Negosiasi Bisnis: Prinsip, Strategi, dan Contoh Kasus
7 Menit

17 Juli 2025
Membahas secara komprehensif tentang negosiasi dalam komunikasi bisnis, menekankan bahwa komunikasi sangat penting dan manajer menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk itu. Dijelaskan pula negosiasi adalah proses perundingan untuk menjembatani perbedaan kepentingan, melibatkan emosi, persepsi, dan pilihan kata. Teks ini menguraikan tujuan negosiasi, baik jangka panjang (menyelesaikan masalah) maupun jangka pendek (menawarkan solusi alternatif), serta berbagai strategi negosiasi seperti Win-Lose, Win-Win Solution, dan Compromised. Selain itu, dokumen ini menjelaskan tahapan negosiasi yang terstruktur, mulai dari persiapan hingga pasca-negosiasi, dan memaparkan keterampilan negosiasi konvensional maupun non-konvensional, diakhiri dengan studi kasus nyata seperti permintaan maaf Apple di Tiongkok, kesepakatan Microsoft-Nokia, dan akuisisi perusahaan.
Membahas secara komprehensif tentang negosiasi dalam komunikasi bisnis, menekankan bahwa komunikasi sangat penting dan manajer menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk itu. Dijelaskan pula negosiasi adalah proses perundingan untuk menjembatani perbedaan kepentingan, melibatkan emosi, persepsi, dan pilihan kata. Teks ini menguraikan tujuan negosiasi, baik jangka panjang (menyelesaikan masalah) maupun jangka pendek (menawarkan solusi alternatif), serta berbagai strategi negosiasi seperti Win-Lose, Win-Win Solution, dan Compromised. Selain itu, dokumen ini menjelaskan tahapan negosiasi yang terstruktur, mulai dari persiapan hingga pasca-negosiasi, dan memaparkan keterampilan negosiasi konvensional maupun non-konvensional, diakhiri dengan studi kasus nyata seperti permintaan maaf Apple di Tiongkok, kesepakatan Microsoft-Nokia, dan akuisisi perusahaan.
