Masuk
#2 Kunci dari pesan yang berkesan adalah POP!: Penuh Tujuan, Orisinal, dan Padat.
2 Menit
2 Maret 2022
Kunci dari pesan yang berkesan adalah Pop. Penuh tujuan, orisinal dan padat.
Saat terhubung dengan internet atau berada di jalan, kita dibombardir banyak banget iklan yang seolah-olah sedang memperebutkan uang dan perhatian kita, tapi pernah nggak sih kamu bertanya kenapa ada iklan yang lebih sukses daripada iklan yang lain? Jawabannya sederhana. Iklan yang menarik perhatian kamu adalah iklan yang menerapkan prinsip Pop. Atau, iklan yang penuh tujuan, orisinal, dan padat.
Yuk, kita lihat elemen tersebut satu persatu. Yang pertama itu penuh tujuan, kalau kamu menyebarkan ide atau menjual produk tertentu, pesan kamu harus langsung bisa mengkomunikasikan tujuannya dan bagaimana pesan ini bisa mempengaruhi penonton secara positif. Faktanya, permainan kata terbaik di dunia enggak akan bisa pop, kalau enggak memenuhi dua hal. Pertama, harus bisa menjelaskan esensi dari pesan tersebut.
Kedua, harus bisa menunjukkan apa keuntungan yang akan didapat oleh penonton. kemudian ada orisinalitas, kamu harus ingat bahwa sebagus apapun produk atau pesan kamu orang lain juga mungkin berpikir untuk melakukan hal yang sama. Makanya, kamu harus bisa membuat idemu berbeda dari yang lain dengan cara apapun, terutama dengan menjadi orisinal dengan apa yang kamu lakukan. Terakhir, padat. Padat di sini maksudnya esensi dari sesuatu. Kepadatan ini adalah sebuah konsep yang penting, karena otak manusia cuma bisa menampung 7 keping informasi dalam ingatan jangka pendeknya. Berarti, kamu harus menyampaikan pesan yang padat, ringkas, dan meyakinkan dalam waktu singkat, kalau enggak ide kamu akan gampang terlupakan. Jadi, bukan kebetulan kalau semua slogan top abad ke-20 yang dipilih oleh majalah advertising edge itu kurang dari 7 kata. “Diamonds are forever”nya De Beers, “Just Do It” nya Nike dan
“We Try Harder” nya Avis.
original
POP!
Simpan
Komentar
Lihat chapter lain