Noice Logo
Masuk

Santet: Ilmu Hitam Di Balik Kedengkian #1Malam4Cerita

58 Menit

Konten ini termasuknoice premium badge
Santet: Ilmu Hitam Di Balik Kedengkian #1Malam4Ceritavip badge

21 Mei 2024

25

Scary Things gak seperti biasa, kali ini kedatangan tamu, bersama dengan Bou dari Detektif Astral, akan menambahkan cerita horor agar malammu makin panjang. Part 1: Cemburu yang Mematikan Part 2: Lepas Dari Teror Part 3: Bayang-Bayang Iri Hati Part 4:  Disantet Teman Sendiri Buat yang mau ceritanya dibawain, bisa kirim cerita ke email scarythings.indo@gmail.com

Komentar
Lihat Semua (25)








Lihat episode lain
Transkrip
00:00:00 - 00:00:10
Moebi, malam ini kita cerita gak cuma bertiga doang, tapi kita juga bareng sama Bow dari Detektif Astral.
00:00:10 - 00:00:12
Halo semuanya, salam kenal ya.
00:00:12 - 00:00:20
Salam kenal Bow, gue sebenernya juga sedikit penasaran ya, mungkin banyak juga orang yang belum tau, sebenernya Detektif Astral tuh apa ya?
00:00:20 - 00:00:23
Kayak gue ini content creator horror gitu sih bro, sama kayak kalian lah.
00:00:23 - 00:00:31
Tapi Bow, sebagai content creator horror, lo sendiri pernah gak sih ngalamin kejadian-kejadian horror gitu?
00:00:31 - 00:00:36
So far sih gue yang bukan indigo, gue ngerasain itu sih.
00:00:36 - 00:00:38
Kayak gimana tuh contohnya?
00:00:38 - 00:00:47
Gue sejauh-jauh sih, gue sendiri aja gue ngerasain pernah disantet sama temen content creator gue sendiri.
00:00:47 - 00:00:53
Anjir, lo pernah disantet sama temen content creator lo?
00:00:53 - 00:01:22
Jadi gini Moebi Bow, cerita ini tuh dari kaskus, akunnya tuh namanya Rukoyah Alatas.
00:01:22 - 00:01:28
Jadi sekitar tahun 2017, ada perempuan kita sebut aja namanya tuh Vina.
00:01:28 - 00:01:33
Vina ini tuh tipenya pendiem, pinter, dan seorang wanita karir.
00:01:33 - 00:01:39
Nah di umurnya yang udah 25 tahun, keluarganya tuh ngedesak si Vina buat nyari cowok.
00:01:39 - 00:01:45
Terus karena si Vina juga belum kepikiran buat pacaran, jadi dia tuh suka keluar rumah pake alasan nyari ide.
00:01:45 - 00:01:48
Karena kebetulan hobinya dia tuh ngelukis.
00:01:48 - 00:01:58
Vina kerja di salah satu bank BUMN di Jakarta, dan di kantornya tuh banyak banget cowok-cowok yang naksir sampe minta kenalan sama Vina.
00:01:58 - 00:02:04
Sampe singkat cerita, sebulan kemudian, ada cowok orangnya baik, religius banget,
00:02:04 - 00:02:10
yang sampe bikin Vina ini tuh tertarik sama dia, sampe dibawa ke rumahnya tuh buat main di rumah Vina.
00:02:10 - 00:02:16
Tapi ada yang aneh nih di dalam dirinya Vina, secara drastis banget.
00:02:16 - 00:02:20
Vina tuh mulai yang biasanya rajin sholat, sekarang jadi bolong-bolong.
00:02:20 - 00:02:29
Terus di rumah bawaannya tuh marah-marah mulu, dan pernah juga tuh dia tuh bilang kalo dia tuh pernah mimpi, tapi mimpinya tuh jin.
00:02:29 - 00:02:34
Akhirnya karena keluarga si Vina ngerasa dia berubah banget, jadi mereka ngadain pengajian.
00:02:34 - 00:02:39
Nah malemnya, pas pengajiannya mulai, Vina tuh malah ngurung diri di kamar.
00:02:39 - 00:02:45
Tapi karena kamar Vina di lantai atas, jadi disangka sama keluarganya tuh dia lagi pergi.
00:02:45 - 00:02:51
Karena si keluarganya Vina juga udah nyoba manggil-manggil, sampe ngetok-ngetok tapi dia gak nyaut sama sekali.
00:02:51 - 00:02:59
Terus besokannya, karena Vina juga gak muncul-muncul, akhirnya bapaknya nyoba ngecek masuk ke kamarnya lewat kunci cadangan.
00:02:59 - 00:03:04
Pas masuk kamarnya, si bapaknya nih kaget banget sambil nyebut-nyebut doa gitu.
00:03:04 - 00:03:09
Ternyata si Vina tuh ada di kamar, tapi bener-bener kayak orang gila gitu.
00:03:09 - 00:03:15
Rambutnya berantakan, satu kamarnya berantakan, bahkan sampe pipisnya juga berantakan di lantai.
00:03:15 - 00:03:16
Waduh.
00:03:17 - 00:03:22
Dan Vina tuh disitu melotot, ketawa, nangis, gitu-gitu terus.
00:03:22 - 00:03:23
Anjir kayak kesurupan.
00:03:23 - 00:03:24
Iya.
00:03:25 - 00:03:30
Nah ngeliat kejadian itu, akhirnya si ibunya Vina nih nyuruh adeknya buat ngecek HP-nya si Vina.
00:03:30 - 00:03:33
Dan pas dicek sama adeknya, gak ada apa-apa.
00:03:33 - 00:03:37
Udah dibuka juga tuh semua catnya, gak ada apa-apa yang mencerigakan juga.
00:03:37 - 00:03:43
Nah karena panik, akhirnya si ibunya nih manggil ustad yang kebetulan juga tetanggaan lah sama mereka
00:03:43 - 00:03:45
buat ngebantuin nyadarin si Vina.
00:03:46 - 00:03:49
Gak lama, ustadnya datang sama istrinya.
00:03:49 - 00:03:51
Kita panggil aja Umi.
00:03:51 - 00:03:56
Mereka kayak ngajak berdiri Vina, dan si Umi ini tuh ngasih minuman ke Vina.
00:03:56 - 00:03:59
Disitu Vina langsung minum dan tiba-tiba dia tuh muntah.
00:04:00 - 00:04:03
Terus si ustadnya itu teriak ke mukanya Vina.
00:04:03 - 00:04:06
Kenapa muntah? Ini air biasa. Jawab.
00:04:06 - 00:04:08
Nah si Vina jawab tuh disitu.
00:04:08 - 00:04:12
Sialan kamu, mau ngusir saya. Saya bunuh kamu nanti.
00:04:13 - 00:04:17
Disitu tuh karena situasinya tegang banget, ibunya Vina langsung baca-baca doa lah.
00:04:17 - 00:04:20
Dan si Umi tuh juga kayak komat-kamit gitu mulutnya.
00:04:21 - 00:04:24
Nah lanjut tuh si ustad ngomong lagi.
00:04:24 - 00:04:27
Coba aja bunuh saya, siapa yang kirim kamu?
00:04:27 - 00:04:30
Mau kamu yang dibunuh atau tuan kamu yang saya bunuh?
00:04:30 - 00:04:32
Terus dijawab tuh sama si Vina.
00:04:32 - 00:04:35
Kasianin saya, saya cuma disuruh.
00:04:35 - 00:04:37
Si ustadnya terus ngomong.
00:04:37 - 00:04:40
Asal kamu dari mana? Siapa yang kirim?
00:04:40 - 00:04:42
Terus si Vina tuh ngejerit, dia bilang.
00:04:42 - 00:04:46
Ini orang sialan, bikin tuan saya gagal terus harus dibunuh.
00:04:47 - 00:04:50
Kadang si Vina tuh sampe ngomong bahasa Sunda juga.
00:04:50 - 00:04:54
Terus tiba-tiba juga si Vina tuh nari-nari jaipong.
00:04:54 - 00:04:56
Padahal dia tuh gak bisa nari sebelumnya.
00:04:57 - 00:05:00
Akhirnya ustad sama si Umi bacain doa lah.
00:05:00 - 00:05:03
Dan reaksi Vina bener-bener ngejerit dan langsung pingsan tuh.
00:05:03 - 00:05:07
Ngeliat itu orang tuanya Vina tuh langsung ngebawa Vina ke rumah sakit.
00:05:07 - 00:05:10
Semalaman di rumah sakit, si Vina langsung sadar.
00:05:10 - 00:05:13
Walaupun mukanya tuh masih keliatan shock banget.
00:05:13 - 00:05:16
Vina langsung sehat dan akhirnya dibawa pulang.
00:05:17 - 00:05:21
Nah sehabis maghrib, bapaknya tuh akhirnya bikin acara pengajian lagi di rumah.
00:05:21 - 00:05:23
Tetangga-tetangganya banyak yang pada dateng.
00:05:24 - 00:05:28
Dan pas azan isya, tiba-tiba si Vina tuh teriak-teriak dan muntah.
00:05:28 - 00:05:31
Muntahnya tuh muntah darah, muih, bi, bo.
00:05:31 - 00:05:34
Dan pas diliat ada paku sama peniti.
00:05:36 - 00:05:38
Vina langsung gak sadar tuh disitu.
00:05:38 - 00:05:41
Orang-orang juga pas banget berhenti ngaji karena lagi azan kan.
00:05:41 - 00:05:44
Nah ada ibu-ibu tetangga yang dateng.
00:05:44 - 00:05:48
Terus langsung ngusulin buat bawa si Vina tuh ke Kiai di daerah Bogor Perbatasan.
00:05:49 - 00:05:51
Pokoknya yang ada sungai Cisadanenya.
00:05:52 - 00:05:56
Akhirnya setelah pengajian selesai, Vina langsung dibawa.
00:05:56 - 00:05:58
Karena ustad yang kemarin tuh nyerah katanya.
00:05:58 - 00:06:02
Karena si jinnya ini tuh kuat dan asalnya tuh dari Gunung Salak.
00:06:03 - 00:06:07
Nah karena keperbatasan itu agak jauh, ada 6 orang tuh di mobil.
00:06:07 - 00:06:10
Adanya duduk di belakang sama ibu-ibu tetangga.
00:06:10 - 00:06:13
Di depan Pak RT sama bapaknya Vina yang nyetir.
00:06:14 - 00:06:17
Mereka semua gak berhenti selawatan di mobil itu.
00:06:17 - 00:06:19
Vina bener-bener jadi kayak orang gila banget.
00:06:19 - 00:06:22
Dan ibunya tuh sampai dicakar gitu loh sama si Vina.
00:06:22 - 00:06:23
Wah gila.
00:06:23 - 00:06:26
Sampai-sampai si Vina tangannya tuh diikat pake pasmina.
00:06:26 - 00:06:30
Singkat cerita setelah perjalanan jauh, akhirnya nyampe lah di rumah Kiai.
00:06:31 - 00:06:33
Si Kiai langsung nyuruh mereka masuk.
00:06:33 - 00:06:36
Dan Vina langsung disuruh minum air putih buatan si Nyai.
00:06:36 - 00:06:38
Nyai itu tuh istrinya si Kiai.
00:06:39 - 00:06:41
Vina udah gak berontak sama sekali.
00:06:41 - 00:06:44
Kiai ngusep matanya Vina dan baca-baca doa gitu.
00:06:44 - 00:06:46
Si Vina disitu langsung nangis tuh.
00:06:46 - 00:06:49
Dia masukin jarinya dia ke tenggorokan.
00:06:49 - 00:06:52
Dan yang keluar tuh kain kafan kotor gitu.
00:06:52 - 00:06:53
Wah gila.
00:06:53 - 00:06:55
Terus Kiai megang jendela Vina.
00:06:55 - 00:06:59
Tiba-tiba dari kupingnya Vina keluar kelabang kecil dua ekor.
00:07:00 - 00:07:04
Dan yang terakhir si Kiai ini tuh ngurut kepalanya Vina.
00:07:04 - 00:07:09
Si Vina tuh ngejerit dan tiba-tiba keluar bau busuk banget jari mayat.
00:07:09 - 00:07:11
Aduh jari mayat?
00:07:11 - 00:07:12
Iya Bi.
00:07:12 - 00:07:13
Wah gila.
00:07:14 - 00:07:18
Disitu Vina gak berhenti muntah darah dan akhirnya si Kiai nya tuh ngejelasin.
00:07:18 - 00:07:22
Dia tuh bilang kalo ini anak tuh kasihan ada yang sirik.
00:07:22 - 00:07:25
Ternyata temennya Vina, cewek.
00:07:25 - 00:07:29
Nah temennya Vina ini emang katanya bapaknya tuh bisa ngobatin orang.
00:07:29 - 00:07:35
Dan katanya si cewek ini tuh suka banget sama si cowok religius temennya Vina itu yang lagi deket.
00:07:35 - 00:07:39
Nah sayangnya si cowok ini tuh nolak cewek itu.
00:07:39 - 00:07:42
Akhirnya yang jadi sasarannya si Vina ini.
00:07:42 - 00:07:47
Si Vina juga ngebenerin tuh selama sebulan itu cewek tuh gak masuk-masuk.
00:07:47 - 00:07:51
Dan jin yang disuruh tuh jin yang kuat tapi jin cewek gitu.
00:07:51 - 00:07:55
Dan itu tujuannya adalah bikin si Vina jadi gila.
00:07:55 - 00:07:58
Tapi gak sampe situ aja mui bi bu.
00:07:58 - 00:08:04
Vina dikasih air 2 botol dan disuruh mandi pake air itu katanya air Rukia.
00:08:04 - 00:08:10
Nah alhamdulillahnya setelah dari Kiai itu Vina bener-bener sembuh dan hubungan sama cowok religius juga makin baik tuh.
00:08:10 - 00:08:12
Kayak udah jadi pacaran nih sekarang.
00:08:12 - 00:08:17
Tapi ternyata sebulan kemudian Vina tuh dapet kiriman.
00:08:17 - 00:08:20
Bukan hadiah tapi penyakit.
00:08:20 - 00:08:23
Vina ngaku sakit di bagian buah perut.
00:08:23 - 00:08:26
Akhirnya Vina izin gak masuk kerja dan berbat ke klinik.
00:08:26 - 00:08:29
Klinik tuh ngasih kesimpulan kalo Vina tuh disuruh cek lab dulu.
00:08:29 - 00:08:33
Akhirnya setelah hasilnya keluar katanya tuh gak terjadi apa-apa.
00:08:33 - 00:08:36
Vina tuh biasanya mulai sakit pas mau maghrib.
00:08:36 - 00:08:40
Nah bapak sama ibunya disitu udah ngeduga kalo ada yang gak beres.
00:08:40 - 00:08:44
Terus bapak yang ceritalah ke ibunya pas abis solat subuh.
00:08:44 - 00:08:48
Bu kayaknya di garasi tuh ada benda jatuh deh tadi malem nanti dicek ah.
00:08:48 - 00:08:53
Ibunya katanya gak denger juga tuh ada yang getok-getokin tembok kamarnya.
00:08:53 - 00:08:59
Nah sekitar jam 8 pagi istrinya si ustad, si Umi itu dateng bawa bungkusan hitam.
00:08:59 - 00:09:03
Dan pas ngejelasin di taras depan rumah si Umi tuh cerita.
00:09:03 - 00:09:10
Bu liat nih dia tuh kayak ngasih liat ada kayak pocong kecil gitu terus baunya tuh amis.
00:09:10 - 00:09:11
Wah gila.
00:09:11 - 00:09:15
Dikirimin nih kayaknya si Vina kena lagi bu obatin lagi.
00:09:15 - 00:09:19
Ini si bapak ustad yang nemuin katanya jatuh dari atap rumah.
00:09:19 - 00:09:24
Nah terus tiba-tiba ada tukang aqua galon lewat terus tiba-tiba tuh berhenti.
00:09:24 - 00:09:29
Terus dia teriak dari depan rumah, bu hati-hati kuat ini.
00:09:29 - 00:09:32
Terus si ibunya tuh nanya kan maksudnya apa.
00:09:32 - 00:09:35
Katanya yang ngirim itu tuh si orang kuat banget.
00:09:35 - 00:09:38
Dan si tukang galon ini tuh katanya paranormal.
00:09:38 - 00:09:43
Akhirnya dia ngasih tau lah alamat orang pintar di daerah gunung gede.
00:09:43 - 00:09:47
Tapi sama nih gurunya juga disebut ustad.
00:09:47 - 00:09:53
Akhirnya sekitar jam 10 pagi Vina adeknya ibunya sama Umi tuh berangkat ke gunung gede.
00:09:53 - 00:09:57
Setelah perjalanan panjang ternyata itu tuh daerahnya pedaleman banget.
00:09:57 - 00:10:01
Dan pas sampe ustad tuh udah nyambut mereka duluan.
00:10:01 - 00:10:03
Vina disitu masih ngeluh sakit.
00:10:03 - 00:10:07
Akhirnya Vina direbahin terus dipencet-pencet gitu perutnya.
00:10:07 - 00:10:12
Pas dipencet di arah-arah pusernya Vina tuh nangis dan langsung muntah.
00:10:12 - 00:10:15
Ibunya akhirnya tuh ngebalurin minyak angin lah di perutnya dia.
00:10:15 - 00:10:17
Soalnya dikira sakit perut biasa kan.
00:10:17 - 00:10:20
Nah setelah itu mereka semua disuruh baca tahlil tuh.
00:10:20 - 00:10:24
Dan si ustadnya limutin Vina pake kain batik.
00:10:24 - 00:10:27
Ustad ini tuh kayak narik gitu dari arah perut.
00:10:27 - 00:10:31
Dan tiba-tiba dari pusarnya dia tuh kayak keluar besi ukuran 10 cm.
00:10:31 - 00:10:32
Anjir.
00:10:32 - 00:10:33
Gokil.
00:10:33 - 00:10:34
10 cm besi?
00:10:34 - 00:10:35
10 cm.
00:10:35 - 00:10:36
Anjir serem banget.
00:10:36 - 00:10:40
Nah ternyata tuh ketahuan si Vina tuh disantet lagi.
00:10:40 - 00:10:45
Akhirnya Vina disuruh ngaji, sholat, minum air rukiah, dan mandi pake air bidara.
00:10:45 - 00:10:48
Air bidara tuh kayak semacam daun gitu.
00:10:48 - 00:10:56
Disitu dikasih tau tuh kalo rumahnya Vina tuh harus dipelp pake daun kelor, bidara, terus harus ditemuin buhul-buhulnya.
00:10:56 - 00:10:57
Buhul tuh apa?
00:10:57 - 00:11:00
Buhul-buhul tuh kayak alat-alat santet yang lainnya gitu loh.
00:11:00 - 00:11:01
Oh yang kiriman-kiriman itu?
00:11:01 - 00:11:02
Iya.
00:11:03 - 00:11:05
Vina udah balik normal lagi nih.
00:11:05 - 00:11:08
Balik kayak biasa walaupun mukanya masih keliatan pucat.
00:11:08 - 00:11:13
Nah terus si temen religiusnya dia ini udah mulai ngajak Vina nikah.
00:11:13 - 00:11:19
Tapi singkat cerita pas Vina pergi ke salah satu tempat di Jakarta untuk acara kantornya,
00:11:19 - 00:11:26
di malam itu Vina tuh dapet banyak nilai positif lah sampe kayak dikasih reward gitu tuh sama bosnya karena kerjanya dia bagus.
00:11:26 - 00:11:31
Nah kondisinya adeknya Vina juga belum pulang tuh karena lagi ada acara kema.
00:11:31 - 00:11:35
Adeknya tuh dibolehin buka HP selama 15 menit tuh sebelum tidur.
00:11:35 - 00:11:39
Pas dibuka ternyata ibunya tuh udah miss call banyak banget.
00:11:39 - 00:11:43
Dan pesannya tuh ngasih tau kalo dia tuh mau dijemput jam 8 malam.
00:11:43 - 00:11:48
Nah kalo sekarang posisinya jam 11 malam berarti ibunya dikit lagi udah mau nyampe.
00:11:48 - 00:11:53
Ibunya sama Vina tuh bareng ngejemput adeknya secara paksa.
00:11:53 - 00:11:56
Setelah itu ibunya langsung ngajak adeknya pergi.
00:11:56 - 00:11:59
Mereka tiba-tiba di malam itu juga diajak ke Garut.
00:11:59 - 00:12:03
Pokoknya udah malem banget dan disitu ibunya tuh gak ngantuk sama sekali.
00:12:03 - 00:12:07
Sedangkan si Vina kondisinya cuman diem kayak orang sedih doang tuh.
00:12:07 - 00:12:10
Di Garut mereka nyampe sekitar jam 8 pagi.
00:12:10 - 00:12:14
Mereka ditemuin sama Kiai gak keliatan tua.
00:12:14 - 00:12:17
Rumahnya tuh banyak foto-foto sama ustad yang ada di TV.
00:12:17 - 00:12:20
Pokoknya mereka langsung disuruh masuk.
00:12:20 - 00:12:23
Lagi-lagi Kiainya udah tau tuh mereka mau dateng.
00:12:23 - 00:12:26
Si Vina sama adeknya langsung dibacain doa.
00:12:26 - 00:12:28
Mereka juga ikut baca surat-surat lainnya.
00:12:28 - 00:12:32
Dan Vina tiba-tiba langsung teriak histeris dan minta ampun.
00:12:32 - 00:12:36
Vina teriak-teriak bilang kalau Dajjal itu tuh Tuhannya dia.
00:12:36 - 00:12:41
Dajjal yang jadi pemimpin dan Dajjal bakal datang secepatnya.
00:12:44 - 00:12:47
Nah si ustad ini dengan halus ngusap jidatnya Vina.
00:12:47 - 00:12:49
Terus Vina tuh langsung teriak histeris.
00:12:49 - 00:12:54
Vina mohon ampun katanya dia tuh berasal dari pelabuhan ratu.
00:12:54 - 00:12:57
Jinnya cewek namanya tuh Sri.
00:12:57 - 00:13:01
Akhirnya gak lama kemudian adeknya tuh ngerasain dari leher
00:13:01 - 00:13:03
dan kepalanya tuh sakit banget.
00:13:03 - 00:13:05
Kayak dipukul dari belakang.
00:13:05 - 00:13:07
Terus si ibunya juga disitu histeris.
00:13:07 - 00:13:10
Kiainya langsung ngusap dan baca doa.
00:13:10 - 00:13:12
Kiainya nyuruh adeknya baca terus tahlilnya.
00:13:12 - 00:13:15
Terus dia juga narik kepalanya.
00:13:15 - 00:13:19
Dan tiba-tiba adeknya gak sadar kayak blackout langsung.
00:13:19 - 00:13:22
Dan pas sadar semua orang tuh ngajiin adeknya.
00:13:22 - 00:13:24
Yang ternyata dia tuh pingsan beberapa jam.
00:13:24 - 00:13:26
Sedangkan Vina tuh belum sadar sama sekali.
00:13:26 - 00:13:28
Epic banget anjir.
00:13:28 - 00:13:31
Adeknya langsung dipluk sama ibunya karena udah shock banget.
00:13:31 - 00:13:33
Vina bangun tuh gak lama dari itu.
00:13:33 - 00:13:36
Langsung tuh si Kiainya ngasih air tuh ke adeknya.
00:13:36 - 00:13:39
Vina disitu tuh sempet mati suri.
00:13:39 - 00:13:43
Vina nangis, dia linglung selama berhari-hari.
00:13:43 - 00:13:48
Dan buhul-buhulnya ternyata ditempatin di taman halaman rumah.
00:13:48 - 00:13:53
Bentuknya tuh rambut, boneka, kelabang, sampai cicak juga ada.
00:13:53 - 00:13:56
Rumahnya akhirnya dingajiin lagi.
00:13:56 - 00:13:58
Bumuk lagi tuh buhul-buhulnya di garasi.
00:13:58 - 00:14:00
Ada pocong kecil gitu.
00:14:00 - 00:14:03
Persis sama kayak yang dibawa sama umi kemarin.
00:14:03 - 00:14:05
Jadi si Kiainya tuh ngejelasin.
00:14:05 - 00:14:07
Anak ibu nih dijahilin.
00:14:07 - 00:14:11
Anak ibu tuh kena santet yang bikin hidupnya tuh menderita.
00:14:11 - 00:14:14
Nah si adeknya ini juga jadi sasaran.
00:14:14 - 00:14:17
Tapi seharusnya ibu yang kena.
00:14:17 - 00:14:19
Nah akhirnya si Vina disuruh berhenti kerja tuh.
00:14:19 - 00:14:22
Karena orang itu tuh bener-bener sirik banget sama dia.
00:14:22 - 00:14:25
Dan yang kirim ternyata temennya Vina itu yang kemarin.
00:14:25 - 00:14:28
Masih sama muih, cewek yang sirik itu.
00:14:28 - 00:14:30
Padahal ngakunya dia tuh udah minta maaf.
00:14:30 - 00:14:32
Tapi dulu kan gara-gara laki-laki itu kan.
00:14:32 - 00:14:35
Kalau sekarang tuh gara-gara sirik kerjaan.
00:14:35 - 00:14:38
Dan Vina akhirnya disuruh cepat-cepat nikah lah.
00:14:38 - 00:14:41
Karena kan pernikahan sebagai pemutus kejahatan gitu kan.
00:14:41 - 00:14:46
Sedangkan kalau adeknya sekarang disuruh rajin sholat, disuruh ngaji.
00:14:46 - 00:14:50
Dan akhirnya cowok religius temennya Vina itu ngelamar Vina.
00:14:50 - 00:14:53
Dan gak lama Vina juga langsung pindah kerja.
00:14:53 - 00:14:58
Dan cewek temen Vina yang sirik itu katanya tuh meninggal bendadak.
00:14:58 - 00:14:59
Anjir.
00:14:59 - 00:15:00
Wow.
00:15:00 - 00:15:03
Dia meninggal mungkin karena kena santetnya sendiri kali ya?
00:15:03 - 00:15:06
Iya mungkin karena santetnya tuh gak berhasil kan muih.
00:15:06 - 00:15:07
Kan disembuhin terus kan.
00:15:07 - 00:15:09
Dan akhirnya mungkin jadi berbalik ke dia.
00:15:09 - 00:15:10
Anjir bih, wow.
00:15:10 - 00:15:11
Kok bisa gitu ya?
00:15:11 - 00:15:13
Langsung kena batunya gitu ya.
00:15:13 - 00:15:16
Tapi gue tuh langsung kepikiran dari ke awalnya sih.
00:15:16 - 00:15:20
Kayak Vina tuh sebenarnya gak mau nikah dari awal ya.
00:15:20 - 00:15:22
Terus kayak dapet tekanan dari keluarganya.
00:15:22 - 00:15:25
Tapi ternyata kalau misalkan nih,
00:15:25 - 00:15:27
lo bandingin dengan cerita temen-temen kita yang misalkan
00:15:27 - 00:15:29
lo disuruh nikah cepet,
00:15:29 - 00:15:31
lo ditanya udah pacar apa belum.
00:15:31 - 00:15:34
Nah sekarang tuh bahkan lebih hebat dari itu,
00:15:34 - 00:15:36
atau lebih sulit dari itu.
00:15:36 - 00:15:39
Banyak banget rintangannya untuk lo yang gak mau nikah,
00:15:39 - 00:15:42
tiba-tiba dikasih pasangan buat nikah,
00:15:42 - 00:15:45
rintangannya kayak super banyak banget gitu loh.
00:15:45 - 00:15:46
Sampai disantet anjir masalahnya.
00:15:46 - 00:16:02
Iya.
00:16:02 - 00:16:05
Gue dapet satu cerita tentang seorang perempuan
00:16:05 - 00:16:08
yang suaminya tuh kena santet.
00:16:08 - 00:16:10
Tapi pas mau disembuhin,
00:16:10 - 00:16:13
malah si perempuan ini nih yang jadi kesurupan.
00:16:13 - 00:16:16
Waduh.
00:16:16 - 00:16:17
Jadi gue dapet cerita ini,
00:16:17 - 00:16:19
kiriman dari pendengar kita.
00:16:19 - 00:16:23
Dia ngirim email ke skyratingstudindo.gmail.com.
00:16:23 - 00:16:25
Namanya Ayu dan by the way,
00:16:25 - 00:16:27
nama Ayu ini nama asli ya.
00:16:27 - 00:16:31
Dia dari Bali, dia anak asli Bali.
00:16:31 - 00:16:34
Nah si Ayu ini tuh ngalamin kejadian ini kurang lebih
00:16:34 - 00:16:38
di sekitar tahun 2019 sebelum covid.
00:16:38 - 00:16:40
Awal ceritanya,
00:16:40 - 00:16:43
pacarnya dia yang udah jadi suami dia sekarang,
00:16:43 - 00:16:46
kita sebut aja namanya Putu ya.
00:16:46 - 00:16:49
Si Putu ini berasal dari keluarga broken home gitu.
00:16:49 - 00:16:51
Jadi ibu bapaknya udah pisah
00:16:51 - 00:16:53
dan sama-sama udah nikah lagi tuh.
00:16:53 - 00:16:58
Di tahun 2018 sebenernya Putu ini udah ada rumah sendiri.
00:16:58 - 00:17:01
Nah dan emang pas berhubungan sama si Ayu,
00:17:01 - 00:17:03
Ayu tuh sempet bilang ke Putu,
00:17:03 - 00:17:06
kalau Ayu tuh nggak mau tinggal bareng mertuanya.
00:17:06 - 00:17:09
Dan sebenernya juga si Putu ini di rumahnya
00:17:09 - 00:17:10
udah nggak punya kamar sama sekali,
00:17:10 - 00:17:13
karena dia tinggal bareng sama bapaknya.
00:17:13 - 00:17:15
Nah di tahun 2018 itu,
00:17:15 - 00:17:19
akhirnya dia beli tanah dan buat rumah di situ.
00:17:19 - 00:17:22
Di tahun yang sama rumahnya jadi.
00:17:22 - 00:17:25
Sampai di pertengahan tahun 2019,
00:17:25 - 00:17:27
si Putu ini tiba-tiba tangannya sakit,
00:17:27 - 00:17:29
ngat, muih, bau.
00:17:29 - 00:17:31
Udah sampai diajak ke dokter juga,
00:17:31 - 00:17:32
tapi nggak sembuh-sembuh.
00:17:32 - 00:17:36
Jadi si Putu ini sampai nggak kerja hampir sebulanan.
00:17:36 - 00:17:39
Dari situ akhirnya ibu kandungnya Putu,
00:17:39 - 00:17:41
ngajak buat Putu tuh berobat ke,
00:17:41 - 00:17:43
dalam tanda kutip, orang pintar.
00:17:43 - 00:17:46
Dan orang Bali nyebutnya tuh Balian.
00:17:46 - 00:17:49
Nah ceritanya dimulai dari sini nih.
00:17:49 - 00:17:51
Di tempat si Balian ini,
00:17:51 - 00:17:54
Putu tuh dibilang kayak dikenain gitu,
00:17:54 - 00:17:57
alias ya disantet.
00:17:57 - 00:18:00
Balian ini bilang yang ngirim tuh orang dekat,
00:18:00 - 00:18:02
nggak ada hubungan darah,
00:18:02 - 00:18:04
tapi di dalam keluarga.
00:18:04 - 00:18:05
Katanya gitu.
00:18:05 - 00:18:07
Terus Baliannya bilang,
00:18:07 - 00:18:11
kenanya ini dari minuman sebulan yang lalu.
00:18:11 - 00:18:14
Dan itu sampai harinya pun disebutin,
00:18:14 - 00:18:17
kayak exact harinya tuh hari apa.
00:18:17 - 00:18:18
Di situ Ayu ingat,
00:18:18 - 00:18:20
emang sebelum kejadian si Putu ini sakit,
00:18:20 - 00:18:23
mereka tuh sempat jalan-jalan ke rumah bokapnya Putu.
00:18:23 - 00:18:26
Ya berarti ketemu sama ibu tirinya dong.
00:18:26 - 00:18:28
Terus si ibu tiri ini,
00:18:28 - 00:18:31
ibu tirinya Putu itu ngasih minuman ke mereka.
00:18:31 - 00:18:33
Ya dengan percaya diri Ayu bilang,
00:18:33 - 00:18:36
ya nggak usah overthinking, minum aja gitu kan.
00:18:36 - 00:18:38
Beneran tuh diminum.
00:18:38 - 00:18:39
Nggak tahunya,
00:18:39 - 00:18:42
malah itu tuh yang kelihatan sama si Balian ini,
00:18:42 - 00:18:43
soal penyakitnya si Putu.
00:18:43 - 00:18:44
Jadi kata si Balian,
00:18:44 - 00:18:47
ya gara-gara itu makanya si Putu ini sakit.
00:18:49 - 00:18:50
Nah singkat cerita,
00:18:50 - 00:18:52
nggak tahu gimana,
00:18:52 - 00:18:55
tiba-tiba tuh Ayu udah bangun aja di sofa.
00:18:55 - 00:18:57
Kata Ayu gitu di cerita ini.
00:18:57 - 00:19:01
Ayu bingung karena sebelumnya tuh dia nggak sadarin diri.
00:19:01 - 00:19:04
Nah ini gue pindah ke sudut pandangnya si Putu ya.
00:19:04 - 00:19:06
Jadi di tempat si Balian ini,
00:19:06 - 00:19:08
ini si Putu ngelihat kejadiannya ya,
00:19:08 - 00:19:10
apa yang terjadi sama Ayu.
00:19:11 - 00:19:15
Pas dibilang kalau Putu ini kena sesuatu dari minuman,
00:19:15 - 00:19:17
si Ayu ini tiba-tiba ketawa.
00:19:17 - 00:19:19
Terus ketawanya nggak jelas gitu,
00:19:19 - 00:19:20
sampai bilang,
00:19:20 - 00:19:23
ya ketauan deh, katanya gitu.
00:19:23 - 00:19:27
Terus si Ayu ini langsung narik kerah baju Putu sambil ngomong,
00:19:27 - 00:19:29
aku tidak suka kamu sukses.
00:19:29 - 00:19:33
Jadi tiba-tiba aja si Ayu ini langsung berubah gitu loh sikapnya.
00:19:33 - 00:19:35
Ya bahkan kayak orang keserupan.
00:19:35 - 00:19:39
Si sosok dalam badannya Ayu ini lanjut bilang,
00:19:39 - 00:19:40
kamu punya rumah,
00:19:40 - 00:19:42
tapi aku masih tinggal di rumah,
00:19:42 - 00:19:44
yang dibilang rumah pun tidak, katanya gitu.
00:19:44 - 00:19:45
Yang Putu ingat,
00:19:45 - 00:19:49
si Baliannya ini ngambil kain yang ada gambar sesuatu lah gitu,
00:19:49 - 00:19:51
dan ada tulisan dari bahasa Bali,
00:19:51 - 00:19:53
tapi Putu juga nggak tahu artinya apa.
00:19:54 - 00:19:57
Si kainnya ini diletakkan ke kepalanya Ayu,
00:19:57 - 00:20:00
sambil dibacain entah mantra atau doa gitu ya.
00:20:01 - 00:20:02
Di situ yang Putu lihat,
00:20:02 - 00:20:05
Ayu tuh nggak berontak lagi setelah ditaruh si kain itu.
00:20:06 - 00:20:09
Tapi malah matanya si Ayu ini melotot,
00:20:09 - 00:20:11
kayak nantang si Balian ini.
00:20:12 - 00:20:14
Terus sosok yang ada di dalam badannya Ayu bilang,
00:20:15 - 00:20:16
apakah sudah selesai?
00:20:16 - 00:20:17
Hanya gini aja.
00:20:17 - 00:20:18
Ngenyejer.
00:20:18 - 00:20:19
Iya.
00:20:19 - 00:20:20
Sambil senyum-senyum,
00:20:20 - 00:20:24
dan senyumannya tuh kayak nggak pernah Putu lihat sebelumnya.
00:20:24 - 00:20:27
Kayak dia nggak pernah lihat istrinya kayak gini.
00:20:27 - 00:20:28
Sampai akhirnya,
00:20:28 - 00:20:31
si Balian ini yang tadinya duduk di atas kursi kayu,
00:20:31 - 00:20:33
tiba-tiba jatuh.
00:20:33 - 00:20:39
Dan si Balian ini ngambil tongkat yang panjangnya sekitar 60 cm gitu.
00:20:39 - 00:20:42
Terus si tongkat ini kayak diayunin ke kepalanya si Ayu.
00:20:43 - 00:20:47
Pas Putu lihat sih sebenarnya nggak keras diayunin ke kepalanya Ayu.
00:20:47 - 00:20:50
Tapi si Ayu ini tiba-tiba jatuh,
00:20:50 - 00:20:51
pingsan gitu.
00:20:51 - 00:20:54
Dan si Balian ini langsung muntah darah.
00:20:55 - 00:20:57
Kita balik lagi ke sudut pandang Ayu ya.
00:20:57 - 00:20:58
Pas bangun,
00:20:58 - 00:21:02
tiba-tiba si Ayu ini ngerasa badan dia sakit semua.
00:21:02 - 00:21:07
Dan Ayu sama Putu disuruh buat melukat bareng di tempat ibadahnya si Balian ini.
00:21:08 - 00:21:09
Ya melukat lo tau lah ya,
00:21:09 - 00:21:11
itu tradisi ritual Bali.
00:21:11 - 00:21:15
Ya kayak siraman atau pembersihan jiwa dari hal-hal negatif lah intinya.
00:21:15 - 00:21:21
Nah disini si Baliannya itu keliatan kayak agak kikuk entah kenapa.
00:21:21 - 00:21:23
Tapi yang jelas yang Ayu tau,
00:21:23 - 00:21:25
setelah melukat ini,
00:21:25 - 00:21:28
si Balian tuh malah ngelus-ngelus kepalanya si Ayu
00:21:28 - 00:21:30
dan tiba-tiba bilang,
00:21:30 - 00:21:33
Siapapun yang suka sama Gey Ayu,
00:21:33 - 00:21:37
jangan pernah dihiraukan entah itu baik atau jahat.
00:21:37 - 00:21:41
Karena hatimu tuh bisa berubah dari yang jahat jadi baik
00:21:41 - 00:21:43
dan dari yang baik jadi jahat.
00:21:43 - 00:21:45
Biarlah hidup seperti ini,
00:21:45 - 00:21:47
seperti tidak tau apa-apa,
00:21:47 - 00:21:49
seperti kamu tidak pernah merasakan
00:21:49 - 00:21:53
ataupun melihat mereka yang tidak bisa dilihat dari mata orang biasa.
00:21:53 - 00:21:54
Katanya gitu.
00:21:54 - 00:21:55
Tiba-tiba aja dia ngomong kayak gitu?
00:21:55 - 00:21:56
Tiba-tiba.
00:21:56 - 00:21:59
Dan Ayu pun gak ngerti muy sama omongannya si Balian ini.
00:21:59 - 00:22:02
Jadi yaudah Ayu ngangguk-ngangguk aja.
00:22:02 - 00:22:05
Setelah selesai dari rumah si Balian itu,
00:22:05 - 00:22:06
malem-malem,
00:22:06 - 00:22:09
entah perasaan apa yang jelas menurut Ayu.
00:22:09 - 00:22:12
Malam itu tuh rasanya kayak beda banget.
00:22:12 - 00:22:14
Ayu juga gak ngerti kenapa.
00:22:14 - 00:22:17
Yang jelas si Ayu ini ngerasa dia tuh risih.
00:22:17 - 00:22:19
Rasanya tuh benar-benar dia berat banget.
00:22:19 - 00:22:23
Kadang-kadang mata dia tuh kayak tiba-tiba kabur,
00:22:23 - 00:22:27
tiba-tiba penglihatannya kayak ada kabut-kabut putih gitu,
00:22:27 - 00:22:29
burem penglihatannya.
00:22:29 - 00:22:33
Nah besoknya si Ayu bilang tuh dia beraktifitas seperti biasa.
00:22:33 - 00:22:36
Kayak gak terjadi apa-apa sebelumnya gitu loh.
00:22:36 - 00:22:41
Dan si Ayu ini gak pernah cerita soal dia ke Balian sama si Puto.
00:22:41 - 00:22:43
Dia gak pernah cerita itu ke orang tuanya.
00:22:43 - 00:22:48
Dan by the way, Ayu ini tuh dari keluarga pemangkunat Moibo.
00:22:48 - 00:22:54
Ibu bapaknya si Ayu ini tuh pemangku kayak orang suci agama Hindu gitu katanya.
00:22:54 - 00:22:57
Nah, kalau si Ayu ini ketahuan,
00:22:57 - 00:22:59
kalau dia ke Balian,
00:22:59 - 00:23:01
ya mungkin dia bakal dicecar abis-abisan sama orang tuanya.
00:23:01 - 00:23:03
Makanya dia gak cerita.
00:23:03 - 00:23:07
Nah singkat cerita, si Ayu ini kerja kayak biasa.
00:23:07 - 00:23:10
Di tempat kerjanya Ayu tuh kebetulan dia di bagian keuangan.
00:23:10 - 00:23:13
Nah di bagian ini tuh cuman ada dua orang.
00:23:13 - 00:23:17
Pas kebetulan temennya Ayu ini pulang lebih awal,
00:23:17 - 00:23:20
otomatis ya di ruangan itu cuman ada Ayu sendiri kan.
00:23:20 - 00:23:24
Gak tau kenapa tiba-tiba AC itu mati sendiri.
00:23:24 - 00:23:26
Pintu kebuka sendiri juga.
00:23:26 - 00:23:28
Dan yang lebih parah,
00:23:28 - 00:23:31
bulu kuduknya si Ayu ini berdiri semua.
00:23:31 - 00:23:33
Jadi kayak merinding gitu.
00:23:33 - 00:23:37
Dan Ayu tuh ngerasa ada angin dingin dari entah dari mana.
00:23:37 - 00:23:41
Tapi kayak ngerasanya tuh dari belakang dia gitu loh.
00:23:42 - 00:23:45
Ayu bilang kalau empat tahun dia kerja di sana,
00:23:45 - 00:23:48
ini pertama kalinya dia ngerasain takut sendirian.
00:23:48 - 00:23:53
Padahal ya dulu Ayu juga sering lembur sampai jam sembilan malam sendirian.
00:23:53 - 00:23:55
Itu dia biasa aja.
00:23:55 - 00:23:59
Tapi entah kenapa sore itu rasanya tuh beda banget.
00:24:00 - 00:24:02
Lanjut ke esokan harinya,
00:24:02 - 00:24:06
di kantor yang sama, si Ayu ini lagi pengen bikin mie.
00:24:06 - 00:24:08
Otomatis ya ke dapur dong.
00:24:08 - 00:24:11
Dan dapur kebetulan nempel sama gudang.
00:24:11 - 00:24:16
Pas di belakang, lagi-lagi kejadian aneh tuh keulang.
00:24:16 - 00:24:19
Di gudang tuh kayak ada benda-benda jatuh.
00:24:19 - 00:24:22
Dan pas dicek, malah gak ada benda jatuh sama sekali.
00:24:22 - 00:24:24
Kayak gak kenapa-kenapa gudangnya.
00:24:24 - 00:24:29
Malah tiba-tiba, di dapur itu kompor hidup sendiri.
00:24:29 - 00:24:32
Dan pas itu malah si Ayu ini mikir,
00:24:32 - 00:24:37
ya mungkin tadi dia sempat hidupin kompor kali ya sebelum ngecek ke gudang.
00:24:37 - 00:24:40
Akhirnya si Ayu ini lanjutlah bikin mie.
00:24:40 - 00:24:44
Tiba-tiba, si bulu kuduknya Ayu ini berdiri lagi.
00:24:44 - 00:24:46
Kayak dia tuh merinding lagi.
00:24:46 - 00:24:49
Mungkin ada kali semenit, sampai akhirnya,
00:24:49 - 00:24:51
temen kantornya Ayu ini ada yang ke belakang
00:24:51 - 00:24:54
nyamperin dia ke dapur sambil bawa gas.
00:24:54 - 00:24:55
Si Ayu nanya,
00:24:55 - 00:24:58
oh lagi nyimpen stok gas pak.
00:24:58 - 00:25:00
Nah si bapaknya ini malah bilang balik,
00:25:00 - 00:25:03
oh ini saya disuruh masang gas sama ibu.
00:25:03 - 00:25:05
Katanya gasnya habis.
00:25:05 - 00:25:06
Ini habis beli gas.
00:25:06 - 00:25:07
Kata si bapaknya gitu.
00:25:07 - 00:25:08
Ibu siapa ya?
00:25:08 - 00:25:11
Ya ibu-ibu di dalam restorannya lah.
00:25:11 - 00:25:13
Nah si Ayu ini shock.
00:25:13 - 00:25:14
Dia ngeliat ke bawah,
00:25:14 - 00:25:17
bener, di kompor itu gak ada gasnya.
00:25:17 - 00:25:19
Tapi mienya si Ayu ini,
00:25:19 - 00:25:21
itu matang dengan sempurna.
00:25:22 - 00:25:25
Jadi sampai si bapaknya ini itu heran.
00:25:25 - 00:25:26
Kok bisa?
00:25:26 - 00:25:29
Ya mie ini matang padahal kan gasnya gak ada kan.
00:25:29 - 00:25:30
Masih dibeli juga.
00:25:30 - 00:25:31
Jadi ya gasnya gak ada,
00:25:31 - 00:25:33
tapi kok kompornya bisa nyala gitu.
00:25:34 - 00:25:36
Dari situ langsung lah si Ayu ini izin pulang.
00:25:36 - 00:25:38
Karena kayak dia udah bingung banget,
00:25:38 - 00:25:39
udah takut banget.
00:25:39 - 00:25:41
Sampai dia merinding juga kan.
00:25:42 - 00:25:43
Dan kejadian demi kejadian tuh
00:25:43 - 00:25:46
dialamin sama si Ayu ini.
00:25:46 - 00:25:49
Setelah kejadian dari si balian itu,
00:25:49 - 00:25:51
banyak banget hal-hal di luar nalar
00:25:51 - 00:25:53
yang ngebuat Ayu tuh stress lah jadinya.
00:25:54 - 00:25:57
Si Ayu ini sampai dia tuh ngambil cuti kerja,
00:25:57 - 00:26:00
sempet agak-agak ngehindar dari putu
00:26:00 - 00:26:02
kayak pengen sendiri dulu.
00:26:02 - 00:26:04
Dan dia juga sempet konsul ke psikolog
00:26:04 - 00:26:06
tentang kondisinya dia ini.
00:26:06 - 00:26:07
Puncaknya nih Nath,
00:26:07 - 00:26:08
Mweh, Bo.
00:26:08 - 00:26:10
Si Ayu ini bener-bener muak
00:26:10 - 00:26:12
sama keadaannya dia
00:26:12 - 00:26:16
pas mertua laki-laki kakak kandungnya si Ayu ini meninggal.
00:26:16 - 00:26:18
Setelah dibakar sebelum 12 harian
00:26:18 - 00:26:20
mertuanya si kakaknya Ayu,
00:26:20 - 00:26:23
Ayu ini sempet pergi ke rumah kakaknya
00:26:23 - 00:26:26
bawa sesuatu karena disuruh sama ibunya si Ayu.
00:26:26 - 00:26:28
Nah disana si Ayu ini ngerasa
00:26:28 - 00:26:31
kalau badan dia tuh gemeter merinding lagi.
00:26:31 - 00:26:33
Bulu kuduknya tuh bener-bener naik
00:26:33 - 00:26:36
dan itu nggak bisa turun sama sekali.
00:26:36 - 00:26:38
Kayak merindingnya tuh terus-menerus gitu loh.
00:26:39 - 00:26:40
Dan yang paling parah,
00:26:40 - 00:26:42
setiap Ayu ini ngomong,
00:26:42 - 00:26:44
dia tuh selalu gemeter.
00:26:44 - 00:26:45
Jadi kayak nggak bisa ngomong
00:26:45 - 00:26:47
dan nggak jelas gitu ngomongnya.
00:26:47 - 00:26:49
Sampai akhirnya si Ayu ini nangis
00:26:49 - 00:26:51
dan dia pulang.
00:26:51 - 00:26:54
Dan karena dia udah nggak kuat banget sama keadaan dia ini,
00:26:54 - 00:26:56
dia ceritalah sama ibu dan bapaknya.
00:26:56 - 00:26:58
Karena tadinya kan dia nggak mau cerita kan,
00:26:58 - 00:27:00
dia takut diomelin kan.
00:27:00 - 00:27:03
Bener tuh, orang tuanya Ayu tuh langsung marah-marah.
00:27:03 - 00:27:05
Terutama ibunya si Ayu.
00:27:05 - 00:27:07
Ibunya langsung buat banten.
00:27:07 - 00:27:09
Banten ini sesajen di Bali,
00:27:09 - 00:27:12
yang entah itu apa juga Ayu nggak tahu.
00:27:12 - 00:27:15
Dan isinya tuh ada ayam betina hitam.
00:27:15 - 00:27:18
Terus si Ayu ini kayak dilukat, disucikan gitu
00:27:18 - 00:27:20
oleh bapaknya si Ayu.
00:27:20 - 00:27:21
Si Ayu disuruh sembayang,
00:27:21 - 00:27:23
dan setelah sembayang,
00:27:23 - 00:27:26
si Ayu ini disuruh buat ngebuang ayam
00:27:26 - 00:27:28
yang ada di beberapa persembahan itu,
00:27:28 - 00:27:30
ke sungai.
00:27:30 - 00:27:32
Setelah itu, besokannya,
00:27:32 - 00:27:35
Ayu ini mulai buat agak tenang badannya,
00:27:35 - 00:27:37
yang tadinya tuh merinding,
00:27:37 - 00:27:38
gampang banget takut,
00:27:38 - 00:27:40
gampang gemeteran.
00:27:40 - 00:27:42
Sekarang tuh badannya udah pelan-pelan
00:27:42 - 00:27:43
mulai nggak dingin lagi,
00:27:43 - 00:27:45
mulai nggak merinding lagi.
00:27:45 - 00:27:48
Dan sampai akhirnya seminggu setelah kejadian itu,
00:27:48 - 00:27:52
si Ayu bener-bener udah nggak pernah ngerasain apapun.
00:27:52 - 00:27:56
Mungkin kalau diitung dari sejak dia pergi ke tempatnya Balian itu,
00:27:56 - 00:27:58
sampai dia diupacarain yang tadi gue bilang
00:27:58 - 00:28:00
sama orang tuanya itu,
00:28:00 - 00:28:01
itu hampir satu bulanan,
00:28:01 - 00:28:04
Ayu ngerasa kalau dia tuh kayak orang gila,
00:28:04 - 00:28:06
badannya tuh nggak tenang,
00:28:06 - 00:28:07
sering banget gemeter,
00:28:07 - 00:28:08
sering banget takut.
00:28:08 - 00:28:11
Pokoknya semua hal-hal yang dia rasain yang nggak enak tuh,
00:28:11 - 00:28:13
dia ngerasain lah sebulanan itu.
00:28:13 - 00:28:16
Dan orang tuanya pun ngasih tahu ke Ayu,
00:28:16 - 00:28:18
kalau misalkan diajak ke Balian lagi,
00:28:18 - 00:28:19
entah sama siapapun,
00:28:19 - 00:28:21
jangan pernah mau.
00:28:21 - 00:28:22
Dan kata orang tuanya,
00:28:22 - 00:28:23
ini masih sempat ditutup,
00:28:23 - 00:28:24
kalau enggak,
00:28:24 - 00:28:26
nanti si Ayu ini bisa gila.
00:28:26 - 00:28:28
Itu pesan bokapnya Ayu ke Ayu.
00:28:28 - 00:28:30
Ya akhirnya Ayu ngerti
00:28:30 - 00:28:32
kenapa sekarang dia tuh bisa ngerasain
00:28:32 - 00:28:35
keberadaan makhluk-makhluk aneh ini,
00:28:35 - 00:28:38
ya karena dia pergi ke Balian itu.
00:28:38 - 00:28:40
Berarti yang tadinya sebenarnya si Putu yang
00:28:40 - 00:28:42
dimacam-macamin dalam dalam kutip,
00:28:42 - 00:28:45
terus akhirnya jadi yang kena si Ayu gitu?
00:28:45 - 00:28:47
Iya, entah kenapa bisa kayak gitu.
00:28:47 - 00:28:50
Karena Ayu juga sebenarnya nggak ngejelasin secara detail sih
00:28:50 - 00:28:53
kenapa tiba-tiba dia bisa keserupan ya.
00:28:53 - 00:28:55
Cuman ya terjadi kayak gitu sih.
00:28:55 - 00:28:57
Tapi balik lagi sih guys,
00:28:57 - 00:28:59
kalau emang kita punya kenama selo supernatural,
00:28:59 - 00:29:01
bukan lari ke Dukun lah,
00:29:01 - 00:29:02
bahasanya, atau Balian.
00:29:02 - 00:29:03
Balik lagi,
00:29:03 - 00:29:05
kita kembali ke agama kita masing-masing,
00:29:05 - 00:29:06
kembali ke Tuhan.
00:29:06 - 00:29:26
Gue juga sepakat itu sih.
00:29:26 - 00:29:27
Sama kayak Lobby,
00:29:27 - 00:29:31
gue dapet cerita ini langsung dikirim sama pendengar kita.
00:29:31 - 00:29:32
Dari email,
00:29:32 - 00:29:34
yang kirim cerita ini namanya Mai.
00:29:34 - 00:29:36
Mai ini asli ya namanya.
00:29:36 - 00:29:39
Dia ini dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
00:29:39 - 00:29:40
Dan ada cerita,
00:29:40 - 00:29:41
tentang tetangganya Mai,
00:29:41 - 00:29:43
yang nggak suka sama keluarganya.
00:29:43 - 00:29:46
Padahal mereka tuh udah tetanggaan dari 2005 lah.
00:29:46 - 00:29:48
Dan ini kejadiannya tahun?
00:29:48 - 00:29:51
Dan ini kejadiannya di tahun 2014-an.
00:29:51 - 00:29:52
Oh, udah 9 tahun berarti ya?
00:29:52 - 00:29:53
Udah 9 tahun.
00:29:53 - 00:29:54
Wow.
00:29:54 - 00:29:56
Nah, Mai ini pindah ke rumah barunya,
00:29:56 - 00:29:58
sekitar umur 5 tahun.
00:29:58 - 00:29:59
Dan dari dulu tuh,
00:29:59 - 00:30:00
Mai tuh emang anaknya sensitif banget,
00:30:00 - 00:30:02
sama malu-halus.
00:30:02 - 00:30:04
Dan ini nih 2014,
00:30:04 - 00:30:05
entah kenapa,
00:30:05 - 00:30:06
di suatu siang,
00:30:06 - 00:30:07
selama 3 hari berturut-turut,
00:30:07 - 00:30:08
bahkan lebih,
00:30:08 - 00:30:11
Mai tuh ngalamin kejadian mistis nih.
00:30:11 - 00:30:13
Pertama kali kejadiannya itu,
00:30:13 - 00:30:15
ada di ruang kantor bokapnya Mai,
00:30:15 - 00:30:17
waktu si Mai ini lagi duduk sambil belajar.
00:30:19 - 00:30:20
Pas dia lagi fokus belajar,
00:30:20 - 00:30:22
dia tuh nggak sengaja kayak,
00:30:22 - 00:30:25
ngeliat ke depan pintu ruangan kantornya si bokapnya ini.
00:30:26 - 00:30:27
Dia ngeliat,
00:30:27 - 00:30:28
di depan pintunya itu,
00:30:28 - 00:30:30
ada rambut panjang gelantung,
00:30:30 - 00:30:32
seolah lu tuh kayak kepala kebal gitu lebih,
00:30:32 - 00:30:33
ngeliat bau.
00:30:33 - 00:30:34
Kebayang kan?
00:30:34 - 00:30:37
Dan rambutnya itu tuh bener-bener hampir nutupin satu,
00:30:37 - 00:30:39
satu pintu full.
00:30:39 - 00:30:40
Gila kan?
00:30:40 - 00:30:41
Jadi panjang banget ya?
00:30:41 - 00:30:43
Dia pertamanya takut, kaget.
00:30:43 - 00:30:44
Tapi tuh dia langsung lari ke sana,
00:30:44 - 00:30:46
buat mastiin tuh itu apa gitu.
00:30:46 - 00:30:48
Dan ternyata pas dia udah mau deket pintunya,
00:30:48 - 00:30:49
ya nggak ada apa-apa,
00:30:49 - 00:30:51
ilang aja si rambut itu.
00:30:52 - 00:30:53
Nah besokannya,
00:30:53 - 00:30:56
Mai tuh duduk di ruang tengah sambil nonton TV.
00:30:56 - 00:30:57
Di deket TV itu,
00:30:57 - 00:30:58
ada lemari,
00:30:58 - 00:31:01
yang lemarinya tuh modelannya ada kacanya.
00:31:01 - 00:31:04
Tapi kalau lu bercermin di kaca itu tuh kayak,
00:31:04 - 00:31:05
pantulannya tuh nggak jelas,
00:31:05 - 00:31:07
karena kaca itu kaca yang nggak clear gitu loh,
00:31:07 - 00:31:08
udah rada-rada butek gitu loh bahasanya.
00:31:08 - 00:31:09
Iya, iya.
00:31:10 - 00:31:12
Nah pas Mai tuh lagi asik-asik yang nonton TV,
00:31:12 - 00:31:14
dia tuh nggak sengajalah kayak refleks,
00:31:14 - 00:31:15
noleh ke lemari itu.
00:31:16 - 00:31:17
Dan lagi-lagi bih,
00:31:17 - 00:31:18
lihat bau.
00:31:18 - 00:31:19
Dia tuh ngeliat,
00:31:19 - 00:31:21
ada kayak muka nenek-nenek,
00:31:21 - 00:31:22
putih pucet banget,
00:31:22 - 00:31:24
tapi cuma mukanya doang.
00:31:24 - 00:31:25
Rambutnya nggak ada,
00:31:25 - 00:31:26
badannya nggak ada.
00:31:26 - 00:31:28
Dan disitu kaget banget lah dia.
00:31:28 - 00:31:29
Jir, serem banget.
00:31:29 - 00:31:30
Dia tuh langsung kayak buang muka,
00:31:30 - 00:31:31
sambil berdoa,
00:31:31 - 00:31:33
terus pas dia nonton lagi ke lemari,
00:31:33 - 00:31:34
nenek itu ilang, sosoknya ilang.
00:31:34 - 00:31:35
Oh iya.
00:31:35 - 00:31:36
Terus ada juga nih,
00:31:36 - 00:31:38
di seberang rumahnya Mai itu,
00:31:38 - 00:31:41
ada kayak lahan kosong yang dijadiin tempat buat budi daya ikan gitu loh.
00:31:42 - 00:31:44
Dan disitu ada pohon kelapa yang lumayan tinggi.
00:31:44 - 00:31:45
Nah malam itu,
00:31:45 - 00:31:48
dia tuh kayak mau ngebukain pintu buat nyokapnya,
00:31:48 - 00:31:49
karena nyokapnya baru pulang,
00:31:49 - 00:31:50
abis kosidan gitu acara.
00:31:50 - 00:31:52
Mai tuh abis bukain pintu nyokapnya,
00:31:52 - 00:31:53
dia tuh refleks,
00:31:53 - 00:31:54
nengok ke arah pohon kelapa itu.
00:31:54 - 00:31:57
Nah dan Mai tuh ngeliat jelas banget,
00:31:57 - 00:31:59
di pohon kelapa yang tinggi itu,
00:31:59 - 00:32:02
dia ngeliat tuh ada kayak kain putih tuh terbang melilingin pohon kelapa itu tuh.
00:32:02 - 00:32:03
Gila.
00:32:03 - 00:32:05
Terbang muter aja.
00:32:05 - 00:32:06
Dan ternyata,
00:32:06 - 00:32:07
nyokapnya Mai juga ngeliat,
00:32:07 - 00:32:08
nggak Mai doang.
00:32:08 - 00:32:09
Ya takut lah mereka,
00:32:09 - 00:32:11
buru-buru lah masuk ke kamar,
00:32:11 - 00:32:12
ke rumahnya tuh.
00:32:12 - 00:32:14
Nah di malam yang sama,
00:32:14 - 00:32:16
ini nih Mai mau tidur nih malamnya ya,
00:32:16 - 00:32:18
dan jendela kamarnya Mai itu transparan,
00:32:18 - 00:32:21
jadi tuh lo bisa ngeliat kayak keluar dan nggak ketutup full gitu.
00:32:21 - 00:32:23
Nah malam itu tuh,
00:32:23 - 00:32:24
Mai udah tinggal setengah sadar nih,
00:32:24 - 00:32:25
udah kayak,
00:32:25 - 00:32:27
udah mau ilang lah nyawa mau tidur.
00:32:27 - 00:32:29
Dan pas dia udah kayak mau setengah sadar mau tidur gitu,
00:32:29 - 00:32:31
dia tuh ngeliat,
00:32:31 - 00:32:34
ada bayangan hitam di taman luar depan kamarnya.
00:32:34 - 00:32:35
Nah dia bangun lah,
00:32:35 - 00:32:37
buat crosscheck gitu kan.
00:32:37 - 00:32:38
Dia bangun,
00:32:38 - 00:32:40
dia noleh ke arah taman luarnya itu tuh.
00:32:40 - 00:32:41
Dan lagi-lagi,
00:32:41 - 00:32:42
bayangan tuh ilang.
00:32:42 - 00:32:43
Ilang gitu aja.
00:32:45 - 00:32:46
Nah entah kenapa,
00:32:46 - 00:32:47
setelah kejadiannya itu tuh,
00:32:47 - 00:32:48
kata Mai ya,
00:32:48 - 00:32:52
dia tuh selalu diganggu sama sosok-sosok malu halus dimanapun dia berada.
00:32:53 - 00:32:54
Sampai di suatu hari,
00:32:54 - 00:32:56
pas siang-siang nih,
00:32:56 - 00:32:57
Mai tuh masuk ke kamarnya,
00:32:57 - 00:32:58
dan dia tuh mau ngaca tuh,
00:32:58 - 00:33:00
di meja riasnya dia.
00:33:01 - 00:33:02
Pas dia duduk,
00:33:02 - 00:33:03
dia liat ngaca,
00:33:03 - 00:33:04
tiba-tiba,
00:33:04 - 00:33:06
dia tuh ngeliat dari pantulan kaca itu,
00:33:06 - 00:33:07
ada pocong,
00:33:07 - 00:33:08
mukanya hitam gosong,
00:33:08 - 00:33:10
lagi berdiri di belakangnya Mai aja.
00:33:12 - 00:33:13
Mai nengok ke belakang,
00:33:13 - 00:33:14
dan ternyata bener,
00:33:14 - 00:33:15
keliatan ada pocong itu.
00:33:15 - 00:33:18
Dan sosok itu masih ada berdiri gitu loh.
00:33:18 - 00:33:20
Mai tuh kan emang sensitif banget kan tadi gue bilang,
00:33:20 - 00:33:23
dan dia sering ketemu lah sama hal-hal kayak gitu.
00:33:23 - 00:33:25
Tapi untuk pertama kalinya,
00:33:25 - 00:33:26
dia tuh ngerasa,
00:33:26 - 00:33:27
ini-ini kejadian yang paling serem,
00:33:27 - 00:33:28
karena dia ngeliat pocong itu tuh,
00:33:28 - 00:33:29
jelas banget kan.
00:33:29 - 00:33:30
Mai tuh langsung keluar lah,
00:33:30 - 00:33:32
dari kamarnya ngos-ngosan,
00:33:32 - 00:33:34
dan disana tuh ada nyokap bokapnya,
00:33:34 - 00:33:35
di depan kamarnya.
00:33:36 - 00:33:37
Ya nyokap bokapnya Mai bingung lah,
00:33:37 - 00:33:40
ngeliat kayak anaknya tiba-tiba lari keluar kamar gitu kan.
00:33:40 - 00:33:41
Ditanya kayak,
00:33:41 - 00:33:42
kakak kenapa?
00:33:42 - 00:33:45
Akhirnya Mai ceritain lah tuh semua yang dia alamin.
00:33:45 - 00:33:46
Dan ternyata bih,
00:33:46 - 00:33:47
lihat,
00:33:47 - 00:33:49
bokapnya Mai ini juga sempat ngalamin hal-hal aneh
00:33:49 - 00:33:51
waktu dia di ruang kerjanya.
00:33:52 - 00:33:54
Posisinya tuh di samping ruang tengah,
00:33:54 - 00:33:55
waktu malam-malam,
00:33:55 - 00:33:59
bokapnya Mai tuh ngerasa kayak ada orang yang duduk di kursi tamu,
00:33:59 - 00:34:01
yang ada di kantornya dia.
00:34:01 - 00:34:03
Terus waktu pas dia nengok,
00:34:03 - 00:34:04
kayak dia kan,
00:34:04 - 00:34:06
lo ngerasain kalau misalnya ada orang duduk tiba-tiba,
00:34:06 - 00:34:08
ya lo pasti refleks nengok ke arah sana dong,
00:34:08 - 00:34:10
kayak mau crosscheck gitu kan.
00:34:10 - 00:34:12
Pas bokapnya Mai ini nengok ke arah sana,
00:34:12 - 00:34:13
ternyata benar,
00:34:13 - 00:34:14
ada kayak sosok cowok,
00:34:14 - 00:34:15
pakai baju hitam,
00:34:15 - 00:34:16
tinggi,
00:34:16 - 00:34:17
gede gitu,
00:34:17 - 00:34:19
lagi duduk sambil ngeliatin bokapnya.
00:34:19 - 00:34:20
Sambil ngeliatin bokapnya Mai lagi kerja,
00:34:20 - 00:34:22
tapi dia diem aja gak ngapa-ngapain.
00:34:23 - 00:34:26
Jadi disitu si bokapnya Mai langsung cepat-cepat nyelesain kerjaannya,
00:34:26 - 00:34:27
terus langsung balik lah.
00:34:27 - 00:34:28
Karena dia tahu,
00:34:28 - 00:34:29
ini setan gitu loh.
00:34:31 - 00:34:32
Akhirnya semenjak saat itu,
00:34:32 - 00:34:34
orang tua Mai ini mutusin buat ke orang pinter.
00:34:34 - 00:34:40
Karena udah kayak banyak banget lah teror-teror yang dialamin sama keluarganya kan.
00:34:40 - 00:34:42
Kata Mai, kalau lo pada tahu tuh,
00:34:42 - 00:34:46
di Banjarmasin kan ada yang namanya suku Dayak sama suku Banjar.
00:34:46 - 00:34:49
Nah orang pinter yang didatengin sama keluarga Mai ini,
00:34:49 - 00:34:51
ini adalah orang dari suku Dayak.
00:34:51 - 00:34:55
Nah beliau itu emang masih ngejaga banget lah budaya Dayaknya itu.
00:34:55 - 00:34:57
Waktu nyokapnya Mai ketemu orang pinter ini,
00:34:57 - 00:34:59
dia ngasih tahu lah apa yang terjadi semuanya,
00:34:59 - 00:35:01
dan ternyata selama ini,
00:35:01 - 00:35:03
keluarga Mai itu dikirimin santet.
00:35:03 - 00:35:05
Kata si orang pinter ini.
00:35:05 - 00:35:07
Bentukannya tuh kayak lidi biasa,
00:35:07 - 00:35:09
tapi ada isinya.
00:35:09 - 00:35:12
Dan lidi itu tuh ditanam di taman depan kamar Mai,
00:35:12 - 00:35:14
persis waktu pas Mai tuh ngeliat bayangan hitam,
00:35:14 - 00:35:15
yang di depan kamarnya itu tuh.
00:35:15 - 00:35:17
Oh iya inget-inget-inget.
00:35:17 - 00:35:18
Dan ternyata plot twist-nya bih,
00:35:19 - 00:35:20
orang pinter itu bilang,
00:35:20 - 00:35:25
kalau santet itu dikirim dari tetangga mereka yang baik banget sama keluarga mereka.
00:35:25 - 00:35:26
Kok kayak gitu sih?
00:35:26 - 00:35:28
Nah makanya dari yang tadi lo bilang juga bih,
00:35:28 - 00:35:30
kayak sembilan tahun padahal,
00:35:30 - 00:35:32
mereka tuh tetangga dan akrab banget kan,
00:35:32 - 00:35:35
tapi ternyata yang ngirimin santet ya tetangganya itu sendiri.
00:35:37 - 00:35:40
Rumah tetangganya tuh persis banget di sebelah kanan rumahnya mereka,
00:35:40 - 00:35:41
rumah keluarga Mai ini.
00:35:42 - 00:35:46
Dan ternyata mereka tuh iri sama usaha punya bokapnya si Mai ini.
00:35:47 - 00:35:49
Nih by the way bokapnya Mai itu tuh punya dua usaha,
00:35:49 - 00:35:51
dan dua-duanya tuh sukses banget lah.
00:35:51 - 00:35:53
Jadi bisa dibilang ya di komplek itu,
00:35:53 - 00:35:55
di lingkungan mereka tuh,
00:35:55 - 00:35:57
keluarga Mai tuh orang kaya lah, orang berada.
00:35:58 - 00:36:00
Terus ternyata si tetangganya ini emang pengen,
00:36:00 - 00:36:03
si keluarga Mai itu pindah dari rumah itu,
00:36:03 - 00:36:04
karena sirik.
00:36:05 - 00:36:06
Nyokapnya Mai minta bantuan lah,
00:36:06 - 00:36:09
buat diilangin tuh santetnya sama si orang dayak ini,
00:36:09 - 00:36:10
orang pinter ini.
00:36:10 - 00:36:12
Ternyata kata orang pinter itu,
00:36:12 - 00:36:15
beliau ini gak bisa bantu walaupun mereka tuh sedara,
00:36:15 - 00:36:18
karena datu atau leluhurnya dari nyokapnya Mai ini gak ngasih restu.
00:36:19 - 00:36:22
Akhirnya mau gak mau ya mereka cari cara buat ke orang lain lah,
00:36:22 - 00:36:23
orang pinter yang lainnya gitu.
00:36:24 - 00:36:25
Dapat nih,
00:36:25 - 00:36:27
ada dari keluarga bokapnya Mai yang bisa ngebantu,
00:36:27 - 00:36:30
dan emang masih keturunan ulama.
00:36:30 - 00:36:31
Kata Mai tuh nyokapnya dia tuh,
00:36:31 - 00:36:34
juga keturunan campuran orang dayak sama ulama.
00:36:34 - 00:36:36
Nah mungkin ini bisa jadi alasan,
00:36:36 - 00:36:39
leluhur nyokapnya Mai ini gak ngasih izin sama orang dayak itu,
00:36:39 - 00:36:40
karena ya gak seketurunan,
00:36:40 - 00:36:42
gak ada darah ulamanya juga gitu.
00:36:43 - 00:36:45
Udah lah singkat cerita,
00:36:45 - 00:36:48
keluarga bokap Mai ini minta izin sama leluhur nyokapnya Mai,
00:36:48 - 00:36:49
buat ngebantu.
00:36:49 - 00:36:52
Nah dan waktu beliau ngasih izin,
00:36:52 - 00:36:55
keluarga Mai tuh denger kaya bunyi lonceng dari segala arah,
00:36:55 - 00:36:56
yang gak tau dari mana asalnya.
00:36:56 - 00:36:59
Jadi di ruangan itu kaya ada suara teng, teng, teng,
00:36:59 - 00:37:01
tapi gak tau asal dari mana gitu.
00:37:01 - 00:37:02
Nah tiba-tiba,
00:37:02 - 00:37:04
orang pinter itu tuh kaya kesurupan,
00:37:04 - 00:37:07
dan langsung komunikasi sama nyokapnya Mai.
00:37:07 - 00:37:09
Di situ tuh dia tuh nyuruh nyokapnya Mai tuh,
00:37:09 - 00:37:11
buat ngasih kaya mahar dalam tanda kutip ya,
00:37:11 - 00:37:13
buat melakukan pembersihan rumah mereka.
00:37:14 - 00:37:15
Singkat cerita,
00:37:15 - 00:37:18
semua yang dia minta tuh udah dipenuhin,
00:37:18 - 00:37:21
udah tuh si beliau ini mulailah ngasih pembersihan tuh.
00:37:22 - 00:37:24
Pertama dari keluarga Mai ini,
00:37:24 - 00:37:26
si orang pinter ini mandiin,
00:37:26 - 00:37:28
terus beliau tuh kaya ngerajah.
00:37:28 - 00:37:29
Ngerajah tuh kaya intinya,
00:37:29 - 00:37:32
dia tuh nulisin tulisan Arab ke badan keluarga Mai,
00:37:32 - 00:37:33
ini satu-satu gitu.
00:37:34 - 00:37:35
Terus setelah selesai,
00:37:35 - 00:37:37
beliau tuh ngasih air dan nyuruh bokapnya Mai,
00:37:37 - 00:37:41
buat nyiram ke tempat yang jadi posisi si lidi itu tuh,
00:37:42 - 00:37:44
disiram air itu setiap waktu maghrib.
00:37:44 - 00:37:45
Lidinya masih ada?
00:37:45 - 00:37:46
Masih ada.
00:37:46 - 00:37:47
Wah.
00:37:47 - 00:37:48
Nah bener aja tapi bau.
00:37:48 - 00:37:49
Singkat cerita,
00:37:49 - 00:37:53
kan bokapnya Mai kan jadi kaya sering nuangin air itu kan,
00:37:53 - 00:37:54
waktu pas maghrib itu.
00:37:55 - 00:37:56
Nah tiba-tiba,
00:37:56 - 00:37:57
dari dalam tanah itu,
00:37:57 - 00:38:00
keluarlah bungkusan kain hitam gitu bih,
00:38:00 - 00:38:01
kaya bungul gitu ya?
00:38:01 - 00:38:02
Iya.
00:38:02 - 00:38:04
Keluarlah jadi kaya bukan lidi doang tuh akhirnya.
00:38:05 - 00:38:07
Langsung tuh dibuanglah ke sungai gede tuh si kain hitam itu tuh,
00:38:07 - 00:38:08
si bonggul itu.
00:38:09 - 00:38:10
Nah setelah kejadian itu,
00:38:10 - 00:38:11
pas udah dibersihin ya,
00:38:11 - 00:38:13
pas udah disiramin,
00:38:13 - 00:38:14
tetangga mereka,
00:38:14 - 00:38:16
tetangga si keluarga Mai ini,
00:38:16 - 00:38:18
yang ngirim santet itu malah tiba-tiba pindah duluan,
00:38:18 - 00:38:19
dari rumah mereka,
00:38:19 - 00:38:20
gak tau kenapa.
00:38:20 - 00:38:23
Nah terus ternyata keluarga Mai pun juga,
00:38:23 - 00:38:25
perlu tempat yang lebih gede buat usaha mereka,
00:38:25 - 00:38:28
akhirnya mereka pun juga mutusin buat pindah dari rumah itu.
00:38:30 - 00:38:31
Dan ternyata sampai sekarang,
00:38:32 - 00:38:34
kata Mai ini rumah yang mereka dulu tempatin,
00:38:34 - 00:38:36
itu tuh jadi selalu kaya gonta-ganti milik.
00:38:37 - 00:38:38
Jatuhnya ya kaya,
00:38:38 - 00:38:40
gak ada yang pernah betah tinggal di sana,
00:38:40 - 00:38:41
ya mungkin karena ada,
00:38:41 - 00:38:43
sesuatu hal yang dalam darah kutip,
00:38:43 - 00:38:44
ada ilmu hitam di dalam rumah itu kan.
00:38:45 - 00:38:46
Jadi rumah itu ya,
00:38:46 - 00:38:47
selalu kaya gitu tuh,
00:38:47 - 00:38:48
gak pernah ada yang betah tinggal di sana.
00:38:48 - 00:38:49
Oh itu disewain ya bukan dijual?
00:38:49 - 00:38:50
Enggak, iya disewain.
00:38:51 - 00:38:52
Dan berganti-ganti terus,
00:38:52 - 00:38:53
jadi kaya,
00:38:53 - 00:38:55
hitungannya yang tadinya gak ada apa-apa,
00:38:55 - 00:38:58
gara-gara kena kiriman atau kena santet,
00:38:58 - 00:39:00
jadi malah pindah ke situ ya,
00:39:00 - 00:39:01
si sosoknya.
00:39:01 - 00:39:03
Iya mungkin karena emang udah diberesin,
00:39:03 - 00:39:04
semua kan udah gak kena tuh,
00:39:04 - 00:39:06
si keluarga Mai udah gak kena santet kan.
00:39:06 - 00:39:08
Nah mungkin bisa jadi karena itu bekas tanah,
00:39:08 - 00:39:09
abis disantet,
00:39:09 - 00:39:11
ya jadi kaya ada beneran kutip ya,
00:39:11 - 00:39:12
kaya gak berkah aja gitu lebih.
00:39:12 - 00:39:14
Wah anjir kasian banget sih.
00:39:14 - 00:39:15
Tapi emang gitu sih konsepnya,
00:39:15 - 00:39:18
kalau rumah lu emang bekas sesuatu energi negatif,
00:39:18 - 00:39:21
kalau memang belum dibersihin,
00:39:21 - 00:39:23
entah lu ada pengajian,
00:39:23 - 00:39:25
atau sesuai agama masing-masing,
00:39:25 - 00:39:27
rumah akan terus berhantu guys.
00:39:27 - 00:39:28
Oh berarti emang belum,
00:39:28 - 00:39:30
ya belum dibersihin secara total gitu ya.
00:39:30 - 00:39:31
Betul.
00:39:31 - 00:39:32
Bisa jadi.
00:39:46 - 00:39:47
Muih Binat,
00:39:47 - 00:39:50
jadi ini loh cerita yang tadi gue pengen ceritain,
00:39:50 - 00:39:55
bahwa gue disantet sama teman konten kreator gue sendiri.
00:39:55 - 00:39:56
Oh my God.
00:39:56 - 00:39:57
Epik sih anjir.
00:39:57 - 00:40:01
Jadi cerita ini terjadi pada tahun 2019,
00:40:01 - 00:40:03
dimana tuh saat itu tuh kaya,
00:40:03 - 00:40:04
gue punya channel Youtube lah,
00:40:04 - 00:40:06
yang isinya emang konten-konten horror,
00:40:06 - 00:40:09
tapi emang kaya diselingin sama konten-konten K-pop gitu loh.
00:40:09 - 00:40:11
Jadi kaya ngeramal-ngeramal atau enggak,
00:40:11 - 00:40:15
sudut pandang supernaturalnya dari K-pop gitu.
00:40:15 - 00:40:16
Oke.
00:40:16 - 00:40:18
Nah terus jadi nih,
00:40:18 - 00:40:22
sebelum gue konten sama teman indigo gue yang gue mau ceritain ini,
00:40:22 - 00:40:26
gue tuh konten dulu sama teman indigo gue yang,
00:40:26 - 00:40:28
anggap aja namanya Mister A.
00:40:28 - 00:40:29
Oke.
00:40:29 - 00:40:32
Oke, jadi Mister A ini nih gue udah cukup kenal lama lah,
00:40:32 - 00:40:36
dan kita tuh kaya udah punya pengalaman konten horror juga yang gue ceritain tadi.
00:40:36 - 00:40:37
Tapi nih,
00:40:37 - 00:40:40
suatu saat nih Mas A punya kesibukan di luar konten lah,
00:40:40 - 00:40:45
sampai dia akhirnya kaya ngerasa udah gak bisa ngeluangin waktu lagi gitu buat syuting.
00:40:45 - 00:40:48
Dan yaudah, akhirnya kita break dulu lah.
00:40:48 - 00:40:49
Nah dari situ,
00:40:49 - 00:40:53
si Mas A ini merekomendasikan teman indigo dia yang lain nih,
00:40:53 - 00:40:55
buat gantiin dia.
00:40:55 - 00:40:58
Dan kita panggil aja namanya Mbak Mawar.
00:40:58 - 00:40:59
Oke.
00:41:00 - 00:41:03
Nah akhirnya nih gue konten lah bareng sama Mbak Mawar.
00:41:03 - 00:41:06
Nah, pas konten itu gue trial dulu lah,
00:41:06 - 00:41:09
buat ngebaca karakter, artis-artis K-pop,
00:41:09 - 00:41:12
dan juga tentang pengatuan supernatural dia lah,
00:41:12 - 00:41:15
biar istilahnya tuh pas sama segmen konten-konten gue.
00:41:15 - 00:41:16
Ya, paham.
00:41:16 - 00:41:17
Ini berdua doang berarti ya?
00:41:17 - 00:41:18
Berdua doang, gue duet.
00:41:18 - 00:41:19
Oke.
00:41:19 - 00:41:21
Nah dari situ lah gue kaya udah mulai percaya lah,
00:41:21 - 00:41:23
bahwa nih cocok nih sama konten gue.
00:41:23 - 00:41:27
Di situ gue berjalan lah ngonten sama dia pelan-pelan.
00:41:28 - 00:41:31
Nah, dalam perjalanan gue ngonten bareng sama Mbak Mawar ini nih,
00:41:32 - 00:41:35
jadi nih gue tuh kaya ngerasa diadu domba nih,
00:41:35 - 00:41:38
sama Mbak Mawar terhadap Mas A,
00:41:38 - 00:41:40
atau Mister A ini tadi kan.
00:41:40 - 00:41:42
Sorry, jadi lu diadu domba sama Mbak Mawar,
00:41:42 - 00:41:45
buat ya dalam tandaan kutip berantem sama Mister A?
00:41:45 - 00:41:46
Betul.
00:41:46 - 00:41:48
Yang tadinya yaudah gue break baik-baik,
00:41:48 - 00:41:49
jadi break gak baik-baik nih.
00:41:49 - 00:41:50
Oh.
00:41:50 - 00:41:51
Gitu.
00:41:51 - 00:41:54
Tapi kan karena di situ gue lebih banyak komunikasi sama Mbak Mawar,
00:41:54 - 00:41:56
ya jadinya gue percaya-percaya aja dong,
00:41:56 - 00:41:59
dan oh ternyata si Mister A begini ya orangnya ya,
00:41:59 - 00:42:03
kok ini alasan kenapa dia break konten sama gue, gitu.
00:42:03 - 00:42:07
Intinya sih, gue berprasangka buruk lah sama si Mister A ini.
00:42:07 - 00:42:08
Oke.
00:42:08 - 00:42:13
Nah tapi ya di situlah dimulai awalnya dari kisah gue.
00:42:13 - 00:42:14
Oke.
00:42:15 - 00:42:17
Dalam perjalanan gue konten ini nih,
00:42:17 - 00:42:19
gue gak ada curiga sama sekali sih sama si Mbak Mawar ini nih,
00:42:19 - 00:42:23
karena Mbak Mawar ini nih tipikalnya tuh care banget sama gue,
00:42:23 - 00:42:27
kaya beda aja perlakuannya dia ke gue gitu kan,
00:42:27 - 00:42:29
dia kelihatan lebih pengertian,
00:42:29 - 00:42:33
terus kaya apa ya, kaya gak sebatas rekan partner aja lah,
00:42:33 - 00:42:35
tapi bener-bener care dari segala.
00:42:35 - 00:42:36
Gue ditanyain,
00:42:36 - 00:42:38
lu mau makan apa, lu sehat apa enggak,
00:42:38 - 00:42:41
terus kaya mungkin dibacain juga,
00:42:41 - 00:42:43
oh jodohnya kaya gini-gini ya tipikal,
00:42:43 - 00:42:47
kaya ada sesuatu kaya yang dia pengenin deh dari gue gitu.
00:42:47 - 00:42:48
Oke.
00:42:48 - 00:42:49
Tapi karena dia udah berkeluarga,
00:42:49 - 00:42:52
kan gue agak-agak tanda kutip ya,
00:42:52 - 00:42:56
ini sebenarnya mau ngelobi atau mau deketin nih,
00:42:56 - 00:42:58
sama tante-tante juga dong, serem cuy.
00:42:58 - 00:42:59
Oke.
00:43:00 - 00:43:04
Walaupun kaya ada satu hal yang ganjal gitu loh sama Mbak Mawar ini,
00:43:04 - 00:43:06
jadi dia tuh pernah cerita ke gue,
00:43:06 - 00:43:10
kalau dia tuh sering banget namanya ngadain ritual.
00:43:10 - 00:43:15
Nah dia tuh juga pernah ngajak gue buat ikut ritual di kota tua.
00:43:15 - 00:43:17
Random aja ngajaknya?
00:43:17 - 00:43:19
Ya kaya ngajakin aja random,
00:43:19 - 00:43:20
Bo, mau ikut gak Bo,
00:43:20 - 00:43:22
aku pengen ritual nih di kota tua.
00:43:22 - 00:43:24
Tapi lu tau gak kaya ritual dia tuh ngapain gitu?
00:43:24 - 00:43:25
Ini gue mau jelasin.
00:43:25 - 00:43:26
Oke.
00:43:26 - 00:43:30
Jadi nih, dia tuh ngajak gue ritual ke kota tua,
00:43:30 - 00:43:36
katanya buat ketemu sama Raja atau Ratu Kuntilanak gitu loh.
00:43:36 - 00:43:37
Anjrit.
00:43:37 - 00:43:41
Nah dia juga bilang katanya nih suka makan bunga kantil gitu,
00:43:41 - 00:43:42
tau gak guys bunga kantil?
00:43:42 - 00:43:43
Bunga kantil yang gimana ya?
00:43:43 - 00:43:47
Bunga kantil tuh sejenis kayak bunga yang melatih gitu,
00:43:47 - 00:43:49
pokoknya suka dibuat ritual-ritual gitu deh.
00:43:49 - 00:43:50
Oke.
00:43:50 - 00:43:54
Sama kaya dimakan sama orang-orang yang ngilmu gitu loh.
00:43:54 - 00:43:55
Oke.
00:43:55 - 00:43:58
Yang suka makan bunga kantil ini siapa, si Mbak Mawar?
00:43:58 - 00:44:03
Iya langsung, yang dimana biasanya bunga kantil itu dimakan sama Kuntilanak guys.
00:44:03 - 00:44:04
Oh aduh.
00:44:04 - 00:44:06
Nah gak itu aja nih keanehannya nih,
00:44:06 - 00:44:11
bahkan nih si Mbak Mawar ini pernah nawarin gue buat pasang susuk sama,
00:44:11 - 00:44:14
yang tadi gue ceritain join ritual yang aneh-anehnya itu dia deh.
00:44:14 - 00:44:17
Malah gue pernah diajak untuk ke kampungnya dia,
00:44:17 - 00:44:20
untuk ketemu sama gurunya dia,
00:44:20 - 00:44:23
yang bisa dibilang dia tuh lebih kuat dan lebih sakti.
00:44:23 - 00:44:26
Tapi ini kan kaya kontradiksi ya,
00:44:26 - 00:44:30
Mbak Mawar ini mengajarkan gue untuk kaya rajin ibadah juga.
00:44:31 - 00:44:32
Aneh gak sih?
00:44:32 - 00:44:33
Ibadah agama.
00:44:33 - 00:44:34
Agama.
00:44:34 - 00:44:36
Tapi dia juga ngajak ke hal-hal yang mistis kayak gitu.
00:44:36 - 00:44:38
Betul, kontradiktif gak bro?
00:44:38 - 00:44:39
Iya, iya.
00:44:39 - 00:44:44
Dan yang gue rasa atau gue pikirin kok berbeda banget ya dengan temen gue yang Mr. A ini nih,
00:44:44 - 00:44:49
yang selama ini gue coba untuk pelajari dalam sudut pandang supranatural.
00:44:49 - 00:44:51
Ini benar-benar kearah,
00:44:51 - 00:44:55
ini benar-benar kearah kaya goibnya tuh klenik gitu loh.
00:44:56 - 00:44:58
Nah Mbak Mawar juga nih ya pernah cerita,
00:44:58 - 00:45:00
kalau dia punya banyak kodam,
00:45:00 - 00:45:04
dan yang paling kuat itu adalah Ratu Kuntilanak tadi yang gue ceritain.
00:45:04 - 00:45:05
Wah gila.
00:45:05 - 00:45:08
Dan si Ratu ini nih punya banyak pasukan kunti,
00:45:08 - 00:45:11
yang nge-back up Mbak Mawar di situasi tertentu.
00:45:12 - 00:45:16
Memang sih hati kecil gue nih kaya ngerasa ada alarm yang nyala deh,
00:45:16 - 00:45:17
kaya perasaan gak enak,
00:45:17 - 00:45:19
tapi mungkin karena gue naif banget ya,
00:45:19 - 00:45:22
jadi itu kaya gue gak ambil pusing aja deh soal Mbak Mawar,
00:45:22 - 00:45:24
yang penting gue gak ikutin gitu,
00:45:24 - 00:45:29
dan nanggap itu tuh cuma kaya angin lewat aja biar cepet, yayain aja.
00:45:29 - 00:45:34
Terus ya akhirnya gue mutusin untuk ya tetap lanjut konten aja sama dia,
00:45:34 - 00:45:36
selama kontennya gak ke arah-arah sana.
00:45:37 - 00:45:40
Sering berjalannya waktu nih channel gue juga makin berkembang,
00:45:40 - 00:45:42
kenalan gue juga makin banyak nih.
00:45:42 - 00:45:47
Dan akhirnya circle teman-teman gue dikelilingi oleh banyak teman-teman indigo.
00:45:47 - 00:45:51
Dan gue juga sendiri gak konten bareng sama Mbak Mawar aja,
00:45:51 - 00:45:55
disitu gue mulai ngajak Mbak Mawar sama teman-teman indigo gue untuk penelusuran.
00:45:56 - 00:46:01
Nah di penelusuran tersebut ya gue banyak lah mulai kejadian-kejadian aneh-aneh juga,
00:46:01 - 00:46:02
dan lain-lain.
00:46:02 - 00:46:07
Dan berjalannya waktu, hal yang paling ganjal di hati gue tuh udah mulai,
00:46:07 - 00:46:09
ini kayanya gak beres deh.
00:46:09 - 00:46:17
Yaitu ketika gue diadu domba kembali oleh teman-teman indigo yang baru gue kenali nih.
00:46:18 - 00:46:19
Jadi misalkan nih,
00:46:20 - 00:46:26
dulu indigo, si Mbak Mawar bilang bahwa si Bo ini nih orangnya ini nih jelek-jelekin kamu,
00:46:26 - 00:46:29
gak suka sama kamu gini-gini.
00:46:30 - 00:46:33
Nah sedangkan si Mbak Mawar itu bilang ke aku nih,
00:46:33 - 00:46:37
eh Bo, Nadila ini nih orangnya gini-gini loh,
00:46:37 - 00:46:41
kamu tau gak sih bakingannya itu atau kodamnya itu tuh negatif banget sebenarnya,
00:46:41 - 00:46:43
dia mau nyerah aku.
00:46:43 - 00:46:47
Nah sampai di suatu titik gue ngerasa kayaknya gak ada yang benar nih.
00:46:47 - 00:46:50
Gue ketemu sama Nadila, ini contohnya aja ya.
00:46:50 - 00:46:53
Gue ketemu sama Nadila dan gue klarifikasi,
00:46:53 - 00:46:55
Nadila lu emang kayak gini-gini ya?
00:46:55 - 00:46:58
Dan Nadila juga bilang ke gue, Bo lu bukannya gini-gini ke gue,
00:46:58 - 00:47:00
karena gue sempat ribut sama dia.
00:47:00 - 00:47:04
Tapi gue gak ajak Mbak Mawar ketika gue ketemu sama Mbak Nadila.
00:47:04 - 00:47:08
Gitu, disitulah akhirnya gue tau nih orang,
00:47:08 - 00:47:13
aduh dong Mbak gue fix karena gue udah mengonfirmasi kan sama teman indigo gue itu.
00:47:13 - 00:47:14
Toksik ya.
00:47:14 - 00:47:15
Toksik banget.
00:47:16 - 00:47:19
Dari situlah hubungan gue sama Mbak Mawar ini jadi mulai agak renggang nih,
00:47:19 - 00:47:23
karena gue udah ngerasa apa ya, aneh banget dan jaga jarak lah,
00:47:23 - 00:47:25
walaupun gue tetap konten biasa ya.
00:47:25 - 00:47:30
Karena itu gue akhirnya jadi kayak jarang ngajak Mbak Mawar konten bareng sama gue lagi.
00:47:30 - 00:47:32
Nah gue akhirnya ngajak yang lain tuh konten,
00:47:32 - 00:47:37
teman-teman indigo gue yang lain dan teman-teman indigo gue yang baru buat konten bareng.
00:47:37 - 00:47:44
Tapi disitu akhirnya gue merasa bahwa kehidupan gue udah mulai gak tenang lagi.
00:47:44 - 00:47:49
Setiap malam gue kok yang tadinya gak indigo ya, yang gak sensitif,
00:47:49 - 00:47:52
malah bisa dibilang gue tuh orang yang gak peka sama sekali.
00:47:53 - 00:47:55
Mulai ada bayangan-bayangan yang sering lewat,
00:47:55 - 00:47:58
tidur gue gak enak, susah tidur,
00:47:58 - 00:48:03
atau ketika lu dalam memasuki fase-fase masuk ke alam mimpi,
00:48:03 - 00:48:06
dari lu mau tidur terus ke alam mimpi,
00:48:06 - 00:48:10
kan ada tuh yang namanya alam lucid dream lah,
00:48:10 - 00:48:12
jadi lu ngerti kayak masih bisa ngeraba,
00:48:12 - 00:48:15
kok kayak ada orang di samping gue,
00:48:15 - 00:48:18
atau enggak kayak ada rasa takut yang berbeda.
00:48:19 - 00:48:24
Rasa takut yang berbeda itu adalah kayak lu tuh merinding,
00:48:24 - 00:48:28
tapi tau disitu gak ada siapa-siapa,
00:48:28 - 00:48:30
tapi lu tertekan juga,
00:48:30 - 00:48:34
bener-bener kalau lu mau teriak, teriak, dan gak bisa teriak guys.
00:48:36 - 00:48:40
Dan juga nih ketika gue lagi masak atau apa gitu kan,
00:48:41 - 00:48:43
kayak bayangan tuh ada tuh di kamar mandi,
00:48:43 - 00:48:45
atau gak di balkon, karena gue tinggal di apartemen kan.
00:48:46 - 00:48:48
Tapi sebelumnya lu gak pernah ngerasain kayak gitu kan Bo?
00:48:48 - 00:48:51
Gak pernah, dan yang paling parah lagi,
00:48:51 - 00:48:53
gue tinggal di apartemen tuh sendirian,
00:48:53 - 00:48:55
dan gue kan kayak dua bedroom gitu ya,
00:48:56 - 00:48:59
kan gak mungkin kalau ada orang yang ngetuk-ngetuk pintu kamar gue,
00:49:00 - 00:49:02
kecuali pintu unit gue, pintu oke lah,
00:49:02 - 00:49:05
ini pintu kamar gue, dan gue tinggal sendirian,
00:49:05 - 00:49:06
siapa yang ngetuk.
00:49:07 - 00:49:09
Dan ada lagi nih ketika gue lagi main game,
00:49:09 - 00:49:13
gue kan fokus ya, itu gue dengar suara-suara aneh.
00:49:13 - 00:49:14
Suara aneh?
00:49:14 - 00:49:17
Suara ketawa, tapi yang anehnya tau gak dari mana?
00:49:17 - 00:49:18
Mana?
00:49:18 - 00:49:19
Dari luar jendela.
00:49:19 - 00:49:20
Wah gila.
00:49:20 - 00:49:23
Sedangkan jendela itu gue di lantai 10.
00:49:23 - 00:49:25
Anjir, dan lu gak punya balkon?
00:49:25 - 00:49:27
Ada, tapi itu kan balkon di belakang,
00:49:27 - 00:49:28
ini samping kamar gue.
00:49:28 - 00:49:30
Aduh, gue merinding banget lagi bangsat.
00:49:30 - 00:49:31
Persis.
00:49:31 - 00:49:32
Anjir.
00:49:32 - 00:49:35
Nah ternyata gangguannya gak sekedar itu aja,
00:49:35 - 00:49:37
nyokap gue juga udah mulai sakit-sakitan,
00:49:37 - 00:49:39
tapi sakit-sakitannya aneh.
00:49:39 - 00:49:42
Dan nyokap gue kan suka kayak bikin kue gitu ya malem-malem gitu kan,
00:49:42 - 00:49:44
tengah malem, pesanan kue,
00:49:44 - 00:49:47
dan disitu kayak nyokap gue yang gak pernah nelfon gue
00:49:47 - 00:49:49
untuk menanyakan hal supernatural,
00:49:49 - 00:49:51
tiba-tiba menanyakan itu,
00:49:51 - 00:49:53
wow kamu abis konten apa sih?
00:49:53 - 00:49:54
Atau wow kamu kenapa sih?
00:49:54 - 00:49:56
Kok Ibu kok lagi ini ya?
00:49:56 - 00:49:59
Tolong dong tanyain sama temen indigo kamu kenapa.
00:50:00 - 00:50:03
Nah karena udah nyokap gue bersabda seperti itu,
00:50:03 - 00:50:06
ya gue akhirnya nanya dong sama temen-temen indigo gue yang lain,
00:50:06 - 00:50:08
dan malah bakal jadi bahan konten gue,
00:50:08 - 00:50:10
kan lumayan tadinya kayak gitu.
00:50:10 - 00:50:12
Ternyata guys,
00:50:12 - 00:50:18
dan temen-temen indigo gue yang lain bilang bahwa gue itu tuh lagi kena serang.
00:50:18 - 00:50:19
Wow, dan di suatu malam,
00:50:19 - 00:50:22
ini adalah titik dimana akhirnya gue udah mulai bertindak.
00:50:22 - 00:50:25
Yaitu ketika gue baru selesai kerja,
00:50:25 - 00:50:27
disitu gue lagi abis nge-I.O lah.
00:50:27 - 00:50:30
Jadi di apartemen gue itu tuh banyak banget temen-temen atau kru-kru gue
00:50:30 - 00:50:33
yang lagi abis mau event lah, istirahat event.
00:50:34 - 00:50:37
Disitu ya karena gue saking capeknya,
00:50:37 - 00:50:38
gue tidur dong.
00:50:39 - 00:50:41
Gue tidur disitulah.
00:50:41 - 00:50:43
Mimpi gue pertama kali seumur hidup,
00:50:43 - 00:50:46
mimpi yang paling nyata dan santat yang paling berasa,
00:50:46 - 00:50:48
di hidup gue berasa.
00:50:49 - 00:50:50
Gimana tuh?
00:50:50 - 00:50:52
Jadi gue tuh mimpi,
00:50:52 - 00:50:55
jadi gue lagi berada di sebuah rumah,
00:50:55 - 00:50:58
dan kayak gue tuh lagi pengen pergi keluar lah.
00:50:58 - 00:50:59
Pergi keluar,
00:50:59 - 00:51:01
ini udah dalam mimpi nih guys.
00:51:01 - 00:51:03
Gue mimpi gue tuh naik motor sama cowok,
00:51:03 - 00:51:04
gue gak tau siapa,
00:51:04 - 00:51:06
entah itu abang gojek mungkin kali ya.
00:51:06 - 00:51:10
Pokoknya gue keluar naik motor sama ojek tersebut,
00:51:10 - 00:51:13
dan gue menjauh dari rumah tersebut.
00:51:13 - 00:51:14
Karena kenapa ya,
00:51:14 - 00:51:15
gue tuh agak aneh sama rumah itu.
00:51:15 - 00:51:17
Rumah itu kayak rumah gubuk ya,
00:51:17 - 00:51:18
bukan rumah gue gitu loh.
00:51:18 - 00:51:22
Rumah gubuk yang udah tua dan ala-ala tradisional gitu.
00:51:22 - 00:51:24
Gue ngeliat ke belakang,
00:51:24 - 00:51:25
gue masih ingat aja,
00:51:25 - 00:51:26
ini gue kayak jarang banget gitu loh,
00:51:26 - 00:51:28
gue mimpi bisa ingat ya gak sih.
00:51:28 - 00:51:30
Ini gue bisa ingat dan gue bisa ngerasain betul,
00:51:30 - 00:51:31
karena beda banget mimpinya,
00:51:31 - 00:51:33
kayak real abis.
00:51:34 - 00:51:37
Setelah gue berjalan dengan motor tersebut bersama orang,
00:51:37 - 00:51:38
gonjengin gue cowok,
00:51:38 - 00:51:39
gue ingat banget,
00:51:39 - 00:51:41
di depan ada yang aneh,
00:51:41 - 00:51:43
gue ngeliat ke depan ada yang aneh.
00:51:43 - 00:51:46
Ada sosok kayak anjing,
00:51:46 - 00:51:48
tapi yang bikin aneh itu adalah,
00:51:48 - 00:51:51
anjingnya itu buntutnya panjang banget.
00:51:51 - 00:51:54
Bisa ada mungkin 3 sampai 4-5 meter.
00:51:54 - 00:51:55
Dan yang lebih anehnya lagi,
00:51:55 - 00:51:58
anjingnya itu tuh bentuknya bukan kayak anjing,
00:51:58 - 00:52:01
bentuknya itu kayak zombie anjing gitu loh,
00:52:01 - 00:52:04
yang dimana dagingnya itu kayak transparan,
00:52:04 - 00:52:06
tapi tulang belulangnya kelihatan.
00:52:06 - 00:52:09
Tapi bulu-bulunya itu tetap ada,
00:52:09 - 00:52:11
tapi kayak bulu-bulu jarang kayak zombie gitu,
00:52:11 - 00:52:12
zombie anjing gitu, ya gak sih.
00:52:12 - 00:52:14
Jadi zombie tapi bentuk kayak anjing.
00:52:14 - 00:52:15
Betul.
00:52:15 - 00:52:17
Tapi transparan, gak ada dagingnya,
00:52:17 - 00:52:19
tapi gue kelihatan tulangnya.
00:52:19 - 00:52:20
Ini mimpi nih.
00:52:20 - 00:52:23
Nah dari situ kan gue kayak parno ya sama si abang itu.
00:52:23 - 00:52:24
Nah gue gak tahu,
00:52:24 - 00:52:25
di mimpi itu kayak gue ngerasa,
00:52:25 - 00:52:26
ayo bang putar balik,
00:52:26 - 00:52:27
di situ gue panik.
00:52:27 - 00:52:29
Di mimpi itu terasanya yang gue ingat gue panik.
00:52:29 - 00:52:31
Tapi abangnya gak mau berhenti ataupun muter balik.
00:52:31 - 00:52:35
Jadi dia kayak tetap jalan aja terus-terusan.
00:52:36 - 00:52:39
Nah disitulah momen dimana akhirnya,
00:52:39 - 00:52:43
gue tuh pas naik motor kan kayak ngerasa takut ya,
00:52:43 - 00:52:45
ngelewatin tuh anjing.
00:52:45 - 00:52:48
Gue kayak refreks ngangkat kaki gitu kan.
00:52:48 - 00:52:51
Nah tapi ternyata kaki gue sebelah kanan,
00:52:51 - 00:52:52
gue ingat banget,
00:52:52 - 00:52:55
gue tuh kena salah satu buntutnya.
00:52:55 - 00:52:58
Di situ udah mulai ada rasa sakit tuh.
00:52:58 - 00:52:59
Akhirnya gue teriak,
00:52:59 - 00:53:01
tapi gak yang teriak gimana banget,
00:53:01 - 00:53:04
gue jatuh sama abang gojeknya itu ceritanya.
00:53:05 - 00:53:07
Nah di saat gue terjatuh itu,
00:53:07 - 00:53:10
tiba-tiba si anjingnya dari jarak yang jauh,
00:53:10 - 00:53:13
lari ke gue dengan cepatnya,
00:53:13 - 00:53:16
langsung tiba-tiba kayak ngelahap muka gue.
00:53:17 - 00:53:22
Di situ efek terasa nyata realnya gue rasain.
00:53:22 - 00:53:25
Yang gue rasain adalah ketika gue dilahap itu,
00:53:25 - 00:53:29
badan gue seluruh tubuh gue kayak ditusuk jarum kecil-kecil,
00:53:29 - 00:53:30
tapi seluruh tubuh.
00:53:31 - 00:53:35
Dan bener-bener di situ gue teriak pas lagi digigit itu.
00:53:35 - 00:53:38
Gue teriak sekeras-kerasnya dan di situ gue bangun,
00:53:38 - 00:53:39
tapi gue masih dalam kondisi teriak,
00:53:39 - 00:53:40
bisa bayangin gak?
00:53:40 - 00:53:41
Iya, iya.
00:53:41 - 00:53:42
Gue bangun tapi,
00:53:42 - 00:53:44
tapi gue masih bangun itu gue udah kayak,
00:53:45 - 00:53:47
di situ semua teman-teman gue,
00:53:47 - 00:53:48
yang teman-teman IO gue,
00:53:48 - 00:53:50
saksi buktinya, saksi nyatanya,
00:53:50 - 00:53:51
bahwa gue teriak kencang banget,
00:53:51 - 00:53:53
dan pada datang ke kamar gue.
00:53:53 - 00:53:55
Karena itu tuh gak lama,
00:53:55 - 00:53:57
dalam artian mungkin gue tidur jam,
00:53:57 - 00:53:59
jam 1 gue tertidur,
00:53:59 - 00:54:01
kali sekitar jam 3-nya lah,
00:54:01 - 00:54:02
jam 3-nya gue kebangun lagi.
00:54:02 - 00:54:04
Di situ teman-teman gue ada yang masih bangun,
00:54:04 - 00:54:05
dan dia udah nyamperin,
00:54:05 - 00:54:07
dan gue ceritakan apa yang gue ceritain.
00:54:07 - 00:54:10
Dan di situlah gue coba nanya lagi,
00:54:10 - 00:54:12
ke teman-teman indigo gue,
00:54:12 - 00:54:14
kalau ternyata,
00:54:14 - 00:54:16
fix bahwa gue tuh emang kena santet di situ.
00:54:16 - 00:54:17
Dari?
00:54:17 - 00:54:19
Dari Mbak Mawar.
00:54:19 - 00:54:20
Kenapa Mbak Mawar?
00:54:20 - 00:54:22
Karena ternyata yang nyerang gue,
00:54:22 - 00:54:25
itu di sekitar seluruh apartemen gue,
00:54:25 - 00:54:26
atau unit gue,
00:54:26 - 00:54:28
itu ada pasukan kuntilanak di luarnya.
00:54:28 - 00:54:30
Aduh gila, merinding banget.
00:54:30 - 00:54:32
Dan gue gak tahu nih,
00:54:32 - 00:54:33
bener apa enggak,
00:54:33 - 00:54:34
gue gak indigo kan.
00:54:34 - 00:54:37
Tapi teman-teman gue hampir 2 atau 3,
00:54:37 - 00:54:39
4 indigo itu tuh bilang hal yang sama,
00:54:39 - 00:54:41
bahwa pengirimnya adalah Mbak Mawar.
00:54:42 - 00:54:44
Karena ada esensi energi dia,
00:54:44 - 00:54:46
dan niatan dia udah gak baik ke gue.
00:54:47 - 00:54:49
Dan di situ akhirnya teman indigo gue,
00:54:49 - 00:54:51
gue ajak nginep seminggu di sana,
00:54:51 - 00:54:52
buat ngelindungin unit gue,
00:54:52 - 00:54:53
ngelindungin gue,
00:54:53 - 00:54:55
plus gue melakukan perjalanan ke rumah.
00:54:55 - 00:54:57
Kenapa balik lagi ke rumah?
00:54:57 - 00:55:00
Karena ternyata nyokap gue kena sasaran.
00:55:00 - 00:55:02
Karena si Mbak Mawar tahu,
00:55:02 - 00:55:04
untuk nyantet gue itu susah.
00:55:04 - 00:55:06
Tipikal kan setiap orang berbeda-beda,
00:55:06 - 00:55:08
gue adalah tipikal orang yang susah disantet.
00:55:08 - 00:55:10
Dan di situ dia tahu kelemahan gue,
00:55:10 - 00:55:12
kelemahan gue adalah orang tua.
00:55:12 - 00:55:14
Kalau orang tua gue kenapa-kenapa,
00:55:14 - 00:55:16
pasti gue gak bisa yang namanya fokus kerja,
00:55:16 - 00:55:20
gak bisa yang namanya untuk berkreasi lagi.
00:55:20 - 00:55:22
Intinya dia tahu kelemahan gue.
00:55:22 - 00:55:24
Dari situ yaudah,
00:55:24 - 00:55:25
gue disarankan sama teman-teman gue,
00:55:25 - 00:55:27
melakukan pembersihan,
00:55:27 - 00:55:29
terus gue dipasang pagar,
00:55:29 - 00:55:30
unit gue,
00:55:30 - 00:55:33
dan itu kayaknya perang abis-abisan sih,
00:55:33 - 00:55:34
dari yang gue lihat.
00:55:34 - 00:55:37
Karena teman gue kan sempat kayak kesurupan gitu lah.
00:55:37 - 00:55:39
Jadi kodamnya masuk untuk ngelawan,
00:55:39 - 00:55:41
kodamnya si Mbak Mawar itu.
00:55:41 - 00:55:44
Dari situ akhirnya gue selamat,
00:55:44 - 00:55:47
dan gue tanya lagi ke Kiai-Kiai lah,
00:55:47 - 00:55:48
untuk memastikan,
00:55:48 - 00:55:50
untuk memvalidasi.
00:55:50 - 00:55:52
Ternyata sukma gue itu tuh,
00:55:52 - 00:55:55
sebelah kanan itu tuh rusak.
00:55:55 - 00:55:56
Hah?
00:55:56 - 00:55:57
Gara-gara?
00:55:57 - 00:56:00
Gara-gara si buntut yang gue kenain itu,
00:56:00 - 00:56:03
ternyata dimulai ditanamnya tuh malah dari kaki.
00:56:03 - 00:56:04
Wow.
00:56:04 - 00:56:06
Jarum-jarumnya itu tuh seperti efek.
00:56:06 - 00:56:09
Jadi tuh efek jarumnya itu kayak efek penolakan,
00:56:09 - 00:56:10
kayak antibodi lu gitu loh,
00:56:10 - 00:56:12
tapi dalam hal supranatural lah.
00:56:12 - 00:56:15
Sebenarnya untuk ngelindungin sukma gue,
00:56:15 - 00:56:17
katanya Siki itu.
00:56:17 - 00:56:19
Ya alhasil,
00:56:19 - 00:56:21
gue sekarang udah mulai selektif lagi sih,
00:56:21 - 00:56:23
untuk milih teman konten.
00:56:23 - 00:56:25
Dan udah mulai mempelajari kayak,
00:56:25 - 00:56:28
ya ternyata tuh dunia supranatural itu tuh,
00:56:28 - 00:56:29
luas banget.
00:56:29 - 00:56:31
Dan hal-hal yang berbau klenik,
00:56:31 - 00:56:33
hal-hal yang di luar jalur ketuahanan,
00:56:33 - 00:56:35
itu pasti efeknya gak bagus.
00:56:36 - 00:56:38
Dan sampai sekarang lu udah gak pernah ketemu lagi
00:56:38 - 00:56:39
sama si Mawar ini?
00:56:39 - 00:56:40
Udah enggak.
00:56:40 - 00:56:41
Dan di situ,
00:56:41 - 00:56:43
gue bener-bener los kontak,
00:56:43 - 00:56:44
gue blok dan gue lain-lain,
00:56:44 - 00:56:48
dan dia masih menyebar hal-hal negatif sampai sekarang.
00:56:48 - 00:56:49
Ke lu?
00:56:49 - 00:56:50
Ke gue.
00:56:50 - 00:56:51
Wow.
00:56:51 - 00:56:53
Berarti kita cerita kayak gini dia denger dong?
00:56:53 - 00:56:55
Pasti.
00:57:53 - 00:58:13
Sub indo by broth3rmax
Buka semua fitur dengan download aplikasi Noice
Kunjungi App