Dasar-Dasar Komunikasi Pemasaran
6 Menit

17 Juli 2025
Menjelaskan secara komprehensif komunikasi pemasaran, yang merupakan proses penyampaian pesan dari perusahaan kepada target pasar untuk memengaruhi perilaku konsumen. Dijelaskan pula tujuan komunikasi pemasaran meliputi perubahan pengetahuan, sikap, dan perilaku, serta elemen-elemen utama seperti pengirim, pesan, dan media. Dokumen ini juga membahas berbagai peran komunikasi dalam pemasaran, mulai dari membangun kesadaran merek hingga memfasilitasi difusi informasi, dan menguraikan faktor-faktor psikologis yang memengaruhinya. Lebih lanjut, dibahas peran penting komunikasi pemasaran dalam bisnis melalui beragam metode seperti periklanan, penjualan perorangan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung, dan promosi penjualan. Terakhir, sumber ini menyoroti keterampilan komunikasi pemasaran (verbal dan nonverbal), bentuk komunikasi digital, strategi terintegrasi, etika, dan strategi attitude branding yang berfokus pada emosi dan feeling terkait produk, bahkan menganalisis strategi iklan rokok sebagai contoh.
Menjelaskan secara komprehensif komunikasi pemasaran, yang merupakan proses penyampaian pesan dari perusahaan kepada target pasar untuk memengaruhi perilaku konsumen. Dijelaskan pula tujuan komunikasi pemasaran meliputi perubahan pengetahuan, sikap, dan perilaku, serta elemen-elemen utama seperti pengirim, pesan, dan media. Dokumen ini juga membahas berbagai peran komunikasi dalam pemasaran, mulai dari membangun kesadaran merek hingga memfasilitasi difusi informasi, dan menguraikan faktor-faktor psikologis yang memengaruhinya. Lebih lanjut, dibahas peran penting komunikasi pemasaran dalam bisnis melalui beragam metode seperti periklanan, penjualan perorangan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung, dan promosi penjualan. Terakhir, sumber ini menyoroti keterampilan komunikasi pemasaran (verbal dan nonverbal), bentuk komunikasi digital, strategi terintegrasi, etika, dan strategi attitude branding yang berfokus pada emosi dan feeling terkait produk, bahkan menganalisis strategi iklan rokok sebagai contoh.
