 - 00:24:03
dan ada ini
00:24:03 - 00:24:05
ada semacam stereotip sih
00:24:05 - 00:24:07
harus gue akuin gue juga
00:24:07 - 00:24:19
menyadari itu, gue kan kuliah di Bandung
00:24:19 - 00:24:21
ini yang dengerin orang Bandung pasti ngerti
00:24:21 - 00:24:23
ini pada jaman gue ya, gue gak tau sekarang
00:24:23 - 00:24:25
pada jaman gue
00:24:25 - 00:24:27
dan stereotip itu bukan bahwa
00:24:27 - 00:24:29
anak-anak SMTB itu
00:24:29 - 00:24:31
bis pak atau bisa dipake
00:24:31 - 00:24:33
atau mau foto-foto seksi, bukan
00:24:33 - 00:24:35
bahwa sekretaris itu seksi
00:24:35 - 00:24:37
karena
00:24:37 - 00:24:39
stereotipnya anak SMTB itu cakep-cakep
00:24:39 - 00:24:41
seksi-seksi gitu
00:24:45 - 00:24:47
disitulah letak
00:24:47 - 00:24:49
keresahan para feminis, ketika
00:24:49 - 00:24:51
sebuah profesi itu dilihat
00:24:51 - 00:24:53
dengan konteks yang berbeda gitu
00:24:53 - 00:24:55
udah bukan ngeliat
00:24:55 - 00:24:57
profesinya lagi gitu
00:24:57 - 00:24:59
kenapa kok
00:24:59 - 00:25:01
kalau cowok jadi akuntan
00:25:01 - 00:25:03
orang bisa ngeliat profesi itu
00:25:03 - 00:25:05
dari sisi keprofesiannya saja
00:25:05 - 00:25:07
tapi kenapa kalau cewek yang sekretaris
00:25:07 - 00:25:09
terus orang ngeliatnya ada tendensi yang berbeda
00:25:09 - 00:25:11
ya gak ada, emang seksi saja
00:25:11 - 00:25:13
dan tentu
00:25:13 - 00:25:15
ada juga perempuan-perempuan yang kalau ngeliat laki-laki
00:25:15 - 00:25:17
telanjang, aduh rahim saya hangat, tapi itu kan
00:25:17 - 00:25:19
sama-salahnya gitu
00:25:19 - 00:25:21
artinya jangan yang
00:25:21 - 00:25:23
oh cewek juga ada yang kayak gitu
00:25:23 - 00:25:25
terus apa, karena ada cewek kayak gitu jadi lu boleh ngeliat cewek kan?
00:25:25 - 00:25:27
enggak, kalau ada cewek kayak gitu
00:25:27 - 00:25:29
ya berarti dia salah
00:25:29 - 00:25:31
pilih laku kayak gini, dilakuin sama cowok
00:25:31 - 00:25:33
ya salah juga
00:25:33 - 00:25:35
ngeri banget ya
00:25:37 - 00:25:39
ngeri banget
00:25:39 - 00:25:41
kadang kita pengen
00:25:41 - 00:25:43
bilang berarti anak-anak perempuan kita
00:25:43 - 00:25:45
mesti dibekali sama kemampuan untuk mengatasi
00:25:45 - 00:25:47
bangsat-bangsat ini, tapi pada saat
00:25:47 - 00:25:49
bersama juga kita mesti berpikir, tapi kenapa
00:25:49 - 00:25:51
ceweknya yang harus
00:25:51 - 00:25:53
jadi belajar, kenapa gak cowoknya berhenti ya pak
00:25:53 - 00:25:55
jawabannya adalah karena
00:25:55 - 00:25:57
kita tidak hidup
00:25:57 - 00:25:59
di dunia yang ideal sih, enggak sih
00:25:59 - 00:26:01
udah, pusing gue stress
00:26:01 - 00:26:03
kita tutup aja, makasih banyak
00:26:03 - 00:26:05
kita ketemu di episode berikutnya
00:26:05 - 00:26:07
kayaknya sepatu HIM500 masih ada
00:26:07 - 00:26:09
silahkan beli di aplikasi tip-tip ya
00:26:09 - 00:26:34
bye
Buka semua fitur dengan download aplikasi Noice
Kunjungi App