Noice Logo
Masuk

Pesan Terakhir

33 Menit

Pesan Terakhir

4 Juni 2024

37

Arwah yang gentayangan bukan untuk mengganggu orang yang masih hidup, ternyata untuk memberikan Pesan Terakhir. Part 1:  Korban Tabrak Kereta Part 2: Teror Arwah Gantung Diri Part 3: Telepon Misterius Buat yang mau ceritanya dibawain, bisa kirim cerita ke email scarythings.indo@gmail.com

Komentar
Lihat Semua (37)








Lihat episode lain
Transkrip
00:00:00 - 00:00:11
Muiby, katanya 40 hari setelah orang itu meninggal, arwahnya itu masih gentayangan di sekitaran kita, sebelum dia dipanggil ke akhirat atau ninggalin dunia.
00:00:11 - 00:00:13
Iya banyak yang bilang gitu sih.
00:00:13 - 00:00:22
Gue gak tau sih, benar apa enggak, tapi bisa jadi benar, karena banyak kasusnya tuh. Beberapa waktu setelah orang meninggal, arwahnya mereka gentayangan.
00:00:22 - 00:00:30
Mungkin tujuan mereka gentayangan tuh bukan nakutin, tapi ngasih tau pesan terakhir yang belum sempat mereka sampein.
00:00:30 - 00:00:54
Nah bahkan, gue dapet cerita nih, arwah yang udah meninggal di bulan keduanya yang gue gak tau udah lebih dari 40 hari atau enggak, tapi masih ngegentayangin orang-orang di sekitarnya.
00:01:01 - 00:01:14
Ada satu cerita tentang korban kecelakaan di daerah Bekasi, yang dia nyampein satu pesannya, dan menurut gue ini horor banget sih kalau lu ngalamin langsung.
00:01:16 - 00:01:25
Jadi di akhir tahun 2013, ada satu korban laki-laki dan satu korban perempuan ketabrak kereta api di stasiun Kranji.
00:01:25 - 00:01:29
Nah dari cerita penduduk sekitar, cerita ini tuh horor banget.
00:01:29 - 00:01:36
Jadi pas sebelum kejadian korban ini nih, ada satu anak perempuan pake baju gamis dan ikro di tangannya,
00:01:36 - 00:01:41
yang mana anak perempuan ini tuh lagi pengen ke tempat dia ngaji.
00:01:41 - 00:01:48
Setelah maghrib dia pergi, terus tempat dia ngaji ini itu deket banget sama rel kereta.
00:01:48 - 00:01:57
Pas si anak kecil cewek ini ngelewatin rel kereta itu, dia ngeliat ada sepasang cewek sama cowok yang kayaknya mereka pacaran.
00:01:57 - 00:02:00
Mereka berduaan nih duduk di atas rel kereta api.
00:02:01 - 00:02:05
Nah si anak cewek ini lewat sambil bilang permisi ke pasangan itu.
00:02:05 - 00:02:10
Udah lewat rel nih, dia sampe ke tempat ngajinya, yang karena deket banget itu kan.
00:02:10 - 00:02:13
Dia ngomong ke guru ngajinya ini,
00:02:13 - 00:02:18
bu tadi ada orang yang duduk di rel tuh, berapa orang neng?
00:02:18 - 00:02:19
Berdua bu.
00:02:19 - 00:02:23
Yaudah nanti bu kesana deh buat bilangin jangan duduk di atas rel.
00:02:23 - 00:02:24
Kamu lanjut ngaji ya.
00:02:25 - 00:02:31
Udah tuh ibu ini keluar, terus si ibu ini ngedeketin dua orang yang duduk di atas rel itu.
00:02:31 - 00:02:36
Si ibu ini bilang, mas duduknya jangan di rel ya, nanti takut ada kereta.
00:02:37 - 00:02:42
Si cowoknya jawab, iya bu makasih, nanti kalau ada kereta kita pergi.
00:02:42 - 00:02:46
Yaudah mas kalau gitu, iya bu makasih ya udah ngingetin.
00:02:46 - 00:02:50
Udah tuh ibu gurunya ini balik lagi ke tempat pengajian untuk lanjut ngajar.
00:02:51 - 00:02:55
Gak sampe lima menit si ibu guru ini nyampe di tempat ngaji,
00:02:55 - 00:03:00
ada suara dari tempat si ibu ini ngajar ngaji, masih di ruangan yang sama ya.
00:03:00 - 00:03:02
Ada suara orang teriak kenceng banget.
00:03:02 - 00:03:03
Astagfirullah.
00:03:05 - 00:03:08
Dan dibarengin sama suara kereta lewat.
00:03:08 - 00:03:12
Dan bener aja, ada orang yang ditabrak kereta nih Natmuy.
00:03:13 - 00:03:17
Jadi gara-gara kejadian itu, orang-orang di pengajian tuh jadi gak fokus.
00:03:17 - 00:03:19
Mereka jadi pada ngeliatin ke arah rel kereta kan.
00:03:20 - 00:03:27
Dan pada trik-trik histeris, ternyata ada salah satu bagian kepala korban itu tuh kepental
00:03:27 - 00:03:29
sampai masuk ke dalam tempat pengajian itu.
00:03:30 - 00:03:32
Sampai bikin ada yang pingsan di tempat.
00:03:33 - 00:03:36
Ya karena kaget kan, ngeliat kepala putus di depan dia gitu.
00:03:36 - 00:03:43
Setelah beberapa waktu kemudian, pihak RT sama RW setempat itu buru-buru buat ngabarin ke polisian
00:03:43 - 00:03:46
buat ditelusurin nih, korbannya dari mana gitu kan.
00:03:47 - 00:03:50
Karena warga di situ juga gak tau mereka ini siapa.
00:03:50 - 00:03:53
Dan KTP mereka juga gak ditemuin dekat situ.
00:03:54 - 00:03:59
Polisi nyampe, ada beberapa warga setempat diminta keterangan lah sebagai saksi mata gitu.
00:03:59 - 00:04:05
Udah tuh, ternyata di situ banyak organ tubuh yang udah gak karuan banget.
00:04:06 - 00:04:12
Jadi organ tubuh tuh berceceran, tapi pun bentuknya ada yang udah gak jelas gitu loh.
00:04:12 - 00:04:14
Kebayang gak sih, jijiknya semana.
00:04:15 - 00:04:18
Bahkan darah tuh katanya berceceran di mana-mana.
00:04:19 - 00:04:24
Tapi nih, ada pihak warga yang nemuin organ-organ yang kepental jauh dari TKP itu.
00:04:24 - 00:04:29
Udah nih, udah dikumpulin semua organ-organnya, dibawa tuh organ-organ tubuh itu,
00:04:30 - 00:04:33
si korbannya ini sama kepolisian buat diotopsi di rumah sakit.
00:04:34 - 00:04:38
Walaupun ya masih ada beberapa juga organ tubuh yang gak ketemu di mana tempatnya.
00:04:38 - 00:04:41
Ini mungkin saking parahnya kecelakaannya kali ya.
00:04:42 - 00:04:46
Jadi udah dikoordinasiin tuh, kalau misalkan besok ketemu nih sisa organnya,
00:04:47 - 00:04:51
pihak kepolisian minta tolong sama warga RT-RW, ya kabarin aja ke polisian.
00:04:51 - 00:04:55
TKP yang tadinya rame banget setelah kecelakaan itu, singkat cerita,
00:04:56 - 00:04:59
di sekitar jam setengah dua belasan malam, udah sepi nih.
00:05:00 - 00:05:02
Sisa anak-anak muda aja nongkrong di sekitaran rel.
00:05:03 - 00:05:06
Di tongkrongan itu, ada yang nyelotuk nih cowok.
00:05:07 - 00:05:08
Bawa amis ya bro?
00:05:09 - 00:05:10
Iya nih bawa amis.
00:05:11 - 00:05:14
Kok bisa ya? Padahal kita jauh loh dari tempat tabrakan tadi.
00:05:14 - 00:05:17
Tapi emang tempatnya tuh emang jauh bih, tempat nongkrong sama kecelakaannya?
00:05:17 - 00:05:21
Gue nggak tau sebenernya persis ya Muih, cuman kayaknya masih sekitaran gitu lah,
00:05:21 - 00:05:22
masih satu wilayah gitu ya.
00:05:23 - 00:05:25
Terus lanjut lagi nih ngomong si satu cowok,
00:05:26 - 00:05:27
lu tadi ngeliat korbannya nggak?
00:05:28 - 00:05:32
Iya gue ngeliat tuh, yang cewek palanya hancur, otaknya aja keliatan banget,
00:05:33 - 00:05:34
sampe muntah-muntah gue ngeliatnya.
00:05:35 - 00:05:38
Terus temen yang lain juga ngomong, gue nemuin jari anjrit.
00:05:39 - 00:05:41
Nah terus salah satu dari tongkrongan ini tuh ngomong,
00:05:42 - 00:05:44
eh ini bawa amisnya makin parah ya?
00:05:44 - 00:05:45
Iya juga nih ngomong-ngomong.
00:05:45 - 00:05:48
Terus ada satu cowok di antara tongkrongan itu ngomong,
00:05:49 - 00:05:50
yah gue nginjek apaan nih?
00:05:51 - 00:05:53
Terus temennya bilang, idih itu otak,
00:05:54 - 00:05:57
jadi kayak ada bagian otak yang keinjek sama dia di sendalnya.
00:05:58 - 00:06:00
Nah karena mungkin udah nggak tahan kali ya,
00:06:00 - 00:06:02
mereka cabut lah tuh dari tongkrongan itu.
00:06:03 - 00:06:05
Si cowok yang nginjek bagian otak ini,
00:06:06 - 00:06:08
dia gesekin sendalnya ke jembatan yang ada di sekitar tempat itu,
00:06:09 - 00:06:10
nggak jauh dari warung warga intinya.
00:06:11 - 00:06:13
Tapi pas setelah dia pulang ke rumah,
00:06:13 - 00:06:14
entah kenapa,
00:06:14 - 00:06:17
dia tuh ngerasa kayak ada yang ngikutin dia dari belakang.
00:06:18 - 00:06:20
Ini si cowok yang nginjek bagian otak tadi ya.
00:06:21 - 00:06:22
Pas udah mau deket rumah,
00:06:22 - 00:06:27
tiba-tiba nih si cowok ini ngerasa ada yang ngomong dari telinga dia.
00:06:28 - 00:06:29
Suaranya kayak gini,
00:06:29 - 00:06:31
tolong kembalikan otak saya.
00:06:32 - 00:06:33
Serem banget kan?
00:06:34 - 00:06:35
Dia nggak berani nengok ke belakang,
00:06:35 - 00:06:37
langsung lari tuh dia ke rumahnya.
00:06:37 - 00:06:38
Gara-gara ketakutan kan dia.
00:06:39 - 00:06:41
Cuman pas dia lagi lari kayak gitu,
00:06:41 - 00:06:43
suaranya tuh masih berasa ngikutin dia.
00:06:44 - 00:06:45
Di gedor-gedor tuh rumahnya,
00:06:45 - 00:06:46
dan untung banget,
00:06:47 - 00:06:49
dia bisa tuh sampai masuk ke dalam rumah.
00:06:50 - 00:06:51
Dia nangis-nangis,
00:06:51 - 00:06:52
dia ceritain ke orang tuanya,
00:06:52 - 00:06:53
dia ngalamin apa.
00:06:54 - 00:06:55
Dan saking takutnya dia,
00:06:55 - 00:06:57
sendal yang kena bagian otak tadi tuh,
00:06:57 - 00:06:58
langsung dibuang besokan sama dia.
00:06:59 - 00:07:00
Karena dia takut kali ya,
00:07:00 - 00:07:02
diikutin lagi sama sosok arwah ini.
00:07:02 - 00:07:03
Anjir, padahal dia nggak tau ya,
00:07:03 - 00:07:06
kalau yang dia injek tuh otak bekas korban,
00:07:06 - 00:07:08
tapi malah dia diikutin gitu loh, Bi.
00:07:08 - 00:07:09
Ya, apes aja kali ya.
00:07:09 - 00:07:10
Gara-gara emang,
00:07:10 - 00:07:11
ya di sekitar situ,
00:07:11 - 00:07:13
terus tiba-tiba lu nginjek sesuatu yang,
00:07:13 - 00:07:15
belum didapetin sama kepolisian gitu kan,
00:07:15 - 00:07:17
organ yang ketinggalan gitu ya.
00:07:18 - 00:07:19
Apes aja sih menurut gue.
00:07:19 - 00:07:20
Wah, serem banget sih.
00:07:21 - 00:07:22
Tapi Bi, gue jadi kepikiran deh.
00:07:23 - 00:07:24
Si dua orang tadi tuh,
00:07:24 - 00:07:26
apa emang sengaja bunuh diri ya?
00:07:27 - 00:07:28
Soalnya kan tadi dia diingetin tuh,
00:07:28 - 00:07:29
sama si guru ngaji itu,
00:07:29 - 00:07:30
untuk pergi dari situ.
00:07:31 - 00:07:32
Bisa jadi emang bunuh diri sih,
00:07:32 - 00:07:33
karena harusnya kalau misalkan,
00:07:33 - 00:07:35
udah diingetin kayak gitu,
00:07:35 - 00:07:37
ya mereka cabut kan dari situ.
00:07:37 - 00:07:39
Itu, ya mereka cabut kan dari sana.
00:07:40 - 00:07:42
Ya dengan faktanya mereka jadi korban,
00:07:43 - 00:07:45
ada kemungkinan mereka bunuh diri sih di situ.
00:08:00 - 00:08:02
Muih Bi, gue pengen cerita,
00:08:02 - 00:08:03
tentang laki-laki,
00:08:03 - 00:08:06
yang gak sengaja ngeliat korban gantung diri,
00:08:06 - 00:08:07
di pohon dekat rumahnya.
00:08:08 - 00:08:10
Tapi berujung jadi di teror,
00:08:10 - 00:08:12
satu keluarga sama korban itu.
00:08:13 - 00:08:14
Jadi ada laki-laki,
00:08:14 - 00:08:16
kita sebut aja namanya Iwan.
00:08:16 - 00:08:18
Nah Iwan itu tinggal di Jawa Barat,
00:08:18 - 00:08:20
tepatnya kayak di perkampungan gitu.
00:08:21 - 00:08:23
Nah sekitar jam 4 pagi,
00:08:23 - 00:08:25
Iwan ini tuh dibangunin sama orang rumahnya,
00:08:25 - 00:08:27
karena ada tetangganya,
00:08:27 - 00:08:29
yang umurnya udah 80 tahun,
00:08:29 - 00:08:31
tewas gantung diri di pohon jambu.
00:08:32 - 00:08:33
Di situ tanpa mikir panjang,
00:08:33 - 00:08:36
Iwan tuh langsung jalan ke tempat kejadian,
00:08:36 - 00:08:39
yang cuma jaraknya tuh 10 meter dari rumahnya dia.
00:08:40 - 00:08:42
Pas sampai, di keadaan yang masih gelap,
00:08:42 - 00:08:44
banyak banget tuh dia ngedenger,
00:08:44 - 00:08:46
orang-orang udah kumpul sambil kedengeran,
00:08:46 - 00:08:49
kayak suara-suara istighfar sama tangisan.
00:08:50 - 00:08:53
Di situ Iwan ngeliat sosok laki-laki umur 80 tahun,
00:08:53 - 00:08:55
dengan badannya tuh kurus, kecil,
00:08:55 - 00:08:57
ngegantung di pohon jambu itu.
00:08:58 - 00:09:00
Mukanya nunduk, matanya merem,
00:09:00 - 00:09:02
dan dari mulutnya keluar darah,
00:09:02 - 00:09:05
yang hampir beku karena dingin banget tuh udaranya.
00:09:06 - 00:09:09
Makin siang, banyak keluarga tuh yang makin ngumpul.
00:09:09 - 00:09:11
Nah, setelah polisi datang,
00:09:11 - 00:09:14
akhirnya jam 11, mayatnya tuh diturunin muhibi.
00:09:15 - 00:09:16
Terus siangnya,
00:09:16 - 00:09:18
Iwan juga sempat ikut sholatin jenazahnya,
00:09:18 - 00:09:20
sampai ke prasasi penguburan.
00:09:21 - 00:09:23
Kebetulan Iwan tuh punya kemampuan lebih lah,
00:09:23 - 00:09:24
kayak six sense gitu.
00:09:24 - 00:09:26
Jadi pernah, pas Iwan lagi mandi,
00:09:26 - 00:09:28
tiba-tiba Iwan tuh ngerasa,
00:09:28 - 00:09:30
ada orang yang berdiri di belakang dia.
00:09:30 - 00:09:32
Tapi pas dia nengok,
00:09:32 - 00:09:34
gak ada siapa-siapa sama sekali.
00:09:34 - 00:09:35
Sampai akhirnya,
00:09:35 - 00:09:38
Iwan tuh izin pamitan lah pulang ke kosannya dia di Bandung.
00:09:39 - 00:09:40
Kira-kira pas maghrib,
00:09:40 - 00:09:42
Iwan sampai ke kosan,
00:09:42 - 00:09:43
dia istirahat dulu tuh.
00:09:43 - 00:09:45
Kayak tidur-tiduran di kosan dulu,
00:09:45 - 00:09:46
sambil merem-merem.
00:09:46 - 00:09:49
Tapi muhibi, pas Iwan lagi merem,
00:09:49 - 00:09:51
dia tuh kayak kebayang korban gantung diri,
00:09:51 - 00:09:53
di pohon jambu itu lagi.
00:09:54 - 00:09:56
Karena dia gak mau kebayang-bayang itu,
00:09:56 - 00:09:57
akhirnya dia ngambil handuk lah,
00:09:57 - 00:09:58
terus dia mandi.
00:09:58 - 00:10:00
Nah pas dia mau mandi,
00:10:00 - 00:10:02
lagi-lagi dia tuh ngerasa,
00:10:02 - 00:10:04
kayak ada orang di belakang dia.
00:10:05 - 00:10:07
Iwan disitu mulai ngerasa gak beres tuh.
00:10:07 - 00:10:09
Dia langsung cepet-cepet selesain mandinya,
00:10:09 - 00:10:12
terus dia ambil wudhu dan sholat maghrib.
00:10:12 - 00:10:14
Terus dia lanjut ngaji,
00:10:14 - 00:10:15
dan baca-baca surat pendek lah,
00:10:15 - 00:10:16
biar dia tenang.
00:10:17 - 00:10:19
Besokannya, Iwan langsung nelfon lah ke kakaknya
00:10:19 - 00:10:20
yang tinggal di rumahnya.
00:10:20 - 00:10:21
Dia cerita tuh,
00:10:21 - 00:10:23
kalau dia ngerasa kayak ada yang ngikutin.
00:10:23 - 00:10:25
Apalagi kalau dia lagi mandi,
00:10:25 - 00:10:27
selalu ngerasa ada orang di belakang dia.
00:10:27 - 00:10:29
Tapi kakaknya disitu cuma bilang,
00:10:29 - 00:10:31
udah jangan diomongin.
00:10:31 - 00:10:32
Tapi karena penasaran,
00:10:32 - 00:10:33
Iwan nanya tuh,
00:10:33 - 00:10:34
kenapa?
00:10:34 - 00:10:35
Akhirnya diceritain lah,
00:10:35 - 00:10:36
kalau sebenarnya,
00:10:36 - 00:10:38
semalem semua orang tuh didatengin.
00:10:39 - 00:10:41
Jadi ada salah satu tetangga depan rumah Iwan,
00:10:41 - 00:10:43
pas lagi tidur,
00:10:43 - 00:10:45
digangguin kayak ada yang narik pundaknya.
00:10:46 - 00:10:48
Terus semua pintu di rumah warga tuh diketokin.
00:10:48 - 00:10:50
Dan hampir di setiap malam,
00:10:50 - 00:10:52
warga tuh ngedenger kayak ada suara kecekat
00:10:52 - 00:10:53
di samping rumahnya.
00:10:53 - 00:10:54
Waduh.
00:10:54 - 00:10:56
Ataupun kalau ada orang yang punya pohon,
00:10:56 - 00:10:59
di samping, depan, atau belakang rumahnya tuh
00:10:59 - 00:11:01
kayak ngeliat ada orang yang ngegantung
00:11:01 - 00:11:02
terus berayun-ayun gitu.
00:11:02 - 00:11:03
Oh.
00:11:04 - 00:11:05
Sampai akhirnya warga tuh ngelakuin
00:11:05 - 00:11:06
penebangan pohon massal
00:11:06 - 00:11:08
yang ada di sekitar rumah mereka.
00:11:08 - 00:11:10
Nah, sekarang muay bi,
00:11:10 - 00:11:13
cerita tentang teror yang terjadi di rumah Iwan.
00:11:13 - 00:11:15
Jadi suasana perkampungannya tuh sekarang
00:11:15 - 00:11:16
jadi sepi banget,
00:11:16 - 00:11:17
karena lebih banyak orang.
00:11:17 - 00:11:19
Pas udah jam 6 sore,
00:11:19 - 00:11:20
orang-orang tuh pada milih
00:11:20 - 00:11:22
diem di rumah Iwan.
00:11:22 - 00:11:25
Orang-orang tuh pada milih diem di rumah aja.
00:11:25 - 00:11:27
Sampai-sampai banyak keluarga yang milih
00:11:27 - 00:11:28
untuk tidur rame-rame
00:11:28 - 00:11:30
di ruang tengah rumah mereka
00:11:30 - 00:11:31
bareng satu keluarganya.
00:11:31 - 00:11:33
Karena takut diteror gitu?
00:11:33 - 00:11:34
Betul.
00:11:35 - 00:11:37
Karena diteror itu udah makin parah lagi.
00:11:37 - 00:11:39
Kayak banyak suara-suara aneh,
00:11:39 - 00:11:41
atau kayak kejadian ketika mereka sendirian,
00:11:41 - 00:11:44
termasuk sih keluarganya Iwan.
00:11:44 - 00:11:45
Nah, kata Iwan,
00:11:45 - 00:11:48
pas satu keluarganya mau tidur di ruang tengah,
00:11:48 - 00:11:50
tiba-tiba semua anggota keluarganya tuh ngerasa
00:11:50 - 00:11:53
suasana tuh makin mencakam banget.
00:11:53 - 00:11:55
Dan tiba-tiba tuh kayak ada bunyi
00:11:55 - 00:11:56
srak, srak,
00:11:56 - 00:11:59
terus gorden tuh kebuka sendiri.
00:11:59 - 00:12:02
Terus handle pintu juga naik turun, naik turun.
00:12:02 - 00:12:04
Terus ada piring keramik tuh jatuh semua
00:12:04 - 00:12:06
dari lemari di dapur.
00:12:06 - 00:12:08
Bunyi panci juga ada,
00:12:08 - 00:12:10
kayak orang yang lagi masak di dapur.
00:12:10 - 00:12:12
Pokoknya disitu semua orang ketakutan.
00:12:12 - 00:12:14
Ditambah ada ponakan Iwan
00:12:14 - 00:12:16
yang tinggal sama keluarganya Iwan.
00:12:16 - 00:12:18
Dia tuh baru 2 tahun umurnya.
00:12:18 - 00:12:20
Dia tuh nangis-nangis terus.
00:12:20 - 00:12:22
Akhirnya bapaknya Iwan bangun,
00:12:22 - 00:12:23
nyalain lampu,
00:12:23 - 00:12:25
dan dia meriksa lah keadaan rumah,
00:12:25 - 00:12:28
termasuk ke dapur.
00:12:28 - 00:12:30
Pokoknya semua orang tuh ketakutan,
00:12:30 - 00:12:32
ditambah ponakan Iwan yang tinggal disitu,
00:12:32 - 00:12:34
yang baru 2 tahun,
00:12:34 - 00:12:36
dia tuh nangis-nangis.
00:12:36 - 00:12:37
Akhirnya bapaknya Iwan tuh bangun,
00:12:37 - 00:12:39
nyalain lampu,
00:12:39 - 00:12:40
dia meriksa keadaan rumah,
00:12:40 - 00:12:42
termasuk ke dapur,
00:12:42 - 00:12:44
bahkan sampai ke halaman belakang rumah.
00:12:44 - 00:12:46
Terus dia tuh berdiri di luar,
00:12:46 - 00:12:49
ngeliatin kuburan dari teras rumah Iwan.
00:12:49 - 00:12:50
Jadi Moibi,
00:12:50 - 00:12:53
jarak rumah Iwan ke rumah korban Gantundiri
00:12:53 - 00:12:55
itu kan cuma 10 meter.
00:12:55 - 00:12:57
Dan ke kuburan tempat dikuburin korban itu
00:12:57 - 00:12:59
cuma sekitar 20 meteran lah.
00:12:59 - 00:13:01
Jadi masih kelihatan tuh.
00:13:01 - 00:13:02
Reket banget juga kan?
00:13:02 - 00:13:03
Iya, betul.
00:13:03 - 00:13:05
Akhirnya semua orang tuh ngumpul,
00:13:05 - 00:13:07
gerombol di ruang tengah.
00:13:07 - 00:13:08
Semua tuh kelihatan ketakutan,
00:13:08 - 00:13:10
dan disitu bapaknya Iwan tuh ngajak
00:13:10 - 00:13:12
semua orang buat tehasinan.
00:13:12 - 00:13:14
Di saat kondisinya Gordon tuh
00:13:14 - 00:13:16
masih ketutup kebuka sendiri.
00:13:16 - 00:13:18
Suara Ibu tuh makin gaduh,
00:13:18 - 00:13:20
tapi mereka semua gak berhenti hasinan
00:13:20 - 00:13:22
sampai pelan-pelan suaranya tuh
00:13:22 - 00:13:25
hilang dengan sendirinya.
00:13:25 - 00:13:27
Nah, pas semua suara udah hilang,
00:13:27 - 00:13:28
bapaknya Iwan akhirnya mutusin
00:13:28 - 00:13:30
untuk ngajak semuanya istirahat.
00:13:30 - 00:13:33
Tapi Moibi, lewat tengah malam,
00:13:33 - 00:13:34
tiba-tiba ada bunyi
00:13:34 - 00:13:36
kayak suara orang kecekek gitu,
00:13:36 - 00:13:37
terus sesak nafas,
00:13:37 - 00:13:40
dan tiba-tiba tuh hening.
00:13:40 - 00:13:41
Dan gak berapa lama,
00:13:41 - 00:13:43
ponakannya Iwan yang tadinya sempat nangis,
00:13:43 - 00:13:45
tiba-tiba tuh teriak-teriak,
00:13:45 - 00:13:49
sakit-sakit sambil megang lehernya.
00:13:49 - 00:13:51
Terus ponakannya ini ngomong,
00:13:51 - 00:13:53
Mama, ayo pulang.
00:13:53 - 00:13:55
Mama, ayo pulang.
00:13:55 - 00:13:57
Terus ibunya ini ngomong,
00:13:57 - 00:13:58
pulang ke mana, De?
00:13:58 - 00:14:00
Ini kan rumahnya Dede.
00:14:00 - 00:14:02
Terus si ponakannya Iwan ini ngomong,
00:14:02 - 00:14:04
pulang, tapi sambil nunjuk
00:14:04 - 00:14:05
ke arah rumah tetangga Iwan
00:14:05 - 00:14:07
yang gantung diri itu.
00:14:07 - 00:14:09
Sambil ngomong,
00:14:09 - 00:14:12
Mama sakit, berdarah, sakit Mama.
00:14:12 - 00:14:14
Disitu ponakannya Iwan terus-terusan
00:14:14 - 00:14:15
nangis sambil nunjuk-nunjuk
00:14:15 - 00:14:17
ke arah rumah tetangga Iwan itu.
00:14:17 - 00:14:19
Tapi tetapan mata itu kosong,
00:14:19 - 00:14:21
dan gak keluar air mata sama sekali.
00:14:21 - 00:14:22
Kayak kesurupan gitu, Net.
00:14:22 - 00:14:23
Iya benar, Muih.
00:14:23 - 00:14:24
Anehnya lagi,
00:14:24 - 00:14:26
tiba-tiba dia tuh bisa ngomong dengan jelas.
00:14:26 - 00:14:28
Soalnya sebelumnya,
00:14:28 - 00:14:29
emang anak umur 2 tahun itu
00:14:29 - 00:14:30
belum bisa ngomong, Muih.
00:14:30 - 00:14:32
Bi.
00:14:32 - 00:14:33
Singkat cerita,
00:14:33 - 00:14:35
sampai 2 hari 2 malam,
00:14:35 - 00:14:36
ponakannya Iwan tuh nangis terus
00:14:36 - 00:14:38
sampai dia lemas.
00:14:38 - 00:14:40
Keadaan kampung juga makin genting,
00:14:40 - 00:14:43
teror demi teror makin menjadi-jadi tuh.
00:14:43 - 00:14:45
Sampai masuk ke bulan kedua,
00:14:45 - 00:14:47
keadaan mulai berubah tuh.
00:14:47 - 00:14:49
Warga udah makin mulai terintimidasi
00:14:49 - 00:14:51
dan kesiksa sama keadaan itu.
00:14:51 - 00:14:53
Mereka mulai ngerasa geram
00:14:53 - 00:14:54
sama semua teror,
00:14:54 - 00:14:56
sampai pas mereka lagi digangguin,
00:14:56 - 00:14:58
mereka udah gak takut lagi.
00:14:58 - 00:14:59
Tapi mereka tuh marah,
00:14:59 - 00:15:02
terus keluar rumah dan nantangin.
00:15:02 - 00:15:03
Sampai akhirnya,
00:15:03 - 00:15:05
keluarganya Iwan tuh manggil orang pintar
00:15:05 - 00:15:08
buat nyoba komunikasi sama sosok ini.
00:15:08 - 00:15:10
Sebut aja Mang Yono ya,
00:15:10 - 00:15:12
nama orang pintarnya.
00:15:12 - 00:15:14
Si Mang Yono ini pas lagi komunikasi
00:15:14 - 00:15:18
terus ngomonglah ke si sosok yang gantung diri ini.
00:15:18 - 00:15:20
Kenapa Uwa gak mau pergi dari rumah ini?
00:15:20 - 00:15:23
Kenapa terus ngeganggu keluarganya Iwan?
00:15:23 - 00:15:26
Terus juga kenapa ngeganggu warga?
00:15:26 - 00:15:28
Nah, si sosok gantung diri ini,
00:15:28 - 00:15:30
si Uwa ngomong,
00:15:30 - 00:15:32
saya masih ada beban yang ngeberatin saya.
00:15:32 - 00:15:34
Saya masih punya urusan yang belum selesai
00:15:34 - 00:15:36
sama keluarga ini,
00:15:36 - 00:15:38
keluarga si Iwan.
00:15:38 - 00:15:40
Terus akhirnya dia jawablah,
00:15:40 - 00:15:43
baik akan saya sampaikan ke keluarganya Iwan.
00:15:43 - 00:15:46
Besok saya akan minta untuk ngedatengin rumahnya Uwa.
00:15:46 - 00:15:48
Sekarang pergi dari sini,
00:15:48 - 00:15:50
jangan ganggu keluarga ini lagi.
00:15:50 - 00:15:52
Rumah ini akan saya segel
00:15:52 - 00:15:54
dan jangan pernah kembali ke sini.
00:15:54 - 00:15:56
Uwa udah punya rumah sendiri.
00:15:56 - 00:15:57
Setelah itu,
00:15:57 - 00:16:00
Mang Yono tuh langsung masuk ke semua ruangan rumah
00:16:00 - 00:16:01
dan baca-baca doa
00:16:01 - 00:16:03
terus minta ke bapaknya Iwan
00:16:03 - 00:16:06
datengin kuburannya setelah hari itu gelap.
00:16:06 - 00:16:08
Akhirnya bapaknya Iwan datang tuh
00:16:08 - 00:16:10
atas usulannya si Mang Yono.
00:16:10 - 00:16:12
Sehari setelah dimakamin,
00:16:12 - 00:16:14
kuburannya tuh emang retak gitu.
00:16:14 - 00:16:16
Tanahnya kebelah,
00:16:16 - 00:16:19
dari ujung batu nisan sampai ke kaki.
00:16:19 - 00:16:22
Bapaknya Iwan tuh masih berdiri di depan kuburannya
00:16:22 - 00:16:24
sambil kayak ngerutin dahi gitu.
00:16:24 - 00:16:25
Karena baru pertama kali
00:16:25 - 00:16:28
ngeliat kuburan baru yang kayak kebelah gitu.
00:16:28 - 00:16:30
Akhirnya gak lama,
00:16:30 - 00:16:32
bapaknya Iwan tuh kayak mulai ngerasain
00:16:32 - 00:16:34
badannya dia tuh merinding
00:16:34 - 00:16:37
terus bulu kaki sama bulu tangannya tuh mulai berdiri gitu loh.
00:16:37 - 00:16:41
Dari tanah kuburan yang kebelah di depannya dia itu
00:16:41 - 00:16:45
tiba-tiba tuh keluar asap putih tipis.
00:16:45 - 00:16:48
Terus dicoba tutuplah sama si bapaknya Iwan
00:16:48 - 00:16:50
pakai gundukan tanah di depannya.
00:16:50 - 00:16:52
Dan pas dia berdiri,
00:16:52 - 00:16:56
asap tipis itu ngumpul jadi kayak ngebul gitu
00:16:56 - 00:16:58
terus berubah jadi satu sosok.
00:16:58 - 00:17:00
Sosoknya itu adalah si Uwa,
00:17:00 - 00:17:02
yang beban gantung diri itu.
00:17:03 - 00:17:05
Akhirnya disitu mereka mulai ngobrol tuh.
00:17:05 - 00:17:08
Bayangan sosok Uwa itu tuh nunduk
00:17:08 - 00:17:10
dan ternyata Muibi,
00:17:10 - 00:17:14
yang jadi bebannya Uwa sampai harus ngeganggu keluarganya Iwan
00:17:14 - 00:17:17
adalah kejadian tahun 2013 yang lalu.
00:17:17 - 00:17:20
Jadi Muibi, 2 tahun sebelumnya,
00:17:20 - 00:17:22
tepatnya tahun 2013 itu,
00:17:22 - 00:17:24
mulai tuh mereka ngobrol,
00:17:24 - 00:17:26
bayangan sosok Uwa itu nunduk
00:17:26 - 00:17:29
dan yang jadi beban Uwa sampai harus ngeganggu keluarga Iwan
00:17:29 - 00:17:32
adalah kejadian beberapa tahun yang lalu.
00:17:32 - 00:17:34
Jadi Muibi,
00:17:34 - 00:17:36
beberapa tahun lalu,
00:17:36 - 00:17:38
waktu itu tuh kampungnya Iwan
00:17:38 - 00:17:40
kena imbas dari gempa bumi
00:17:40 - 00:17:43
yang nyebabin beberapa rumah tuh roboh sama rusak.
00:17:44 - 00:17:48
Bapak Iwan tuh waktu itu ketua RT di kampungnya si Iwan.
00:17:49 - 00:17:53
Nah, si Uwa ini termasuk tetangga terdekatnya si Iwan
00:17:53 - 00:17:56
sampai mereka sekeluarga tuh udah nganggep saudaralah.
00:17:56 - 00:17:59
Kesehariannya si Uwa ini adalah petani
00:17:59 - 00:18:02
dan kadang tuh melihara kambing orang lain
00:18:02 - 00:18:04
dengan sistemnya bagi hasil.
00:18:05 - 00:18:07
Kehidupannya si Uwa ini tuh sederhana,
00:18:07 - 00:18:09
bahkan kadang tuh kekurangan.
00:18:09 - 00:18:12
Disitu tuh Iwan sekeluarga sebagai tetangga terdekat
00:18:12 - 00:18:14
kayak selalu ngebantuin si Uwa.
00:18:14 - 00:18:17
Apalagi ketika si Iwan lagi ada rejeki,
00:18:17 - 00:18:19
pasti dibantulah si Uwanya.
00:18:20 - 00:18:21
Selama hidupnya,
00:18:21 - 00:18:23
Uwa tuh juga santun banget sama tetangga.
00:18:23 - 00:18:26
Dia tuh rajin juga ibadah ke masjid.
00:18:26 - 00:18:30
Dan pas kampungnya Iwan kena dampak gempa bumi itu,
00:18:30 - 00:18:32
bapaknya Iwan sebagai ketua RT
00:18:32 - 00:18:35
tuh ngerasa punya kewajiban untuk ngebantu warganya,
00:18:35 - 00:18:37
apalagi si Uwa ini.
00:18:38 - 00:18:40
Karena imbas gempa bumi itu,
00:18:40 - 00:18:42
kaca rumah kan pada pecah-pecah ya,
00:18:42 - 00:18:46
jadi mereka tuh dapet dari pemerintah uang santunan
00:18:46 - 00:18:49
2,5 juta untuk kategori rusak ringan
00:18:49 - 00:18:53
dan 10 juta untuk kategori rusak berat.
00:18:53 - 00:18:55
Disitu bapaknya Iwan inisiatif lah
00:18:55 - 00:18:59
untuk daftarin si Uwa sebagai penerima santunan rusak ringan.
00:19:01 - 00:19:02
Pada saat itu,
00:19:02 - 00:19:05
Uwa tuh seneng banget tuh sama usulan bapaknya Iwan.
00:19:05 - 00:19:07
Terus beberapa hari kemudian,
00:19:07 - 00:19:09
akhirnya dana santunannya disetujuin,
00:19:09 - 00:19:12
Uwa dapet santunan 2,5 juta.
00:19:13 - 00:19:16
Dan akhirnya si Uwa tuh datengin ke bapaknya Iwan lah
00:19:16 - 00:19:18
untuk terima kasih.
00:19:18 - 00:19:21
Nah, 3 hari kemudian Muimbi,
00:19:21 - 00:19:24
tiba-tiba di depan rumahnya Iwan,
00:19:24 - 00:19:26
ada yang teriak-teriak,
00:19:26 - 00:19:28
saya tidak mau terima uang ini,
00:19:28 - 00:19:30
kenapa harus membohongi saya,
00:19:30 - 00:19:32
saya bukanlah anak kecil,
00:19:32 - 00:19:34
kembalikan hak saya,
00:19:34 - 00:19:37
manusia macam apa kamu yang merampas hak orang kecil.
00:19:37 - 00:19:40
Suaret ber-berkenceng banget di depan rumah Iwan
00:19:40 - 00:19:44
sambil nunjuk-nunjuk bapak, ibu, dan kakaknya si Iwan.
00:19:44 - 00:19:46
Sampai tetangga-tetangga tuh pada keluar rumah
00:19:46 - 00:19:48
terus ngeliatin tuh ada apa.
00:19:48 - 00:19:50
Ditanyalah sama bapaknya Iwan,
00:19:50 - 00:19:53
Uwa ada apa, kenapa teriak-teriak di luar,
00:19:53 - 00:19:55
salah saya apa.
00:19:55 - 00:19:57
Terus si Uwanya ini ngomong,
00:19:57 - 00:19:58
jangan pura-pura bodoh,
00:19:58 - 00:20:00
saya bukan orang bodoh,
00:20:00 - 00:20:01
mana hak saya,
00:20:01 - 00:20:04
saya tahu saya dapet santunan 10 juta,
00:20:04 - 00:20:06
mana yang 7,5 juta,
00:20:06 - 00:20:08
dasar koruptor.
00:20:08 - 00:20:10
Bapaknya Iwan disitu nanya,
00:20:10 - 00:20:11
infonya dari mana,
00:20:11 - 00:20:13
kalau emang benar kayak gitu,
00:20:13 - 00:20:17
silahkan datang aja ke kantor RW untuk konfirmasi.
00:20:17 - 00:20:20
Karena dananya untuk Uwa tuh cuma 2,5 juta
00:20:20 - 00:20:22
dengan kategori rusak ringan kan.
00:20:22 - 00:20:25
Dan itu juga udah disetujuin.
00:20:25 - 00:20:28
Akhirnya bapaknya si Iwan tuh nawarin opsi,
00:20:28 - 00:20:32
mau nunggu besoknya apa mau diambil sendiri.
00:20:32 - 00:20:35
Akhirnya si Uwa tuh setuju untuk ngambil sendiri.
00:20:35 - 00:20:39
Tapi dia sama sekali gak mau nerima penjelasan bapaknya Iwan.
00:20:39 - 00:20:43
Dan dia satu penuduh bapaknya Iwan sebagai koruptor.
00:20:43 - 00:20:47
Dan akhirnya mereka bareng-bareng lah ke tempat RW-nya.
00:20:47 - 00:20:50
Terus abis itu dijelasin sama RW-nya,
00:20:50 - 00:20:53
jadi emang benar dana yang cair tuh 10 juta,
00:20:53 - 00:20:56
tapi itu untuk 4 kepala keluarga.
00:20:56 - 00:20:59
Dan semuanya tuh dapet jatah yang sama,
00:20:59 - 00:21:02
yaitu 2,5 juta per kepala keluarga.
00:21:02 - 00:21:05
Tapi si Uwa tuh disini tetap kekeh,
00:21:05 - 00:21:07
dan dia minta bapaknya Iwan tuh tanggung jawab
00:21:07 - 00:21:09
dan ganti 7,5 juta.
00:21:09 - 00:21:11
Nah setelah kejadian itu,
00:21:11 - 00:21:14
nama baik keluarganya si Iwan tuh jadi jelek banget tuh.
00:21:14 - 00:21:16
Orang-orang yang gak tahu kebenerannya
00:21:16 - 00:21:20
nyangka kalau beneran bapaknya Iwan korupsi.
00:21:20 - 00:21:23
Pokoknya setiap anggota keluarganya Iwan tuh ke warung
00:21:23 - 00:21:25
atau belanja ke pasar,
00:21:25 - 00:21:27
orang-orang tuh kayak julitin gitu loh.
00:21:27 - 00:21:30
Terus katanya tuh kayak mereka lagi ngebelanjain
00:21:30 - 00:21:33
uang hasil korupsi dana gempa.
00:21:33 - 00:21:38
Dan akhirnya karena gak tahan lagi tuh sama gunjingan-gunjingan tetangga,
00:21:38 - 00:21:42
si ibunya Iwan ngejual beberapa perhiasan.
00:21:42 - 00:21:47
Dan uang 7,5 juta hasil penjualan perhiasannya itu dikasih ke Uwa.
00:21:49 - 00:21:53
Disitu ibunya Iwan tuh sedih banget sampe sakit tuh Moibi,
00:21:53 - 00:21:56
karena perhiasan itu adalah kalung kesayangannya dari si Iwan.
00:21:56 - 00:21:59
Ya karena juga sebenernya gak harus bayar 7,5 kan?
00:21:59 - 00:22:01
Iya bener.
00:22:01 - 00:22:03
Beberapa hari kemudian si Iwan tuh ditelepon lah,
00:22:03 - 00:22:06
karena ibunya tuh masuk rumah sakit.
00:22:06 - 00:22:09
Ibunya cerita panjang lebar ke Iwan sambil ibunya tuh ngomong,
00:22:09 - 00:22:12
kalau seumur hidup ibunya tuh gak akan ngeridoi
00:22:12 - 00:22:15
dan gak akan ngeikhlasin uang itu.
00:22:15 - 00:22:18
Disitu ibunya juga bilang kalau dia tuh sakit hati
00:22:18 - 00:22:20
bukan cuma karena perhiasannya,
00:22:20 - 00:22:23
tapi karena nama baik keluarganya mereka juga tercoreng.
00:22:24 - 00:22:29
Uangnya langsung dikasih tuh sama ibunya Iwan ke Uwa sambil nangis-nangis.
00:22:29 - 00:22:31
Terus dia langsung nerima uangnya.
00:22:31 - 00:22:34
Beberapa hari kemudian si Uwanya langsung bikin sumur,
00:22:34 - 00:22:39
karena selama ini si Uwa tuh ngambil air di rumahnya si Iwan atau di tetangga lain.
00:22:40 - 00:22:45
Nah sejak kejadian itu hubungan keluarganya Iwan sama Uwa tuh jadi renggang banget.
00:22:46 - 00:22:50
Nah bapaknya kan masih berdiri di depan bayangannya Uwa itu kan.
00:22:50 - 00:22:52
Terus bapaknya tuh ngomong akhirnya,
00:22:52 - 00:22:56
Uwa kalau misalnya masalah uang itu ngeberatin Uwa,
00:22:56 - 00:22:59
kita sekeluarga udah ngekelasin dan maafin Uwa.
00:22:59 - 00:23:03
Pulang aja Uwa, tinggalin kita dan keluarga kita.
00:23:03 - 00:23:05
Semoga Uwa tenang di alam sana.
00:23:06 - 00:23:09
Nah setelah si bapaknya Iwan selesai ngomong,
00:23:09 - 00:23:12
bayangan putih itu tuh kayak mulai ngangkat kepalanya,
00:23:12 - 00:23:17
anginnya kenceng dan pelan-pelan bayangan putih itu tuh hilang.
00:23:18 - 00:23:22
Disitu bapaknya Iwan tuh masih berdiri di samping kuburan sambil berdoa,
00:23:22 - 00:23:25
terus gak lama ninggalin kuburan dan pulang ke rumah.
00:23:25 - 00:23:28
Akhirnya setelah bapaknya Iwan selesai ngobrol,
00:23:28 - 00:23:31
bayangan putih itu tuh mulai ngangkat kepalanya,
00:23:31 - 00:23:35
dan pelan-pelan muder terus langsung hilang.
00:23:35 - 00:23:39
Disitu bapaknya Iwan tuh yang masih berdiri di samping kuburannya almarhum,
00:23:39 - 00:23:43
langsung berdoa dan gak lama ninggalin kuburan,
00:23:43 - 00:23:45
terus pulanglah dia ke rumah.
00:23:45 - 00:23:50
Jadi ya intinya si sosok Uwa ini tuh ngehantuin mereka sekeluarga,
00:23:50 - 00:23:53
bahkan warga-warga tuh karena dia tuh ngerasa
00:23:53 - 00:23:56
kayak ada sesuatu yang harus dia sampaikan ke keluarga itu.
00:23:56 - 00:23:59
Soalnya ibunya Iwan kan emang masih belum ikhlas kan
00:23:59 - 00:24:02
sama uang yang dikasih untuk si Uwa ini.
00:24:02 - 00:24:05
Tapi kok misalnya sampai bunuh diri gitu emang nyermin sih ya,
00:24:05 - 00:24:07
apapun motifnya gitu loh.
00:24:07 - 00:24:10
Iya, karena emang ya itu Moi, dari cerita Nadila tuh,
00:24:10 - 00:24:25
terbelakang kenapa dia bunuh diri, emang se-tragis itu.
00:24:33 - 00:24:36
Gue dapet cerita ini dari internet,
00:24:36 - 00:24:40
dan katanya cerita ini udah banyak diomongin orang lah Bi,
00:24:40 - 00:24:41
kayak dari mulut-mulut gitu.
00:24:41 - 00:24:44
Ada satu cewek sebut aja namanya Ani,
00:24:44 - 00:24:47
dan dia tuh punya pacar sebut aja namanya Dito.
00:24:47 - 00:24:49
Di satu malam, Ani itu tuh lagi mau tidur
00:24:49 - 00:24:53
karena pas banget juga lagi hujan deras tuh malam itu.
00:24:53 - 00:24:56
HP Ani itu geter-geter, kebangunlah dia.
00:24:56 - 00:25:00
Pas dia cek HP, ternyata ada chat dari cowoknya si Dito.
00:25:00 - 00:25:03
Dito tuh ngirim chat berkali-kali dan pertanyaannya cuma,
00:25:03 - 00:25:07
gimana keadaan kamu, gitu doang, tapi chatnya banyak.
00:25:07 - 00:25:10
Nah karena Ani ngerasa aneh dan sebel juga karena kan dia ngantuk.
00:25:10 - 00:25:14
Terus dicatin mulu kan, akhirnya si Ani nelfon Dito.
00:25:14 - 00:25:16
Ditelepon sekali, dua kali gak diangkat-angkat,
00:25:16 - 00:25:18
sampai akhirnya setelah ditelepon kesekian kali,
00:25:18 - 00:25:20
barulah diangkat sama Dito.
00:25:20 - 00:25:23
Pas teleponnya diangkat sama Dito, Ani tuh ngeliat jam,
00:25:23 - 00:25:26
ternyata itu tuh jam 00.13.
00:25:26 - 00:25:28
Jam 12 malam lewat 13 menit.
00:25:28 - 00:25:31
Ditelepon itu, Ani tuh marah-marah tuh ke Dito.
00:25:31 - 00:25:34
Ani kayak ngomong, kamu ngapain sih ngechat tengah malam kayak gitu,
00:25:34 - 00:25:36
kamu iseng ya, kan aku udah bilang aku tidur.
00:25:36 - 00:25:38
Pokoknya macam-macam lah, ngoceh nih si Ani.
00:25:38 - 00:25:41
Pas Ani ngomong banyak kayak gitu, Dito tuh gak nyotap apa-apa.
00:25:41 - 00:25:44
Si Ani tuh cuma denger kayak dari arah sana tuh cuma suara hujan,
00:25:44 - 00:25:48
sama nafas Dito kayak, gitu doang.
00:25:48 - 00:25:52
Ani ngomong lagi, kamu keluar malam kan, kamu mabok kan,
00:25:52 - 00:25:54
kan aku udah bilang, kamu gak boleh keluar malam,
00:25:54 - 00:25:57
aku gak suka kamu kayak gitu, pokoknya lanjut lagi marah-marahnya.
00:25:57 - 00:26:01
Lagi-lagi Dito gak ngomong apa-apa, diem doang bih.
00:26:01 - 00:26:04
Sampai akhirnya Ani kesel banget, dan Ani pengen matiin teleponnya,
00:26:04 - 00:26:06
tiba-tiba akhirnya Dito ngomong,
00:26:06 - 00:26:09
jangan matiin dulu, aku cuma khawatir,
00:26:09 - 00:26:11
kamu baik-baik aja kan.
00:26:11 - 00:26:14
Nah abis denger kayak gitu, Ani langsung matiin teleponnya.
00:26:14 - 00:26:16
Karena udah dimarah-marahin sama Ani, gak disautin,
00:26:16 - 00:26:19
tiba-tiba si Dito ngomong tapi kayak gitu, random banget.
00:26:19 - 00:26:22
Kayak di ngomongin apa, jawabnya apa gitu kan.
00:26:23 - 00:26:26
Abis ditelepon itu, Ani mau tidur, tapi ternyata gak bisa juga.
00:26:26 - 00:26:30
Sampai akhirnya dia ngeliat jam, ternyata itu tuh jam 2.34.
00:26:30 - 00:26:33
Ya kira-kira tuh setengah 3 pagi lah, setengah 3 lewat.
00:26:34 - 00:26:36
Dia mau ambil minum tuh karena aus.
00:26:36 - 00:26:40
Dia keluar kamar, pas dia lagi jalan, udah di ruang tengah ya,
00:26:40 - 00:26:43
tiba-tiba dia tuh denger kayak ada suara kotokan pintu,
00:26:43 - 00:26:44
dari depan rumahnya.
00:26:44 - 00:26:47
Karena Ani takut kayak ini setengah 3 pagi, kok ada yang ngetok,
00:26:47 - 00:26:48
dia rada deg-degan lah.
00:26:48 - 00:26:50
Dia ngintip tuh dari dalam jendela,
00:26:50 - 00:26:52
dan ternyata Ani tuh ngeliat,
00:26:52 - 00:26:56
di depan pintu dia tuh ada Dito dengan keadaan basah kuyuk,
00:26:56 - 00:26:59
hujan-hujanan lagi berdiri, depan rumahnya si Ani.
00:26:59 - 00:27:01
Karena Ani gedeg dan ngerasa ganggu,
00:27:01 - 00:27:04
mungkin Ani mikir kayak cowok gue mabok nih gitu.
00:27:04 - 00:27:06
Akhirnya Ani nyoekin Dito tuh.
00:27:06 - 00:27:08
Dia ke dapur sendiri, ambil minum sendiri,
00:27:08 - 00:27:11
pokoknya Ani nyoekin si Dito lah.
00:27:12 - 00:27:14
Sampai Ani mau balik lagi ke kamarnya buat tidur,
00:27:14 - 00:27:16
pas ngelewatin ruang depan lagi,
00:27:16 - 00:27:18
Ani masih ngeliat ternyata ada Dito,
00:27:18 - 00:27:19
masih berdiri depan sana,
00:27:19 - 00:27:22
tapi gak ngetok pintu sama sekali, cuma diem aja.
00:27:22 - 00:27:24
Karena mungkin ngerasa iba ya,
00:27:24 - 00:27:26
akhirnya Ani bukain lah pintu buat cowoknya.
00:27:26 - 00:27:28
Ani ngomong,
00:27:28 - 00:27:30
kamu ngapain sih pagi-pagi kesini hujan-hujan,
00:27:30 - 00:27:32
kamu gak tau ini jam berapa?
00:27:32 - 00:27:33
Nah Dito jawab,
00:27:33 - 00:27:35
02.34.
00:27:35 - 00:27:37
Nah disitu Ani diem dan mikir kayak,
00:27:37 - 00:27:40
lah 02.34 kan waktu gue terakhir ngeliat jam,
00:27:40 - 00:27:41
sebelum gue ngambil minum,
00:27:41 - 00:27:44
ya berarti di detik ini harusnya bukan 02.34 dong?
00:27:44 - 00:27:45
Iya bener-bener.
00:27:45 - 00:27:47
Terus yaudah Ani tuh ngomong,
00:27:47 - 00:27:50
oh iya mungkin sekarang udah lewat dari jam itu,
00:27:50 - 00:27:51
kamu masuk dulu yuk,
00:27:51 - 00:27:54
kita ganti baju biar kamu gak sakit.
00:27:54 - 00:27:55
Mereka masuk,
00:27:55 - 00:27:58
Ani tuh nyuruh Dito buat duduk di sofa yang ada di ruang tamu,
00:27:58 - 00:28:00
terus Ani bolak-balik tuh buat ngambilin anduk.
00:28:00 - 00:28:03
Dikasih lah anduknya dan Dito bilang makasih.
00:28:03 - 00:28:06
Ani abis itu ngomonglah baik-baik ke Dito,
00:28:06 - 00:28:07
kamu ada apa?
00:28:07 - 00:28:10
Kamu kenapa kok ke rumahku malem-malem?
00:28:10 - 00:28:11
Dito jawab,
00:28:11 - 00:28:13
aku cuma pengen minta maaf.
00:28:13 - 00:28:15
Nah Ani denger Dito ngomong kayak gitu,
00:28:15 - 00:28:17
langsung megang tangan Dito sambil ngomong,
00:28:17 - 00:28:19
oke yaudah kamu tunggu sini,
00:28:19 - 00:28:20
aku ambil baju dulu buat kamu,
00:28:20 - 00:28:23
kamu ganti baju dulu ya.
00:28:23 - 00:28:26
Ani jalan tuh ke kamar bokapnya buat ngambil baju.
00:28:26 - 00:28:27
Pas lagi ngambil baju,
00:28:27 - 00:28:30
tiba-tiba handphone Ani bunyi.
00:28:30 - 00:28:31
Pas dilihat,
00:28:31 - 00:28:33
hapenya ternyata itu telpon dari Dito.
00:28:33 - 00:28:34
Dianggatlah sama Ani kan,
00:28:34 - 00:28:36
sambil kebingungan.
00:28:36 - 00:28:38
Halo, ternyata dari atas sana,
00:28:38 - 00:28:39
dari arah telpon Dito,
00:28:39 - 00:28:41
itu tuh kedengeran suara cewek.
00:28:41 - 00:28:42
Nah Ani langsung matiin telponnya,
00:28:42 - 00:28:43
karena dia mikir kayak,
00:28:43 - 00:28:45
oh berarti hp cowok gue,
00:28:45 - 00:28:46
di cewek lain dong.
00:28:46 - 00:28:48
Kesel banget tuh.
00:28:48 - 00:28:49
Gak gitu lama,
00:28:49 - 00:28:50
telpon masuk lagi,
00:28:50 - 00:28:51
dan dari Dito lagi.
00:28:51 - 00:28:53
Dianggatlah sama Ani.
00:28:53 - 00:28:54
Ya halo,
00:28:54 - 00:28:55
siapa,
00:28:55 - 00:28:56
lo siapa?
00:28:56 - 00:28:58
Akhirnya dijawablah,
00:28:58 - 00:29:00
sama suara perempuan dari telponnya si Dito itu.
00:29:00 - 00:29:01
Halo mbak,
00:29:01 - 00:29:03
ini dari rumah sakit.
00:29:03 - 00:29:05
Dari nomor kontak saudara Dito yang paling atas,
00:29:05 - 00:29:07
cuma ada nomor anda.
00:29:07 - 00:29:09
Kita dari rumah sakit mau ngabarin,
00:29:09 - 00:29:11
kalau mas Dito mengalami kecelakaan,
00:29:11 - 00:29:13
pukul 00.13,
00:29:13 - 00:29:14
dan mengembuskan nafas terakhir,
00:29:14 - 00:29:16
pukul 02.34 dini hari.
00:29:16 - 00:29:18
Oh shit.
00:29:18 - 00:29:20
Ani tuh bener-bener speechless banget bih.
00:29:20 - 00:29:21
Dia tuh langsung marik ke ruang tamu,
00:29:21 - 00:29:23
dan ternyata bener.
00:29:23 - 00:29:25
Yang tadinya dia ngeliat ada Dito di ruang tamu,
00:29:25 - 00:29:26
sekarang hilang,
00:29:26 - 00:29:28
kosong, cuma ada anduk gitu aja.
00:29:29 - 00:29:30
Jadi 00.13,
00:29:30 - 00:29:34
itu tuh waktu pas si Dito ngechat pertama,
00:29:34 - 00:29:35
sama 02.34,
00:29:35 - 00:29:36
waktu pas Dito dateng,
00:29:36 - 00:29:38
ya itu tuh momen dimana,
00:29:38 - 00:29:41
Dito kecelakaan dan meninggal.
00:29:41 - 00:29:42
Subuhnya,
00:29:42 - 00:29:43
Ani tuh langsung ke rumah sakit,
00:29:43 - 00:29:45
buat ngeliat jenazah Dito.
00:29:45 - 00:29:46
Akhirnya,
00:29:46 - 00:29:47
Ani ngeliat Dito untuk terakhir kalinya,
00:29:47 - 00:29:48
dan mungkin ya,
00:29:48 - 00:29:49
saking gak kuatnya si Ani ini,
00:29:49 - 00:29:51
dia tuh pingsan lah.
00:29:51 - 00:29:52
Ngeliat si Ani pingsan,
00:29:52 - 00:29:53
dokter langsung tuh,
00:29:53 - 00:29:54
ngebobong Ani,
00:29:54 - 00:29:56
dan langsung bawa ke ruang UGD mungkin ya,
00:29:56 - 00:29:57
pokoknya ke ruang,
00:29:57 - 00:29:59
salah satu ruangan di rumah sakit itulah.
00:29:59 - 00:30:00
Nah si dokter itu pergi sebentar,
00:30:00 - 00:30:01
dari ruangan itu,
00:30:01 - 00:30:02
buat ngambil sesuatu.
00:30:02 - 00:30:04
Pas dia balik lagi ke ruangan si Ani,
00:30:04 - 00:30:05
dia kaget,
00:30:05 - 00:30:07
karena ruangan itu kosong.
00:30:07 - 00:30:09
Ani hilang lantah kemana.
00:30:09 - 00:30:10
Nah ternyata,
00:30:10 - 00:30:11
adalah yang ngeliat si Ani ini,
00:30:11 - 00:30:12
yaitu Budi.
00:30:12 - 00:30:13
Budi itu tuh OB rumah sakit,
00:30:13 - 00:30:15
yang lagi bersih-bersih koridor.
00:30:15 - 00:30:16
Budi tuh ngeliat Ani tuh,
00:30:16 - 00:30:18
masuk ke kamar mayat.
00:30:18 - 00:30:19
Kan Budi gak tau kan,
00:30:19 - 00:30:20
ini cewek siapa,
00:30:20 - 00:30:22
subuh-subuh kok masuk ke ruang mayat.
00:30:22 - 00:30:23
Diikuti lah nih akhirnya,
00:30:23 - 00:30:24
sama si Budi ini,
00:30:24 - 00:30:27
sampai masuk ke dalam kamar mayat.
00:30:27 - 00:30:28
Pas Budi masuk,
00:30:28 - 00:30:29
Budi tuh ngeliat,
00:30:29 - 00:30:30
tiba-tiba aja,
00:30:30 - 00:30:32
ada mayat cowok,
00:30:32 - 00:30:33
yang lagi tiduran,
00:30:33 - 00:30:34
tiba-tiba tuh bangun sendiri.
00:30:34 - 00:30:36
Dan di sebelah mayat itu tuh,
00:30:36 - 00:30:38
ada si Ani.
00:30:38 - 00:30:39
Si Budi tuh ngeliat,
00:30:39 - 00:30:40
si mayat ini,
00:30:40 - 00:30:42
ini lagi dipegang tangannya sama Ani.
00:30:42 - 00:30:43
Jadi tuh bener-bener Budi takut banget,
00:30:43 - 00:30:44
dan dia langsung lari lah,
00:30:44 - 00:30:46
ngejauh dari kamar mayat itu.
00:30:46 - 00:30:48
Mungkin ya mungkin,
00:30:48 - 00:30:49
karena saking stresnya,
00:30:49 - 00:30:51
Ani tuh bener-bener gak mau ngelepas Dito,
00:30:51 - 00:30:52
karena dia gak nyangka,
00:30:52 - 00:30:54
mungkin cowoknya tiba-tiba meninggal.
00:30:54 - 00:30:55
Padahal kan beberapa jam lalu,
00:30:55 - 00:30:56
dia masih ngeliat cowoknya tuh,
00:30:56 - 00:30:58
ada di rumah dia gitu loh.
00:30:58 - 00:31:00
Dan gak tanya sampai sekarang ya Bi,
00:31:00 - 00:31:01
Ani tuh masih suka ngomong sendiri,
00:31:01 - 00:31:02
kalau malem.
00:31:02 - 00:31:03
Dan ngomongnya,
00:31:03 - 00:31:04
dia tuh selalu nyebut nama Dito,
00:31:04 - 00:31:06
Dito, Dito gitu.
00:31:06 - 00:31:08
Waduh, gokil sih.
00:31:08 - 00:31:09
Itu parah banget.
00:31:09 - 00:31:10
Karena,
00:31:10 - 00:31:11
mungkin agak ke dilema ya,
00:31:11 - 00:31:14
kayak lo curiga cowok lo tuh bandel,
00:31:14 - 00:31:15
takutnya pergi kemana-mana.
00:31:15 - 00:31:17
Tapi sebenarnya,
00:31:17 - 00:31:19
kalau misalkan lo gak marah-marah,
00:31:19 - 00:31:20
mungkin lo gak senyesali itu,
00:31:20 - 00:31:23
gara-gara ya berarti marah-marah lo itu adalah,
00:31:23 - 00:31:26
kata-kata terakhir yang lo sampaikan ke orang yang lo sayang.
00:31:26 - 00:31:27
Iya.
00:31:27 - 00:31:29
Yang bikin gue ngerasa gila juga,
00:31:29 - 00:31:30
pesan terakhirnya tuh loh Bi,
00:31:30 - 00:31:32
jam 00.13 tuh pas banget,
00:31:32 - 00:31:35
02.34 juga pas banget sih Dito meninggal gitu.
00:31:36 - 00:31:38
Dari tadi tuh kita cerita tentang,
00:31:38 - 00:31:42
tiga korban atau arwah yang meninggalnya mungkin tragis,
00:31:42 - 00:31:43
dan mereka tuh,
00:31:43 - 00:31:45
ngasih pesan terakhirnya.
00:31:45 - 00:31:46
Kayak gue contohnya kayak,
00:31:46 - 00:31:47
bilang ke pacarnya,
00:31:47 - 00:31:48
kamu baik-baik aja ya.
00:31:48 - 00:31:50
Lo bilang kayak,
00:31:50 - 00:31:52
balikin otak saya gitu kan.
00:31:52 - 00:31:53
Kalau cerita Nadila,
00:31:53 - 00:31:55
dia kan minta diikhlasin karena,
00:31:55 - 00:31:57
ada masalah uang kan.
00:31:57 - 00:31:58
Gue jadi kepikiran,
00:31:58 - 00:32:01
apakah orang-orang yang meninggal tragis,
00:32:01 - 00:32:03
itu tuh harus nyampaikan pesan terakhirnya,
00:32:03 - 00:32:05
ke orang tersebut biar,
00:32:05 - 00:32:06
biar meninggalnya tuh tenang gitu loh.
00:32:06 - 00:32:08
Karena cerita kita bertiga,
00:32:08 - 00:32:10
mereka semua meninggalnya tragis,
00:32:10 - 00:32:12
dan mereka punya pesan masing-masing kan.
00:32:12 - 00:32:13
Bisa jadi sih.
00:32:13 - 00:32:14
Ya mungkin,
00:32:14 - 00:32:16
Gentayangin adalah,
00:32:16 - 00:32:18
poin of view dari kita yang takut kali ya.
00:32:18 - 00:32:20
Cuman mungkin sebenarnya,
00:32:20 - 00:32:22
mereka punya pesan terakhir.
00:32:22 - 00:32:32
Menurut gue gimana?
00:32:52 - 00:33:02
Menurut gue gimana?
00:33:02 - 00:33:12
Menurut gue gimana?
00:33:12 - 00:33:32
Menurut gue gimana?
00:33:32 - 00:33:42
Menurut gue gimana?
Buka semua fitur dengan download aplikasi Noice
Kunjungi App